Quantcast
Foto & VideoKamera sakuNewsProduct News

Leica Q3: Kamera Saku Premium Leica Paling Canggih dengan Sensor Full Frame 60 Megapixel

Generasi ketiga kamera saku premium Leica Q resmi dirilis. Leica Q3 membawa cukup banyak pembaruan di sektor fitur dan spesifikasi yang menjadikannya kamera saku premium Leica paling canggih.

Leica Q3

Spesifikasi Leica Q3

Desain rangefinder retro masih tetap dipertahankan dari generasi sebelumnya. Termasuk, lensa Summilux 28mm f/1.7 ASPH yang sama dengan rancangan bodi tangguh yang tahan air dan debu.

Leica Q3

Untuk sensornya Q3 kini membawa sensor full frame BSI-CMOS 60 megapixel dengan teknologi triple resolution. Sensor yang sama di Leica M11. Dengan teknologi triple resolution artinya kamera ini mampu memotret dengan format DNG dan JPEG di resolusi 60, 36 atau 18 megapixel menggunakan seluruh area sensor.

Di resolusi maksimum sensor Q3 bisa menghasilkan jepretan foto yang lebih detil dan ukuran file lebih besar. Komprominya performa akan sedikit lambat. Untuk performa yang lebih cepat pengguna bisa memilih opsi di resolusi lebih rendah dan ukuran file yang lebih kecil. Jadi, lebih fleksibel menyesuaikan kebutuhan pengguna.

Leica Q3

Sementara, di modus video kamera ini mendukung perekaman video hingga resolusi 8K di format H.265 atau Apple Pro Res. Meningkat signifikan dari Q2 yang hanya mendukung perekaman video di resolusi 4K.

Fleksibilitas lain yang ditawarkan ada di bagian lensa, layar dan baterai. Lensa Summilux 28mm f/1.7 ASPH yang dibawanya memang lensa fix. Tapi, tersedia dukungan fitur zoom digital dan mode makro untuk menjepret subyek dari jarak dekat.

Leica Q3

Di sektor layar Q3 adalah varian Leica Q pertama yang membawa layar sentuh fleksibel berukuran 3 inci. Kamera ini juga menjadi yang pertama mendukung pengisian daya nirkabel dengan standar Qi Wireless.

Peningkatan juga terlihat di sektor autofocus. Q3 kini mendukung sistem autofocus hibrid. Sistem autofocus tersebut menggabungkan kemampuan deteksi kontras, depth from defocus (DFD), dan phase detection. Jadi, kinerja autofocus-nya kini semakin cepat dan lebih akurat.

Harga Leica Q3

Leica Q3 saat ini sudah tersedia dan dijual dengan harga US$5995 atau sekitar 89 Jutaan Rupiah.

Kesan pertama

Peningkatan yang ditawarkan Q3 jika dibandingkan generasi sebelumnya memang sangat signifikan. Terutama, di kemampuan videografi yang mendukung resolusi 8K dan sensor dengan teknologi triple resolution. Menjadikannya kamera saku yang serba bisa meski dibanderol harga sangat premium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button