Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Samsung Galaxy A54 5G

Reader Rating5 Votes
6.2
7.8
Cek Harga

Samsung Galaxy A54 5G hadir sebagai smartphone kelas menengah tercanggih dari Samsung di pertengahan pertama tahun 2023. Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan, mulai dari desain hingga kemampuan kamera. Tapi apakah semua keunggulan itu benar terbukti saat digunakan sehari-hari? Setelah menggunakannya lebih dari satu bulan, berikut review lengkap YANGCANGGIH.COM.

Desain dan Layar Samsung Galaxy A54 5G

Kita mulai dari desain. Samsung Galaxy A54 ini punya desain yang keliatan mahal. Hp harga 5 jutaan rupiah ini memiliki desain bagian belakang yang menyerupai Samsung Galaxy S23 Series yang harganya belasan juta rupiah. Jadi tidak heran kalau tampilannya terlihat mewah dan mahal.

Samsung Galaxy A54 5G 6

Dari sisi ergonomis, A54 5G juga nyaman digenggam tangan. Terasa pas untuk tangan yang tidak terlalu besar saat mengoperasikannya dengan satu tangan. Satu catatan menarik, hp ini juga sudah mengantongi sertifikasi IP67 yang membuatnya tahan terhadap debu dan cipratan air.

Dengan resolusi Full HD, layar Super AMOLED A54 terlihat memuaskan. Kualitas visual yang ditampilkan juga memukau saat kami mencoba memutar film atau sekedar membuka artikel penuh gambar.  Tampilan visual yang tajam dengan reproduksi warna yang matang dan enak dipandang menjadi suguhan yang menyenangkan.

Samsung Galaxy A54 5G layar

Respons layar terhadap sentuhan juga baik, dengan dukungan refresh rate mencapai 120Hz. Sensasi menggulung layar yang lebih halus akan terasa, walaupun tidak semua pengguna bisa membedakannya. Sensor sidik jari di layarnya juga cepat dan responsif, sehingga kunci layar bisa dibuka dengan cepat.

Kamera Samsung Galaxy A54 5G

Samsung Galaxy A54 5G

Kemampuan kamera menjadi hal yang diandalkan Samsung untuk A54 5G. Tercatat ada kamera ultra lebar dan kamera utama di sisi belakang. Untuk kamera ultra lebar, hasilnya termasuk baik saat digunakan di kondisi cahaya ideal seperti siang hari di luar ruangan. Berikut contoh hasil foto kamera ultra lebar Samsung Galaxy A54 5G.

20230416_151554

20230403_170236

Beralih ke kondisi malam hari atau dalam ruangan dengan cahaya kurang optimal, hasil foto kamera ultra lebar masih cukup oke tapi cukup menurun dibandingkan di kondisi cahaya baik. Ketajaman foto juga menurun, dengan sisi tengah saja yang terlihat tajam. Bagian di ujung dan samping akan terlihat lebih kabur. Berikut contoh fotonya.

20230329_164205

Untuk kamera utama di kondisi siang hari atau cahaya ideal, hasil fotonya tidak perlu diragukan. Ketajaman dan reproduksi warna termasuk amat baik, dengan warna yang cukup netral dan tidak terlalu matang. Warna-warni ceria mampu ditangkap dan ditampilkan kembali dengan cemerlang, seperti pada hasil foto berikut.

20230412_102302

20230519_155235

Hasil foto dari jarak dekat juga termasuk baik, dengan jarak fokus yang cukup dekat yaitu sekitar 10cm. Berikut hasil foto A54 dari jarak dekat.

20230411_101418

20230328_172755

Sebagai catatan, memotret dari jarak dekat akan mempersempit DOF (Depth of Field) sehingga bagian yang fokus akan terasa lebih terbatas. Ini merupakan hal normal. Jika ingin foto lebih tajam di semua area, Anda harus menjauhkan kamera dari subyek.

Memotret pemandangan senja seperti ini hasilnya amat menawan. HDR tidak bekerja terlalu agresif sehingga hasil foto terlihat natural.

20230402_180610

20230402_180947

Memotret subyek manusia bisa dituntaskan Samsung Galaxy A54 dengan baik. Warna kulit bisa tertangkap cukup alami, baik menggunakan kamera depan maupun kamera utama. Berikut contoh hasil foto selfie dari kamera depan Samsung Galaxy A54.

Selfie (2)

Selfie indoor

Subyek manusia yang ditangkap menggunakan kamera utama dalam mode Normal ataupun Portrait juga terlihat oke. Memang sedikit terlihat efek penajaman dan penghalusan kulit pada beberapa foto, namun tidak terlalu mengganggu. Setidaknya warna kulit dapat ditangkap cukup baik dan terlihat alami. Berikut hasil foto Samsung Galaxy A54 dalam mode Normal dan Portrait.

20230519_153715

mode Portrait (2)

20230415_113620

Buat yang gemar membuat vlog atau video Tiktok, kemampuan video A54 termasuk oke. Apalagi mengingat Samsung A54 telah mendukung perekaman video hingga resolusi 4K 30fps. Hasil video terlihat tajam dengan warna yang sudah cukup matang.

Ada penyetabil gambar yang dinamakan Super Steady. Fitur ini cukup membantu saat kita merekam video sambil jalan kaki agak cepat. Sebagai catatan, fitur Super Steady hanya efektif di siang hari atau kondisi cahaya berlimpah. Untungnya hasil video A54 5G di malam hari termasuk baik. Berikut contoh video Samsung Galaxy A54 dalam berbagai mode.

Performa Samsung Galaxy A54 5G

Untuk yang suka main game, performa A54 cukup kencang tapi bukan yang terbaik di kelas harganya. Beragam game dapat berjalan dengan lancar, tapi tidak selalu di setting tertinggi. Setidaknya hp ini tidak mudah panas saat diajak main game berlama-lama.

Samsung Galaxy A54 5G 4

Ketahanan baterai juga termasuk rata-rata. Dari pengalaman kami memakainya untuk foto-foto, main game, browsing dan chatting, Samsung Galaxy A54 5G bisa bertahan sekitar 14 jam. Kecepatan pengisian baterai termasuk standar, masih tidak secepat merk lain di kelas harga serupa. Samsung Galaxy A54 5G telah mendukung pengisian 25W, tapi anehnya Samsung tidak memberikan kepala charger 25W di dalam paket pembeliannya. Jadi Anda harus membelinya terpisah untuk memanfaatkan pengisian baterai cepat ini.

Samsung Galaxy A54 5G : Hape yang cocok untuk Indonesia

Dengan desain yang tampak mewah dan mirip ponsel yang lebih mahal, Samsung Galaxy A54 5G langsung memikat konsumen yang pertama kali melihat dan memegangnya. Namun di balik desainnya yang mewah dan ceria, ada beberapa kompromi yang dilakukan Samsung untuk A54. Di antaranya seperti kamera ultra lebar yang pas-pasan kualitasnya, performa yang biasa saja untuk aplikasi berat seperti game, serta absennya kepala charger 25W yang seharusnya disertakan.

Namun kelebihan A54 akan mampu menutupi beberapa kekurangan yang tersebut di atas.  Harganya juga cukup masuk akal. Dengan harga sedikit di bawah 6 juta rupiah, Samsung A54 tampil sebagai salah satu hp kelas menengah dengan desain dan kualitas foto video yang menawan.

Kelebihan Samsung A54 5G

  • Desain mewah, mirip Samsung Galaxy S23 Series
  • Dimensi ringkas, nyaman dikantungi maupun digenggam
  • Kualitas layar baik, tajam dan mampu menampilkan warna cemerlang
  • Hasil foto kamera depan cukup baik
  • Hasil foto kamera utama amat bagus, baik di kondisi terang maupun minim cahaya
  • Daya tahan baterai memadai bagi sebagian besar pengguna
  • Kinerja cepat untuk keperluan non gaming
  • Bodi hanya menghangat saat main game cukup lama

Kekurangan Samsung A54 5G

  • Kecepatan pengisian baterai standar
  • Tidak ada kepala charger 25W dalam paketnya
  • Foto dari kamera ultra lebar agak kabur di sisi-sisinya
  • Ada jeda saat memotret, antara tombol shutter ditekan dan foto diambil
  • Kinerja gaming biasa saja, untuk ponsel di kelas harga ini

Jadi Samsung Galaxy A54 5G cocok untuk siapa?

Mobile gamer

Penggemar game kasual akan puas dengan Samsung Galaxy A54 5G.  Tapi bagi pemain game yang lebih serius, performa hp ini termasuk standar dan tidak lebih cepat dari ponsel di kelasnya.

Pelancong

Kualitas kamera Samsung A54 untuk foto dan video akan memuaskan para pelancong yang gemar berjalan-jalan. Night Mode dapat diandalkan dengan hasil yang cenderung natural.

Sosialita dan ibu gaul

Bagi wanita yang suka arisan atau nongkrong dengan bestie-nya, Samsung Galaxy A54 5G masih layak digunakan. Pasalnya, selain desainnya mewah, hasil foto dan videonya juga cukup oke saat digunakan memotret makanan atau foto grup.

Pelajar dan mahasiswa

Jika tidak keberatan dengan performa gaming yang biasa saja, Samsung A54 akan jadi ponsel yang Anda sayangi. Apalagi kameranya bisa diandalkan saat digunakan merekam video untuk tugas sekolah atau sekedar merekam aksi lucu teman Anda yang “ajaib”.

Pekerja profesional

Sebagai hp kelas menengah, Samsung Galaxy A54 5G memiliki ramuan yang ampuh. Kinerja cepat untuk aplikasi non gaming, desain mewah yang membanggakan dengan pilihan warna unik, serta kualitas kamera yang baik. Jika Anda termasuk orang yang “sayang” mengeluarkan banyak uang untuk sekedar membeli ponsel, tapi masih mengidamkan ponsel yang keren dan berkualitas, Samsung A54 5G ini layak jadi pertimbangan.

 

 

Samsung Galaxy A54 5G
Review Samsung Galaxy A54 5G
Dengan harga sedikit di bawah 6 juta rupiah, Samsung A54 tampil sebagai salah satu hp kelas menengah dengan desain dan kualitas foto video yang menawan. 
Desain
8.5
Performa
7.5
Kamera
8
Harga
7
Reader Rating5 Votes
6.2
7.8
Cek Harga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Performa
Kamera
Harga
Final Score

Back to top button