Quantcast
AplikasiAndroidMobile GadgetSmartphoneTips

Tips: Mengambil Foto Langit Penuh Bintang dengan Kamera Samsung Galaxy S23 Series

Fitur kamera smartphone flagship tidak hanya terbatas Night Mode saja. Contohnya seperti Samsung Galaxy S23 Series yang punya kamera dengan fitur Astrophoto. Memanfaatkan fitur ini, Anda bisa mengambil foto langit penuh bintang yang memukau. Ternyata caranya juga cukup mudah, seperti dituturkan oleh fotografer Andhika Bayu.

“Astrophoto telah dibekali teknologi segmentasi AI dan Multi-frame processing, jadi dia bisa melakukan pemetaan bintang hingga peningkatan detail foto dengan maksimal untuk memastikan hasil tangkapan foto kita jadi epic layaknya pakai perlengkapan profesional,” tutur Andhika.

samsung astrophoto expert raw

Mode Astrophoto ini ada di dalam mode Expert RAW di aplikasi kamera Samsung Galaxy S23 Series. Sebelum bisa menjalankannya, Anda harus mengunduh fitur Expert RAW dengan mengklik ikonnya di menu kamera tersebut.

Selain bisa memilih lama exposure, Anda juga bisa mendapatkan informasi lokasi rasi bintang dan kelompok bintang dengan komposisi terbaik dengan Sky Guide. Jadi tidak perlu menebak-nebak rasi bintang apa yang sedang kita bidik. Semua sudah dipermudah oleh smartphone.

Tips cara mengambil foto langit penuh bintang

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan fitur Astrophoto.

1. Gunakan tripod yang kokoh saat menggunakan mode ini, mengingat exposure paling minimum adalah 4 menit.

2. Hindari pusat kota yang berpolusi karena bintang tidak akan terlihat jelas dan tertutup polusi cahaya dari lampu perkotaan.

3. Pergilah ke gunung atau pantai yang minim bangunan dengan cahaya terang.

4. Cek ramalan cuaca. Jika berawan, biasanya hasil foto akan kurang maksimal. Jadi pastikan cuacanya cerah.

astrophoto

5. Jangan hanya membidik langit, tapi sertakan obyek menarik di bagian depan untuk mendapatkan foto yang lebih menawan. Misalnya seperti foto di atas yang menjadikan gunung dan pohon sebagai foreground.

6. Nikmati proses bereksperimen dengan Astrophoto. Pengalaman kami, Astrophoto juga bisa menghasilkan foto long exposure yang unik saat langit tidak terlalu gelap. Berikut foto yang diambil saat menjelang matahari terbit menggunakan mode Astrophoto.

20230315_044217

Ternyata mudah kan caranya? Selamat berkreasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button