Quantcast
e-commerceNews

Lazada Luncurkan LazzieChat, Chatbot e-Commerce Berbasis AI

Lazada hari ini, Kamis (25/5), mengumumkan kehadiran LazzieChat, chatbot untuk e-commerce berbasis kecerdasan buatan atau AI. Menurut Lazada, fitur baru tersebut merupakan yang pertama di Asia Tenggara. Seperti apa?

Lazada LazzieChat didukung ChatGPT

Lazada

Dalam siaran persnya dijelaskan, LazzieChat merupakan chatbot yang didukung ChatGPT OpenAI dalam Azure OpenAI Service. Nantinya AI dapat memberikan saran atau rekomendasi produk secara personal sesuai dengan pertanyaan pengguna.

“Lazada termasuk dalam perusahaan eCommerce pertama di Asia Tenggara yang mengintegrasikan ChatGPT dalam Azure OpenAI Service ke chatbot. Kami senang dapat menghadirkan LazzieChat untuk para pengguna Lazada sebagai bagian dari investasi dalam teknologi untuk membangun ekosistem digital berkualitas tinggi yang mendukung pertumbuhan jangka panjang kami,” kata Howard Wang, Chief Technology Officer Lazada Group.

Howard menambahkan, keberadaan chatbot berbasis AI diharapkan dapat menjembatani kesenjangan antara belanja offline dan online. Fitur ini sangat berguna terutama untuk kategori produk fast-moving (FMCG) seperti fashion dan kecantikan. Brand dan penjual di platform Lazada juga dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan visibilitas produk.

LazzieChat

LazzieChat memanfaatkan kemampuan AI dan platform eCommerce milik Lazada, yang didukung oleh kemampuan bahasa alami dari Azure OpenAI Service. Teknologi ini dapat memahami dan menanggapi pertanyaan dengan cara yang natural, serta menyarankan produk atau topik yang relevan yang mungkin menarik bagi pengguna.

Selain itu, teknologi ini juga dapat mencari deskripsi produk dan memberikan tautan produk yang tersedia di Lazada langsung di konsol chat, sehingga pengguna bisa mendapatkan informasi dan berbelanja secara cepat serta nyaman.

Tersedia dalam Bahasa Indonesia

Kabar baiknya, pengguna di Indonesia bisa berinteraksi dengan LazzieChat dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Chatbot ini dapat diakses dengan menggeser ke bawah halaman beranda aplikasi Lazada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button