Quantcast
News

[Hands-On] Redmi Note 12 Pro 5G: Calon Penantang Serius di Kelas Menengah

Xiaomi bakal meluncurkan Redmi Note 12 Pro 5G di Indonesia pada 30 Maret 2023. Kami cukup antusias menyambut kehadirannya, karena menurut kami smartphone ini bisa menjadi penantang serius di segmen menengah, dan patut diwaspadai oleh lawan-lawannya.

Ada sedert alasan yang membuat kami beropini demikian. Yang pasti, sekilas Redmi Note 12 Pro 5G merupakan ponsel yang komplit dan ideal untuk berbagai tipe pengguna. Untuk lebih jelasnya, yuk, langsung saja simak ulasan singkat kami!

Tampil elegan

Redmi Note 12 Pro 5G

Meski tidak ada terobosan yang berbeda dari segi desain alias standar-standar saja, secara keseluruhan tampilan ponsel ini terlihat begitu modern, minimalis, dan elegan. Ada dua varian warna yang akan dihadirkan Xiaomi untuk pasar Indonesia, yaitu Sky Blue dan Midnight Black. Ada perbedaan material back cover antara keduanya. Sky Blue mengusung lapisan matte, sementara Midnight Black dilapisi kaca.

Kami sebelumnya sudah membahas segala hal yang kami suka dan tidak suka dari segi desain Redmi Note 12 Pro 5G. Kalau ingin tahu lebih rinci, silakan klik tautan berikut ini.

Mari kita bahas spesifikasi terkait tampilan luarnya saja. Bodinya ramping dengan ketebalan hanya 7,9mm. Smartphone ini terasa pas di genggaman tangan, bobotnya 187 gram, dan nyaman untuk masuk ke saku celana.

Redmi Note 12 Pro 5G 2

Redmi Note 12 Pro 5G memiliki port USB Type-C, dua slot Nano-SIM, port audio jack 3.5mm, IR blaster, dan speaker stereo. Slot microSD? Sayangnya tidak ada. Sensor sidik jari terpasang di samping, menjadi satu dengan tombol power. Smartphone ini punya rating IP53 yang artinya tahan terhadap cipratan air.

Paket penjualan

Redmi Note 12 Pro 5G menawarkan paket penjualan yang cukup lengkap, termasuk charger 67W dan pastinya softcase.

Paket penjualan Redmi Note 12 Pro 5G

Layar 120Hz

Layar Redmi Note 12 Pro 5G adalah P-OLED berukuran 6,67 inci Full HD+ dengan refresh rate 120Hz. Tingkat kecerahan maksimalnya bisa mencapai 1200 nits, terbukti selama pengujian kami di luar ruangan dengan kondisi matahari yang cukup terik, konten pada layar masih bisa terlihat dengan jelas.

Redmi Note 12 Pro 5G 3

Oh iya, layar ini juga memiliki bezel yang tipis di sekelilingnya, termasuk pada bagian dagu yang biasanya masih lumayan tebal pada ponsel-ponsel pesaing. Di tengah atas terdapat punch hole mungil untuk menampung kamera selfie.

Kamera cukup menjanjikan

Redmi Note 12 Pro 5G 6

Xiaomi membenamkan kamera 50 MP f/1.88 dengan sensor Sony IMX766 sebagai senjata utama di belakang. Yang menarik, kamera ini sudah didukung OIS (Optical Image Stabilization). Selain itu ada juga kamera ultra-wide 8 MP dan kamera makro 2 MP. Untuk selfie, terdapat kamera 16 MP di depan.

Perlu diketahui bahwa kegiatan hands-on kami berlangsung di DION Senayan Park, sebuah restoran semi outdoor dengan kondisi sinar matahari yang amat terang. Berbekal cahaya yang melimpah, wajar jika kamera Redmi Note 12 Pro 5G mampu menghasilkan foto yang oke. Berikut beberapa contoh fotonya:

mode Auto Redmi Note 12 Pro 5G (6)

mode Auto Redmi Note 12 Pro 5G (5)

mode Auto Redmi Note 12 Pro 5G (8)

mode Auto Redmi Note 12 Pro 5G (7)

mode Auto Redmi Note 12 Pro 5G (2)

mode Auto Redmi Note 12 Pro 5G (1)

Performa didukung Dimensity 1080

Untuk urusan performa, Redmi Note 12 Pro 5G mengandalkan chipset MediaTek Dimensity 1080 5G. Chipset ini dikenal kencang dan pastinya mampu menjalankan berbagai game dengan lancar. Pengguna juga disuguhkan RAM 8 GB dan storage besar 256 GB yang bisa dibilang cukup menutupi ketiadaan slot microSD.

Smartphone yang kami coba pada acara hands-on masih menggunakan sistem operasi MIUI 14 yang Android 12. Untungnya Xiaomi menjanjikan akan ada update nantinya. Soal konektivitas nirkabel, smartphone 5G ini mengusung WiFi 6 dan Bluetooth 5.2. NFC juga tersedia.

Redmi Note 12 Pro 5G 7

Redmi Note 12 Pro 5G dipersenjatai baterai 5.000 mAh lengkap dengan teknologi charging cepat 67W. Seperti disebutkan di atas, charger 67W sudah termasuk dalam kemasan alias tidak perlu dibeli secara terpisah.

Kesan pertama

Kami tetap konsisten menyebut Redmi Note 12 Pro 5G sebagai calon penantang serius di kelas menengah. Apalagi, kabarnya ponsel ini akan dijual dengan harga 4 jutaan saja. Banderol yang menggiurkan untuk sebuah produk dengan desain modern, performa kencang, layar bagus, kamera oke, charging cepat, dan paket penjualan lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button