Quantcast
AplikasiAndroidiOS (iPhone/iPad)NewsTech News

Fujifilm Xapp: Aplikasi Mobile Untuk Mirrorless Fujifilm yang Lebih Minimalis dan Mudah Digunakan

Di gelaran X-Summit yang berlangsung di Thailand, Fujifilm memperkenalkan aplikasi Fujiflm Xapp. Aplikasi ini disiapkan sebagai pengganti aplikasi sebelumnya yakni Camera Remote.

Fujifilm Xapp

Fitur Fujifilm Xapp

Secara fungsi Xapp masih seperti Camera Remote. Lewat aplikasi ini pengguna mirrorless Fujifilm bisa mengirimkan gambar dari kamera ke smartphone, melakukan pengaturan kamera, remot kendali, hingga update firmware terbaru.

Fujifilm Xapp

Perbedaan paling utama ada di antarmuka dan fitur. Xapp hadir dengan antarmuka baru yang lebih segar. Antarmukanya tampil minimalis agar semakin mudah digunakan. Selain itu, koneksi Bluetooth turut diperbarui agar lebih stabil dan bisa mengirim gambar lebih cepat.

Beberapa kamera yang kompatibel kini juga bisa otomatis melakukan sinkronisasi data tanggal pengambilan gambar dengan jam di smartphone dan menambahkan data GPS pada gambar.

Satu fitur menarik dari Xapp adalah aplikasi ini bisa melacak lokasi dan kebiasaan pengguna memotret. Mulai dari lensa, efek simulasi film yang paling sering dipakai, dan jumlah pengambilan gambar yang sudah dilakukan bisa ditampilkan dalam urutan baris waktu.

Fujifilm Xapp

Sayangnya, tidak semua kamera mirrorless Fujiifilm bisa langsung kompatibel dengan aplikasi ini. Kamera mirrorless Fujifilm yang langsung kompatibel dengan Xapp adalah X-S20.

Untuk model lain perlu melakukan upgrade firmware terlebih dulu. Model yang kompatibel antara lain GFX100, GFX100S, GFX50S II, X-H2S, X-H2, X-Pro3, X-T5, X-T4, X-T3, X-T30 II, X-T30, X-S10, X-E4, dan X100V.

Ketersediaan Fujifilm Xapp

Aplikasi ini sudah bisa diunduh lewat PlayStore dan AppStore untuk pengguna iPhone dan Android. Wajib diperhatikan aplikasi ini hanya kompatibel dengan iOS mulai dari iOS 13 dan Android mulai dari Android OS 11.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button