Quantcast
Mobile GadgetNewsProduct NewsSmartphoneTips

Tips : Membuat Foto Portrait yang Bercerita dengan Samsung Galaxy S23 Series 5G

Subyek manusia merupakan salah satu subyek fotografi yang paling favorit bagi para fotografer awam maupun profesional. Jika dulu hasil foto Portrait yang baik hanya bisa diciptakan dengan modal kamera dan lensa yang mahal, kini ternyata Anda bisa berkarya dengan Samsung Galaxy S23 Series 5G.

Galaxy S23 Series 5G

Ada beberapa fitur kamera Samsung Galaxy S23 Series 5G yang dapat diandalkan untuk menciptakan foto Portrait yang menawan.

  • Resolusi kamera 200MP pada Galaxy S23 Ultra 5G dan 50MP pada Galaxy S23/S23+ 5G. Dengan resolusi tinggi, Anda bisa melakukan cropping untuk mendapatkan komposisi foto lebih baik tanpa mengorbankan kualitas.
  • Portrait Mode dengan efek bokeh yang bisa dipilih untuk menciptakan foto Portrait yang lebih kreatif dan unik.
  • Teknologi Dual Pixel AF dan AI Stereo Depth. Dua fitur ini memastikan kamera akan dapat menentukan fokus dengan cepat dan akurat serta menampilkan efek bokeh yang menawan.
  • Efek bokeh bisa diatur setelah foto diambil. Fitur ini membuat hasil foto Portrait terlihat lebih unik dan sesuai dengan selera Anda.

lensa samsung galaxy s23 ultra

Memanfaatkan semua fitur canggih Samsung Galaxy S23 Series 5G, Anda akan bisa menciptakan karya Portrait yang memukau. Bagi yang masih belum mahir dalam hal fotografi, bisa mengikuti beberapa tips praktis berikut untuk memaksimalkan hasil foto Portrait dengan S23 Series 5G.

1. Gunakan zoom 3x pada mode Portrait

Pada setting 3x zoom, lensa kamera Samsung Galaxy S23 Series akan memiliki jarak fokal 69mm. Ini merupakan jarak yang cukup ideal untuk foto Portrait dan akan disukai bagi subyek yang wajahnya ingin terlihat lebih kurus.

Dari pengujian kami, hasil foto pada mode Portrait dengan 3x zoom termasuk tajam dengan efek bokeh yang halus. Ini juga berkat fitur O.I.S (Optical Image Stabilizer) Samsung Galaxy S23 Series 5G yang efektif meredam guncangan tangan saat memotret. Berikut contoh hasil foto mode Portrait yang diambil dengan zoom 3x.

20230202_115836

Pada kondisi cahaya ideal dengan jarak subyek ke latar cukup jauh, efek bokeh dan ketajamannya terlihat amat baik.

2. Maksimalkan efek pada Potrait Mode

Samsung Galaxy S23 Series 5G telah menyediakan beragam efek bokeh di dalam Portrait Mode. Pastikan Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing efek. Misalnya, gunakan opsi Studio jika wajah subyek terlihat gelap dengan latar yang terang. Berikut contoh Portrait Mode dengan efek Studio.

20230222_181042

Gunakan efek Blur jika ingin menghasilkan efek bokeh seperti pada kamera DSLR. Anda juga bisa mengatur intensitas bokeh setelah foto diambil.

Berikut contoh hasil foto dengan efek bokeh maksimum.

portrait moe 3x zoom

Sekali lagi, Anda bisa bereksperimen dengan berbagai efek yang tersedia agar dapat langsung menggunakan efek yang tepat di momen penting.

3. Waspadai efek Beauty Mode

Opsi Beauty Mode ini akan menyempurnakan wajah subyek yang dijepret kamera Galaxy S23. Tapi ada kalanya hasil foto dengan Beauty Mode terlihat kurang alami. Untuk itu, Anda bisa mematikan Beauty Mode atau mengatur filter ini agar sesuai dengan keinginan. Kami selalu merekomendasikan Anda mematikan efek ini jika memotret subyek pria seperti berikut.

portrait 3x zoom

4. Matikan opsi Scene Optimizer

Scene Optimizer akan menganalisa kondisi saat Anda memotret dan menaikkan saturasi warna sehingga warna pada foto terlihat lebih matang dan vivid. Matikan opsi ini jika hasilnya tidak sesuai selera.

5. Hanya gunakan mode 50MP dan 200MP di kondisi cahaya yang berlimpah

Untuk menjaga kualitas foto agar tetap prima saat Anda melakukan cropping atau mengubah aspect ratio foto, pastikan kondisi cahaya ideal saat merekam foto dengan resolusi lebih tinggi. Untuk hampir semua kondisi, kami sarankan Anda menggunakan mode 12 megapixel.

6. Aplikasikan efek Portrait setelah foto diambil

Tidak perlu sedih jika Anda memilih mode pemotretan yang salah. Anda tetap bisa menerapkan efek bokeh seperti pada Portrait Mode pada foto yang diambil dengan mode lain. Caranya tinggal edit foto dan pilih menu Portrait. Hasilnya, foto akan berubah jadi foto Portrait yang bisa diatur tingkat dan efek bokeh.

7. Perhatikan cahaya dan arah cahaya

Cahaya merupakan elemen terpenting dalam fotografi. Untuk menghasilkan foto Portrait yang memukau, perhatikan kuantitas dan kualitas cahaya. Tips umum menyebutkan cahaya matahari pagi dan sore hari yang lembut akan membantu menangkap warna kulit yang menawan, seperti contoh foto berikut.

20230313_173728

8. Tidak semua foto Portrait butuh bokeh yang berlimpah

Seringkali agar foto lebih bercerita, dibutuhkan elemen lain dalam foto Portrait. Seperti pria pendorong gerobak di Gunung Ijen berikut. Kami mengabadikannya dalam mode Photo biasa agar dapat menangkap situasi yang ada.

20230314_061955

9. Gunakan fitur Remaster untuk menyempurnakan foto dengan cepat

Pada aplikasi Gallery, Samsung telah menyertakan fitur Remaster saat menyunting foto. Jadi Anda tinggal mengklik sekali dan hp tercanggih Samsung ini akan langsung menyempurnakan hasil fotonya. Misalnya, jika cahaya terlihat pudar, hasil foto akan diperbaiki agar warna pada foto terlihat lebih nyaman di mata.

10. Berani mengambil foto Portrait di malam hari

Kamera Samsung Galaxy S23 Series 5G telah dibekali Night Mode yang mumpuni, sehingga Anda tetap nyaman saat memotret Portrait di malam hari seperti hasil foto berikut.

Hasil foto portrait dengan bokeh yang sangat smooth dari Galaxy S23 Ultra 5G(1)

Harga Samsung Galaxy S23 Series 5G

Anda bisa memiliki Galaxy S23 Ultra 5G dengan harga Rp19.999.000 (12GB/256GB), Rp21.999.000 (12GB/512GB), dan Rp25.999.000 (12GB/1TB). Galaxy S23+ 5G hadir dengan harga Rp15.999.000 (8GB/256 GB) dan Rp17.999.000 (8GB/512GB). Galaxy S23 5G tersedia dengan harga Rp12.999.000 (8GB/128GB) dan Rp13.999.000 (8GB/256GB).

Anda juga bisa menyimak review Samsung Galaxy S23 Ultra yang telah kami ulas beberapa waktu silam untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button