Quantcast
Mobile GamingMobile GadgetNewsSmartphone

Snapdragon Game Super Resolution: Tingkatkan Resolusi dan Frame Rate pada Game Mobile, Baterai Lebih Awet

Qualcomm memperkenalkan teknologi baru bernama Snapdragon Game Super Resolution. yang dijanjikan bakal meningkatkan pengalaman gaming pada perangkat mobile seperti smartphone. Caranya adalah dengan mengoptimalkan kualitas visual pada game mobile yang dimainkan, sambil menekan konsumsi daya sehingga lebih hemat baterai.

Fitur Snapdragon Game Super Resolution

Snapdragon Game Super Resolution

Menurut Qualcomm, Snapdragon Game Super Resolution dapat digunakan untuk memaksimalkan performa gaming dan ketahanan baterai. Teknologi ini kompatibel dengan kebanyakan GPU yang ada saat ini, namun diklaim bakal memberikan hasil yang lebih baik pada platform Snapdragon.

Snapdragon Game Super Resolution (GSR) menawarkan beberapa benefit menarik. Yang pertama adalah peningkatan resolusi. Game 1080p akan terlihat lebih tajam ketika di-upscale ke 4K. Selain itu, GSR juga dapat mendongrak FPS (Frame Per Second) dari yang tadinya hanya 30 menjadi 60 FPS.

v2 Snapdragon GSR 1080 vs 4k

Yang lebih menarik, Qualcomm mengklaim keuntungan seperti ini dapat dinikmati dengan tidak mengorbankan daya baterai. Bahkan konsumsi dayanya justru lebih efisien, sehingga gamer bisa bermain dalam waktu yang lebih lama.

GSR juga memungkinkan gamer untuk memprioritaskan salah satu hal yang menurut mereka lebih penting, contohnya resolusi yang lebih tinggi, frame rate yang lebih baik, atau baterai yang lebih awet. Tinggal pilih mana yang paling dibutuhkan.

Qualcomm menjelaskan bahwa GSR mengusung teknik single pass spatial upscaling yang dioptimalkan untuk GPU Snapdragon Adreno. Teknologi ini menggunakan dynamic scaling untuk memberikan kualitas grafis dan efisiensi daya yang lebih baik. Secara umum, GST diklaim mampu memberikan peningkatan performa hingga dua kali lipat dibandingkan dengan solusi upscaling mobile lainnya.

Snapdragon GSR Upscale 60 FPS

Game yang kompatibel

Ada beberapa game yang sudah kompatibel dengan GSR. Sebut saja Call of Duty Warzone Mobile yang memanfaatkan teknologi ini untuk menghasilkan gameplay dengan frame rate lebih tingg dan gambar lebih tajam. Selain itu ada juga Jade Dynasty: New Fantasy, Return to Empire, Justice Mobile, Naraka Mobile, hingga Farming Simulator 23 Mobile.

Untuk Farming Simulator 23 Mobile, dari yang semula berjalan dengan resolusi native di 17 FPS, dengan GSR dapat meningkat hingga resolusi 1.7x lebih tinggi di 30 FPS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button