AplikasiAndroidGame RoomiOS (iPhone/iPad)Mobile GamingNewsTech News

Didukung Kementerian Perdagangan Indonesia, Lokapala Siap Ekspansi ke Asia Tenggara

Industri game adalah industri IP terbesar di dunia yang membukukan transaksi hingga 3.500 triliun rupiah di tahun 2022 secara global atau bisa dibilang hampir empat kali lipat industri film dunia. Di dalam industri game itu sendiri, pertumbuhan game mobile merupakan yang tertinggi dibandingkan dengan platform-platform game lainnya. Tercatat porsinya mencapai 53% dari total platform dan menghasilkan nilai sebesar 1.530 triliun rupiah di tahun 2022.

lokapala mei 2023

Mewakili industri game nasional, Anantarupa Studios berhasil mengembangkan game esports pertama dari Indonesia, yaitu Lokapala. Game Lokapala ini dikembangkan melalui riset terkait nilai-nilai kepemimpinan budaya Nusantara yang sudah ada bahkan sejak abad ke 6. Nilai-nilai kepemimpinan Nusantara tersebut diperkenalkan melalui game esports dengan genre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena). Lokapala diharapkan dapat menjadi pionir kebangkitan industri gim nasional di kancah global.

Lokapala Ekspansi ke Asia Tenggara

Anantarupa menghadirkan Lokapala di Asia Tenggara sebagai strategi percepatan di 3 sektor unggulan pada industri ekonomi kreatif. Untuk itu, Anantarupa Studios mulai melakukan ekspansi melalui Lokapala ke Asia Tenggara. Ekspansi ini akan dimulai di minggu ke-4 bulan Juni 2023.

Untuk awalnya, Lokapala membuka server close beta untuk negara Vietnam, Thailand, dan Filipina. Hadirnya Lokapala menandai dimulainya diplomasi budaya melalui game yang ditujukan untuk generasi muda di region Asia Tenggara. Hal ini juga berpeluang untuk memperoleh pendapatan dari nilai ekspor Intellectual Property (IP). Besar harapan pada industri Intellectual Property (IP) untuk menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru bagi Indonesia agar bisa mendorong sub sektor lainnya baik di perdagangan domestik maupun ekspor.

Dengan dibukanya server untuk Asia Tenggara ini diharapkan dapat mengukuhkan posisi Indonesia sebagai pemimpin. Karena tidak ada negara lain di regional ini yang memiliki game esports lintas negara seperti yang dibawa oleh Lokapala.

Roadmap Lokapala di Tahun 2023

Selain ekspansi ke Asia Tenggara, Lokapala juga menyiapkan ekspansi baru untuk Indonesia. Seiring dengan ulang tahun ke-3 Lokapala, penampilan dari karakter-karakter Ksatriya di dalam game juga mendapat perubahan baru yang terlihat lebih fresh. Tidak hanya tampilan Ksatriya, melainkan juga tampilan di beberapa map (lokasi), sampai ke ruang lobby.

Lokapala juga menyatakan komitmen untuk meningkatkan kualitas dunia esports di Indonesia dengan menggelar beberapa event turnamen skala nasional maupun daerah. Seperti Ksatriya Battleground, Lokapala Pro Series Major, sampai dengan Student Championship. Selain itu, Lokapala juga akan hadir sebagai salah satu cabang resmi yang disertakan di PON 2024 yang akan digelar di Aceh.

Lokapala juga membentuk kegiatan komunitas yang bernama Balasena yang diharapkan dapat menjaga agar komunitas dari masing-masing daerah akan terus tumbuh berkembang.

Selain game, juga ada program partnership yang kreatif seperti gelaran konser musik di dalam game Lokapala. Hal ini juga dapat menggaet pengguna untuk dapat menikmati hiburan di luar game namun masih tetap di dalam game. Program ini kita sebut sebagai metaverse concert, salah satu medium dalam dunia hiburan yang bisa mendatangkan sumber ekonomi baru.

Sebagai penghujung agenda yang akan dilakukan oleh Lokapala, Anantarupa Studio juga berencana untuk meluncurkan Lokapala Codex yang isinya berupa kumpulan dan garis besar dari sejarah budaya Nusantara yang berasal dari Astabrata. Delapan nilai kepemimpinan yang berasal dari Astabrata inilah yang kemudian menjadi landasan dasar dunia di dalam Intellectual Property (IP) Lokapala ini. Rincian dan runutan sejarah tersebut hadir dalam bentuk Lokapala Codex yang harapannya dapat menjadi kebanggaan bangsa Indonesia khususnya untuk anak-anak muda yang menjadi generasi penerus bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button