Quantcast
Foto & VideoLensaNewsProduct News

Fujinon XF 8mm f/3.5 R WR: Lensa Prime Paling Lebar untuk Mirrorless Fujifilm X-Series

Koleksi lensa prime Fujinon untuk mirrorless Fujifilm X-Series bertambah. Lensa teranyarnya ini adalah Fujinon XF 8mm f/3.5 R WR.

Fujinon XF 8mm f/3.5 R WR

Spesifikasi Fujinon XF 8mm f/3.5 R WR

Fujinon XF 8mm f/3.5 R WR berhasil mencatatkan prestasi sebagai lensa prime Fujinon paling lebar. Dengan jarak fokal 8mm lensa ini akan setara dengan lensa 12mm di kamera dengan sensor full frame.

Fujinon XF 8mm f/3.5 R WR

Dibandingkan saudaranya XF 8-16mm f/2.8 R LM WR lens, XF 8mm f/3.5 R WR hadir dengan rancangan yang jauh lebih ringkas dan ringan. Wajar mengingat lensa ini tidak membawa banyak elemen lensa untuk zoom.

Bobot totalnya hanya sekitar 216 gram. Sementara, panjang bodinya hanya sekitar 52.8 mm. Rancangan bodinya juga sudah tahan cuaca. Jadi, tidak perlu khawatir saat mengajaknya memotret di luar ruangan. Fujifilm juga menambahkan lapisan Super EBC yang berguna untuk meminimkan efek kabur dan pantulan cahaya.

XF 8mm f/3.5 R WR membawa rancangan 12 elemen lensa dalam 9 grup. Termasuk, 3 elemen asperikal dan 2 elemen ED. Menurut Fujifilm, lensa ini dirancang khusus untuk kompatibel dengan teknologi kamera yang menggunakan sensor 40 megapixel. Jadi, bisa menawarkan tingkat ketajaman yang sangat baik di seluruh area gambar.

Fujinon XF 8mm f/3.5 R WR

Satu hal yang sangat menarik lensa ini termasuk lensa rectiliniear. Jadi, bisa menghasilkan foto yang lebar dan nyaris tanpa distorsi. Cocok untuk memotret lanskap, arsitektur dan interior.

Di sektor autofocus Fujinon XF 8mm f/3.5 R WR menjanjikan kemampuan autofocus yang cepat dengan mekanisme inner-focus yang diusungnya. Efek focus breathing juga diklaim sangat minim. Jadi, bisa diandalkan untuk perekaman video.

Fitur lain lensa ini bisa dipasang dengan filter berukuran 62 mm. Fitur ini tidak bisa ditemukan di lensa XF 8-16mm f/2.8 R LM WR lens.

Harga Fujinon XF 8mm f/3.5 R WR

Fujinon XF 8mm f/3.5 R WR rencananya akan tersedia di akhir Juni 2023 dengan harga US$799.95 atau sekitar 11 Jutaan Rupiah.

Kesan pertama

Lensa ini adalah jawaban tepat untuk para penggemar foto lanskap dan arsitektur yang menggunakan mirrorless Fujifilm X-Series. Harganya juga lebih murah dari XF 8-16mm f/2.8 R LM WR lens yang ada di kisaran US$1500. Hal menarik lain lensa ini termasuk lensa rectilinear. Menjadikannya sekelas dengan lensa Laowa 10mm F/4 Cookie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button