Quantcast
Gadget GuideGame RoomKomputerLaptop Gaming

Laptop Gaming Terbaik 2023 [Gadget Guide]

Laptop gaming biasanya dirancang untuk para gamer, yang merujuk pada pengguna yang gemar bermain game. Profil gamer di panduan ini mencakup Hardcore Gamer dan Casual Gamer. Hardcore Gamer merupakan pengguna yang mengutamakan performa dan kualitas visual, serta beragam fitur pendukung lainnya. Sementara Casual Gamer akan lebih mempertimbangkan keseimbangan antara harga, performa, dan fitur yang ditawarkan, dengan alokasi dana yang biasanya lebih terbatas.

ASUS TUF Gaming F15 2022

Berikut beberapa hal yang kami perhatikan saat memilih laptop gaming terbaik di tahun 2023.

  • Performa kencang

Untuk mendapatkan pengalaman gaming terbaik, performa CPU dan GPU kencang wajib dimiliki laptop gaming. Di tahun 2023, prosesor yang digunakan adalah Intel Core Gen 13 dan AMD Ryzen 7000 Series. Untuk GPU, kita akan disuguhi pilihan antara Nvidia GeForce RTX 4000 series dan AMD Radeon RX 7000 Series. Namun hingga pertengahan tahun, kebanyakan laptop gaming yang beredar di pasaran akan didominasi CPU dan GPU keluaran akhir tahun 2022.

Sedangkan untuk tipe RAM terkencang saat ini adalah DDR5 dengan beragam pilihan kecepatannya, serta media penyimpanan NVMe SSD yang kini mencapai kisaran 7000MB/detik untuk kecepatan baca dan 6900MB/detik untuk kecepatan tulis. Besaran RAM dan media penyimpanan juga menjadi pertimbangan penting untuk performa gaming terbaik. Idealnya, kami menyarankan RAM minimal 16GB dan media penyimpanan minimum 1TB.

  • Kualitas tampilan

Kami juga memperhatikan kualitas tampilan, mulai dari resolusi layar, refresh rate hingga reproduksi warna. Apalagi jika pengguna berencana akan menggunakan laptop gaming miliknya untuk kebutuhan lain seperti menyunting foto dan video atau menonton film 4K. Tahun 2023 akan menjadi awal kemunculan laptop gaming dengan layar OLED, walaupun sementara masih akan terbatas di laptop gaming kelas atas saja.

  • Sistem pendingin

Spesifikasi terbaik sekalipun tidak akan bisa maksimal tanpa sistem pendinginan yang baik untuk menjaga sistem tetap stabil saat bekerja dengan performa penuh. Tiap merk akan memiliki solusi pendinginan yang didukung dengan aplikasi khusus untuk mengendalikan kinerja kipas dan pendinginan. Laptop gaming dengan manajemen thermal yang baik biasanya juga ditunjang dengan desain yang baik pula.

  • Fitur pendukung aktivitas main game

Beragam fitur gaming tambahan mulai dari sistem tata suara surround hingga pengaturan sinkronisasi RGB atau pengaturan tombol makro akan menambah keasyikan bermain game. Intinya, fitur gaming tersebut akan membuat bermain game lebih mengasyikkan.

Laptop gaming terbaik tahun ini

Mempertimbangkan berbagai hal tersebut, berikut deretan laptop gaming terbaik tahun 2023 di Indonesia. Daftar produk akan terus diperbaharui agar relevan dengan kondisi pasar saat Anda membaca artikel ini.

MSI Titan GT77HX 13VI

MSI Titan GT77HX 13VI

MSI Titan GT77HX 13VI adalah jawaban untuk para gamer sultan yang mementingkan performa gaming kelas atas. Laptop gaming ini menggabungkan performa prosesor Intel dan Nvidia paling kencang saat ini yakni Intel Core i9-13980HX dan kartu grafis Nvidia GeForce RTX 4090. Dengan spesifikasinya tersebut Titan GT77HX 13VI adalah laptop gaming paling kencang yang bisa Anda beli saat ini. Artikel MSI Titan GT77HX 13V selengkapnya bisa dibaca di tautan berikut. 

Acer Predator Helios 300 Spatial Lab Edition

Predator Helios 300 SpatialLabs Edition 1

Acer menggunakan mekanisme eye-tracking dengan lensa 3D lenticular yang terpasang pada panel 2D. Dengan kemampuan rendering secara real-time, gamer bisa beralih dari mode 2D standar ke mode 3D melalui aplikasi SpatialLabs TrueGame dan menikmati pengalaman gaming 3D tanpa kacamata.

Untuk menghadirkan pengalaman 3D gaming terbaik performa laptop ini juga sangat kencang dengan Intel Core i9-12900H dan GPU Nvidia GeForce RTX 3080. Dengan spesifikasi dan fitur unikya tersebut Acer Predator Helios 300 Spatial Lab Edition bisa dipilih untuk gamer yang membutuhkan laptop gaming kencang dengan mode 3D yang bisa dinikmati tanpa perlu kacamata. Artikel Acer Predator Helios 300 Spatial Lab Edition selengkapnya bias dibaca di tautan berikut.

ASUS ROG Strix Scar 17 SE (2022)

ASUS ROG Strix Scar 17 SE (2022)

Laptop terbaik untuk gaming dengan layar 17 inci ini mampu menjalankan semua game terbaru dengan lancar. Selain performa kencang dengan prosesor Intel Core i9-12950HX dan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 3080 Ti, kapasitas penyimpanan ASUS ROG Strix Scar 17 SE yang mencapai 4TB juga tergolong besar.

Beragam fitur gaming premium seperti kualitas audio dengan sertifikasi Dolby Atmos dan pengendalian lampu RGB yang komprehensif telah dimilikinya. Dengan harga jual di kisaran 40 jutaan Rupiah laptop gaming ini menawarkan keseimbangan performa dan harga terbaik di kelasnya. Kelebihan ASUS ROG Strix Scar 17 SE bisa dibaca di tautan berikut. 

Lenovo Legion Slim 7i 16IAH7

Lenovo Legion Slim 7 dan Slim 7i 2022 1 e1652945309280

Lenovo Legion Slim 7i 16IAH7 adalah laptop gaming paling ramping dari Lenovo. Walau begitu, performanya tetap menjadi prioritas. Laptop ini ditenagai prosesor Intel Core i9-12900H dan kartu grafis Nvidia GeForce RTX 3070. Lenovo juga melengkapinya dengan layar 16 inci 2.5K yang mendukung refresh rate 165 Hz. Legion Slim 7i bisa dipilih untuk gamer yang mengincar laptop gaming ramping dengan performa kencang dan layar 16 inci resolusi tinggi. Artikel Lenovo Legion Slim 7i 16IAH7 selengkapnya bisa dibaca di tautan berikut. 

ASUS ROG Flow X16

ASUS ROG Flow X16 (GV601)

ASUS ROG Flow X16 mengedepankan desain konvertibel 2-in-1 dengan layar besar yang tidak dimiliki laptop gaming manapun. Dengan engsel layar fleksibel laptop gaming ini bisa digunakan ke dalam beragam mode penggunaan. Menjadikannya tidak hanya untuk gamer, tapi juga cocok untuk desain grafis.

Walaupun tampil tipis, ROG Flow X16 punya performa yang kencang untuk bermain game. Bahkan laptop ini juga telah mendukung ROG XG Mobile Interface sehingga dapat dipasangi GPU eksternal yang lebih bertenaga jika dibutuhkan. Semua kencanggihan ASUS ROG Flow X16 bisa dibaca di tautan berikut.

ASUS ROG Flow Z13 (2022)

ASUS ROG Flow Z13 (2023)

Sangat ringkas dan kencang. ROG Flow Z13 adalah PC Gaming 2-in-1 13 Inci Pertama. Perangkat ini adalah laptop gaming sekaligus tablet paling kencang yang ditenagai prosesor hingga Intel Core i9-12900H dan kartu grafis Nvidia GeForce RTX 3050 Ti. Di sektor layar ROG Flow Z13 menawarkan layar 4K 60Hz atau FHD 120Hz. Gamer juga disuguhkan RAM 16GB dan ruang penyimpanan SSD dengan kapasitas 1 TB.  Artikel selengkapnya ASUS ROG Flow Z13 bisa dibaca di tautan berikut. 

ASUS ROG Zephyrus Duo 16 (2022)

ROG Nebula HDR pada ROG Zephyrus Duo 16 3

ASUS ROG Zephyrus Duo 16 adalah laptop pertama di dunia dengan layar ROG Nebula HDR yang merupakan standar baru untuk layar laptop gaming. Layar utamanya ini ditemani dengan layar kedua ROG ScreenPad Plus yang berukuran 14 inci dan memiliki resolusi 4K.

Selain itu, performanya juga didukung dengan prosesor AMD Ryzen 9 6900 HX dan kartu grafis Nvidia GeForce RTX 3080 Ti. Spesifikasinya tersebut menjadikan ROG Zephyrus Duo 16 (2022) laptop gaming paling kencang kencang dengan layar ganda yang sangat serbaguna. Artikel ASUS ROG Zephyrus Duo 16 selengkapnya bisa dibaca di tautan berikut. 

ASUS TUF Gaming F15 2022

TUF Gaming F15 2022

Ada dua hal menarik dari ASUS TUF F15 2022. Pertama, laptop gaming ini hadir dengan rancangan bodi tangguh dengan standar militer. Kedua, konfigurasi spesifikasi yang tersedia sangat komplit.

ASUS menyediakan pilihan prosesor hingga Intel Core i7-12700H. Sementara, untuk urusan grafis dipercayakan pada opsi kartu grafis hingga Nvidia GeForce RTX 3070. Bahkan, ASUS juga melengkapinya dengan layar 15.6 inci dengan resolusi Full HD dan mendukung refresh rate 300 Hz. Bersaing di kelas mainstream, ASUS TUF Gaming F15 2022 adalah laptop gaming terjangkau dengan banyak pilihan konfigurasi.  Ulasan ASUS TUF F15 2022 selengkapnya bisa dibaca di artikel berikut.

Artikel ini bertujuan untuk memberikan panduan saat memilih laptop gaming terbaik dari berbagai sisi dan segmen. Semua produk di panduan ini harus memenuhi beberapa syarat. Pertama, laptop wajib memiliki garansi resmi dari setiap pabrikan. Kedua, laptop tersebut juga harus masih dijual oleh pabrikan resminya di sini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button