Quantcast
Game RoomKomputerMobile GamingNews

Spesifikasi ASUS ROG Ally, Gaming Handheld Paling Kencang Berbasis Windows 11

ASUS akhirnya meresmikan kehadiran ASUS ROG Ally, gaming handheld yang diklaim paling powerful saat ini. Mengusung sistem operasi Windows 11, perangkat tersebut dibekali sederet hardware yang memungkinkan untuk memainkan game-game AAA.

Spesifikasi ASUS ROG Ally

ASUS ROG Ally

Dalam siaran pers yang diterima Yangcanggih, Jumat (12/5), dijelaskan bahwa ROG Ally dipersenjatai prosesor AMD Ryzen Z1 Series terbaru (Zen 4, 8-core 16-threads, 24MB total cache), yang dirancang khusus untuk perangkat tersebut dan telah dilengkapi GPU terintegrasi dengan arsitektur RDNA 3.

Untuk menjaga performanya tetap stabil, ROG Ally mengandalkan sistem pendingin bernama ROG Zero Gravity Thermal System. Teknologinya menggunakan dua kipas dan dijanjikan mampu memberikan kinerja pendinginan yang optimal, meski perangkatnya digunakan di berbagai posisi dan orientasi penggunaan.

ROG Ally

Dari sektor layar, resolusinya Full HD (1080p) dengan refresh rate 120Hz dan dukungan AMD FreeSync Premium. Menurut ASUS, tingkat kecerahan layarnya mencapai 500 nits, sehingga bisa dinikmati pada berbagai kondisi pencahayaan.

Untuk spesifikasi maupu fitur lainnya, gamer disuguhkan RAM LPDDR5 16 GB dan storage SSD 512 GB. Ada pula slot microSD UHS-II, sensor sidik jari yang menjadi satu dengan tombol power, charging cepat lewat port USB Type-C, serta dukungan software Armoury Crate SE.

ROG Ally 4

Yang lebih menggiurkan, ROG Ally juga dapat terhubung dengan GPU eksternal ROG XG Mobile untuk menghadirkan performa sekelas laptop gaming konvensional. Karena berbasis Windows 11, perangkat ini dapat memainkan semua game dari berbagai platform ternama seperti Xbox, Steam, Epic Games, EA Play, GoG Galaxy, serta Ubisoft Connect. Semuanya disajikan dalam sebuah desain yang ergonomis dan nyaman digenggam.

“ROG Ally adalah sebuah perangkat ‘game changer’. Tidak hanya nyaman digunakan, ROG Ally juga sangat powerful sehingga memungkinkan para gamers untuk dapat memainkan game AAA favorit mereka kapanpun dan di manapun,” ujar Jimmy Lin, ASUS Regional Director, Southeast Asia.

Harga ASUS ROG Ally

ASUS ROG Ally bisa dipastikan akan masuk ke Indonesia dalam beberapa waktu ke depan, kemungkinan sekitar bulan Juli 2023. Harganya? Bocoran dari ASUS menyebutkan di kisaran 10-12 jutaan rupiah. Untuk menjadi yang pertama mengetahui informasi pre-order ROG Ally di Indonesia, langsung saja klik tautan berikut ini.

ROG Ally 3

Kesan pertama

Dengan performa yang dijanjikan lebih kencang dari Steam Deck, serta perlindungan garansi resmi dan ASUS Indonesia, ROG Ally tentu terlihat amat menggiurkan. Lewat perangkat yang ringkas dan mudah dibawa bepergian ini, Anda dapat memainkan berbagai game AAA dari semua platform gaming yang ada di Windows 11, termasuk Steam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button