Quantcast
NewsFuture TechOtomotifTech News

Mengenal Hyundai SmartSense, Teknologi Canggih Untuk Berkendara Lebih Aman

Keselamatan adalah prioritas utama dalam berkendara. Untuk itulah Hyundai memperkenalkan teknologi Hyundai SmartSense. Teknologi canggih yang ada di mobil Hyundai ini dirancang khusus untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih aman dan nyaman.

Hyundai SmartSense

Apa itu Hyundai SmartSense?

Hyundai SmartSense

Hyundai SmartSense adalah teknologi Advanced Driver Assistance System (ADAS). Teknologi ini akan bertindak sebagai asisten pengemudi atau driver assitant untuk membantu meningkatkan aspek keselamatan dalam berkendara serta menciptakan perilaku sadar berkendara yang aman.

Hyundai SmartSense mengandalkan radar dan sensor pintar yang tertanam di sekitar bodi kendaraan. Dengan begitu teknologi ini diciptakan tidak hanya untuk memprioritaskan keselamatan pengemudi, tapi juga keselamatan individu di sekitarnya.

Fitur Hyundai SmartSense

Hyundai SmartSense terdiri dari delapan fitur. Di antaranya:

1. Surround View Monitor (SVM) dan Blind-Spot View Monitor (BVM)

Hyundai SmartSense Surround View Monitor SVM dan Blind Spot View Monitor BVMKedua fitur ini membantu pengemudi melihat area sekeliling dengan menampilkan titik buta atau blind spot pengemudi melalui layar monitor dan panel cluster. SVM menggunakan kamera yang dipasang di seluruh sisi kendaraan untuk memberikan tampilan 360 derajat dari sekitar kendaraan pada layar monitor, untuk memudahkan pengemudi dalam memarkir kendaraan atau mengemudi di ruang terbatas.

Hyundai SmartSense Surround View Monitor SVM dan Blind Spot View Monitor BVM 2Selanjutnya, BVM memanfaatkan kamera untuk memberikan tampilan pada bagian belakang dan samping kendaraan ketika akan berpindah jalur. Kedua fitur ini akan membantu mengurangi resiko kecelakaan dan memberikan pengemudi kenyamanan berkendara, terutama dalam mengambil keputusan saat berkendara dan meminimalkan resiko kecelakaan yang disebabkan oleh kurangnya informasi visual.

2.Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA)

Hyundai SmartSense Blind Spot Collision Avoidance Assist BCAParkir paralel menjadi tantangan tersendiri bagi pengemudi, terutama para pemula. Fitur BCA mampu memberikan rasa tenang kepada pengemudi saat hendak keluar dari parkir paralel. Ini karena selain memberikan pantauan titik buta, sistem juga akan memberikan peringatan saat terdeteksi adanya mobil lain yang melintas. Bahkan, bisa melakukan pengereman secara otomatis jika diperlukan.

3.Forward-Collision-Avoidance Assist (FCA)

Hyundai SmartSense Forward Collision Avoidance Assist FCAFitur ini berfungsi untuk membantu menghentikan kendaraan secara otomatis saat sistem mendeteksi adanya resiko tabrakan mengandalkan kamera depan dan sensor radar. Dengan begitu bisa meminimalkan resiko tabrakan dengan kendaraan yang ada di depan.

4. Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA)

hyundai smartsense Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist RCCAJika FCA berfokus pada sektor keselamatan yang datang dari depan, maka RCCA sebaliknya. Fitur ini diciptakan untuk mendeteksi ketika ada objek lain di belakang mobil. Biasanya RCCA diperlukan saat mobil dalam kondisi bergerak mundur, terutama saat keluar dari tempat parkir atau dari area yang tidak terlihat. Dengan demikian pengguna tidak perlu khawatir kendaraannya akan menabrak sebuah objek.

5.Driver Attention Warning (DAW)

Hyundai smartsense Driver Attention Warning DAW 1Berkendara dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan rasa lelah dan kantuk. Fitur ini memberikan peringatan ketika tanda-tanda kelalaian pengemudi terdeteksi dan menyarankan pengemudi untuk istirahat jika diperlukan.

6.Safe Exit Assist (SEA)

hyundai smartsense Safe Exit Assist SEA 1SEA berfungsi mendeteksi dan memberikan peringatan ketika ada objek yang melintas dari sisi belakang saat penumpang sedang membuka pintu. Fitur ini hadir untuk meminimalisir kecelakaan yang dapat terjadi akibat kecerobohan penumpang saat keluar dari mobil.

7.Lane Keeping Assist (LKA) dan Lane Following Assist (LFA)

Hyundai Smartsense lane keeping assist 1Kedua fitur ini diciptakan untuk membantu kendaraan agar tetap berada di jalurnya melalui informasi secara visual dan audio serta dukungan koreksi pada kemudi. Kedua fitur ini diharapkan dapat membantu mengurangi kecelakaan akibat pengemudi keluar jalur atau mengalami kelelahan saat berkendara jarak jauh.

8. Smart Cruise Control with Stop & Go Function (SCC w/ S&G)

Hyundai SmartSense Smart Cruise Control with Stop Go FunctionFitur ini memungkinkan mobil untuk mempertahankan jarak yang ditentukan dari kendaraan depan dan secara otomatis menyesuaikan kecepatan ke batas yang telah ditentukan. Fitur ini juga membantu mengurangi kelelahan pengemudi selama perjalanan jarak jauh dan dapat membantu mengurangi resiko kecelakaan, serta memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam berkendara di jalan tol atau jalan bebas hambatan.

Perlu diingat bahwa semua fitur yang disebutkan di atas pada dasarnya diciptakan untuk membantu berkendara dalam kondisi yang aman. Bukan memungkinkan kendaraan untuk menjalankan fungsi self-driving. Oleh karena itu, semua kendali dan keputusan utama tetap ada pada pengemudi.

Ketersediaan Teknologi Hyundai SmartSense

Tidak semua mobil Hyundai mendukung fitur canggih ini. Hyundai SmartSense untuk saat ini tersedia di Hyundai IONIQ 5, CRETA dan STARGAZER.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button