Mobile GadgetDroneNewsProduct News

Sony Umumkan Rangkaian Aksesoris untuk Drone AirPeak

Drone AirPeak dari Sony mendapatkan aksesoris baru. Tercatat ada tiga aksesoris yang diumumkan yakni gimbal, kit RTK (Real Time Kinematic) dan baterai.

Sony AirPeak

Gremsy Gimbal PX1

Produk pertama adalah gimbal kamera Gremsy Gimbal PX1. Perbedaan dengan gimbal T3 di Drone AirPeak sebelumnya ada di bobot. Gremsy Gimbal PX1 diklaim sangat ringan. Drone ini lebih ringan 40%. Rancangannya juga khusus untuk drone AirPeak. Dengan begitu, bisa mendukung pengambilan gambar yang lebih baik. Sekalipun di kondisi ekstrim.

Sony AirPeak Gremsy Gimbal PX1

Gimbal ini kompatibel dengan seluruh kamera mirrorless Sony Alpha dan beragam lensa Sony. Termasuk, Zeiss 35mm f/2.8, 24mm f/2.8G, 40mm f/2.5 G, dan 50mm f/2.5 G.

RTK (Real Time Kinematic) Kit

Sony AirPeak RTK Kit

RTK Kit ini dirancang untuk kebutuhan industri. Dengan tambahan RTK Kit drone AirPeak bisa menawarkan kemampuan navigasi dan pemosisian yang lebih presisi tanpa lag. Jadi, sangat ideal untuk kebutuhan inspeksi menggunakan drone di beragam industri.

Menurut Sony, sistem RTK besutannya menggunakan base station yang menerima sinyal dari satelit Global Navigation Satellite System (GNSS). Kemudian, sinyal tersebut akan ditangkap modul receiver yang terpasang di AirPeak. Dengan cara inilah AirPeak bisa terbang dengan sangat akurat dan presisi.

Selaion itu, berkat tambahan RTK Kit AirPeak akan menjadi pesaing ketat Inspire 3 dari DJI yang merupakan drone pertama DJI dengan fitur RTK.

Baterai LBP-HM1

Sony Airpeak-LBP-H1

Aksesoris terakhir adalah baterai LBP-HM1. Baterai ini adalah versi pembaruan dari baterai standar AirPeak dengan kapasitas yang lebih besar. Menggunakan baterai LBP-HM1 AirPeak kini bisa terbang hingga sekitar 20 menit dengan membawa gimbal PX1 dan kamera Alpha 7R yang terpasang lensa Zeiss 35mm F/2.8. Jika tanpa beban kamera dan lensa waktu terbangnya bisa hingga 30 menit.

Harga dan ketersediaan

Ketiga aksesoris ini akan mulai tersedia dalam waktu dekat. Gremsy Gimbal PX1 rencananya akan tersedia di bulan Mei 2023 dengan harga US$4000. RTK Kit di bulan Juni dengan harga US$4000. Untuk baterai LBP-HM1 juga di bulan Juni dengan harga US$400.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button