Quantcast
Mobile GadgetDroneNewsProduct News

DJI Inspire 3: Drone Pertama dengan Kamera Full Frame Paling Ringan di Dunia

Drone kelas profesional Inspire 3 dari DJI resmi diumumkan. Dibandingkan generasi keduanya drone ini membawa peningkatan yang cukup signifikan. Mulai dari rancangan bodi yang lebih ringan, kamera lebih canggih, hingga jarak tempuh yang lebih jauh.

DJI Inspire 3

Spesifikasi DJI Inspire 3

Inspire 3 datang dengan rancangan bodi yang 20% lebih aerodinamis dari Inspire 2. Desain barunya memungkinkan pergerakan gimbal kamera hingga sudut 80 derajat. Jadi, bisa memungkinkan pengambilan gambar sinematis dengan angle yang lebih ekstrim dan tidak biasa. Selain itu, dengan rancangan bodi lebih aerodinamis Inspire 3 kini bisa ngebut hingga kecepatan 94 km/jam. Menjadikannya ideal untuk pengambilan gambar aksi-aksi cepat.

X9 8K Air Gimbal Camera 1

Masuk ke sektor kamera Inspire 3 membawa modul kamera Zenmuse X9-8K Air Gimbal Camera yang merupakan kamera full frame paling ringan saat ini.  Modul kamera Zenmuse X9-8K juga bisa ditemukan di DJI Ronin 4D. Kamera yang terpasang di gimbal ini mendukung perekaman video hingga resolusi 8K/75p di format ProRes RAW dan 8K/25p di format CinemaDNG. Lebih baik jika dibandingkan Inspire 2 yang terbatas di resolusi 6K. Kamera tersebut juga mendukung video gerakan lambat hingga resolusi 4K/120 di format ProRes RAW tanpa crop.

Untuk memotret X9-8K Air Gimbal Camera bisa menghasilkan foto hingga resolusi 44.7 megapixel. Untuk mengoptimalkan pengambilan gambar X9-8K Air Gimbal Camera dilengkapi sistem pengolahan gambar CineCore 3.0 dari DJI. Kamera ini juga mendukung penggunaan lensa DL-Mount yang ringan.

DJI Inspire 3

Selain X9-8K Air Gimbal Camera di Inspire 3 juga tersemat satu modul kamera FOV FPV Camera. Kamera keduanya ini menggunakan sensor CMOS 1/1.8 inci dengan lensa sudut lebar 161 derajat. Menggantikan sensor CMOS 1/7.5 inci dan lensa 84 derajat di Inspire 2.

FPV Camera ini berfungsi untuk mendukung visibilitas yang lebih baik di malam hari dan di lingkungan dengan pencahayaan redup. Dengan ukuran sensor yang lebih besar bisa dipastikan kemampuannya di kondisi malam hari akan lebih baik jika dibandingkan Inspire 2.

Pertama dengan Real-Time Kinematic (RTK)

Fitur canggih lain yang ada di Inspire 3 adalah dukungan teknologi Real-Time Kinematic (RTK). Teknologi ini didukung dengan kemampuan pemosisian cerdas yang sangat akurat mengandalkan sistem satelit GPS, Galileo dan BeiDou. Hadir juga kemampuan deteksi rintangan yang bisa diatur sesuai kebutuhan pengguna. Dengan begitu, drone ini bisa terbang dengan lebih presisi dan aman di beragam skenario penggunaan.

Untuk mempermudah pengguna Inspire 3 turut dilengkapi fitur Waypoint Pro. Fitur ini memungkinkan pilot untuk mengatur rencana jalur penerbangan, ketinggian terbang, kecepatan hingga angle kamera. Dengan begitu, pengambilan gambar bisa lebih konsisten. Lewat fitur 3D Dolly kamera juga bisa diatur otomatis untuk pengambilan gambar dengan beragam efek gerak seperti crane, cable cam dan dolly. Dengan begitu, pilot bisa fokus menerbangkan drone tanpa perlu repot mengatur gimbal kamera untuk pengambilan gambar dengen efek yang lebih sinematis.

Jarak tempuh lebih jauh dan durasi terbang lebih lama

DJI Inspire 3

Inspire 3 mengusung teknologi transimisi O3 Pro terbaru. Teknologi ini memungkinkan transmisi gambar hingga jarak 15 Km. Jarak tempuhnya ini dua kali lebih jauh jika dibandingkan Inspire 2 yang hanya 7 Km saja menggunakan teknologi transmisi Lightbridge. Sementara, untuk durasi terbang Inspire 3 bisa terbang hingga 28 menit mengandalkan sistem baterai ganda. 5 menit lebih lama jika dibandingkan Inspire 2.

DJI Inspire 3

Fitur lain Inspire 3 mendukung penggunaan remot DJI RC Plus. Remot ini dilengkapi layar 7 inci dengan tingkat kecerahan layar 1200 nits dan baterai yang bisa digunakan hingga sekitar 3.3 jam. Remot tersebut mendukung fungsi dual kontroler. Jadi, bisa dikendalikan langsung dengan dua remot. Satu untuk pilot drone dan satu remot lagi untuk operator yang mengendalikan gimbal kamera.

Harga DJI Inspire 3

DJI Inspire 3

DJI Inspire 3 rencananya akan tersedia di bulan Juni 2023. Harga satu paket DJI Inspire 3 Combo US$16499 atau sekitar 244 Juta Rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button