Quantcast
NewsFoto & VideoKamera MirrorlessProduct News

Canon EOS R8: Mirrorless Full Frame Kelas Entry Canon Paling Canggih

Keluarga mirrorless full frame EOS R semankin komplit. Ada dua model baru yang diumumkan yakni EOS R8 dan EOS R50. Kedua kamera ini akan bertarung di segmen entry dengan sederetan fitur yang sangat menarik di kelas harganya.

canon eos R8

Fitur Canon EOS R8

EOS R8 akan menemani EOS RP sebelumnya yang berada di segmen mirorrless full frame entry Canon. Satu hal yang paling menggiurkan dari EOS R8 adalah spesifikasinya. Kamera ini membawa sensor, prosesor dan teknologi autofocus yang sama dengan EOS R6 II yang harganya sekitar 51 Jutaan Rupiah. EOS R8 mengandalkan sensor CMOS full frame 24 megapixel dan prosesor DIGIC X. Jadi, di atas kertas performa dan hasil foto videonya akan sama dengan EOS R6 Mark II.

Sekilas spesifkasi Canon EOS R8:

  • 24.2MP full-frame CMOS sensor
  • Up to 40fps continuous shooting with e-shutter
  • 30fps Raw Burst mode with 1/2-second pre-buffering
  • Full-width 4K video from 6K capture at up to 60p
  • 10-bit C-Log3 or HDR PQ video capture
  • 10-bit HDR HEIF option
  • 2.36M dot OLED viewfinder (0.7x magnification)
  • Fully-articulated rear screen
  • 4-channel audio with optional XLR adapter

canon eos R8

Bedanya, EOS R8 hadir dengan desain bodi yang lebih ringkas dan ringan. Jika dilihat dari dimensinya EOS R8 sedikit lebih besar dari EOS RP. Dimensi bodinya 133 x 86 x 70mm. Sementara, EOS RP 132.5 x 85 x 70mm. Bisa dibilang EOS R8 adalah gabungan antara EOS R6 Mark II dan EOS RP. Dengan spesifikasinya tersebut kamera ini memang layak menyandang gelar mirrorless full frame kelas entry Canon paling canggih.

Selain dimensi dari fisiknya juga sedikit berbeda. Di EOS R8 tidak ada joystik di samping layar seperti EOS R6 Mark II. Perbedaan lain ada di fitur penstabil. EOS R8 tidak dilengkapi fitur penstabil langsung di bodinya seperti EOS R6 Mark II.

canon eos R8

Kemampuan stabilisasinya akan bergantung pada lensa yang digunakan. Sistem shutter juga sedikit berbeda. EOS R8 menggunakan sistem electronic first curtain shutter dan shutter elektronik. Sementara, EOS R6 Mark II dengan shutter mekanis dan elektronik.

Imbasnya ada di kecepatan memotret. EOS R8 dengan sistem electronic first curtain shutter bisa memotret tanpa henti dengan kecepatan 6fps dan hingga 40 fps dengan shutter elektronik sepenuhnya. EOS R6 Mark II bisa 12fps dengan shutter mekanik dan dengan shutter elektronik bisa hingga 40 fps. Kompromi ini menurut kami cukup wajar. Mengingat EOS R8 ditargetkan untuk pemula dan harga jual yang jauh lebih murah.

canon eos R8

Di modus video EOS R8 bisa merekam video hingga resolusi 4K 60fps menggunakan seluruh area sensor atau tanpa crop. Di resolusi 4K 30p atau Full HD EOS R8 bisa merekam hingga sekitar 2 jam. Sementara, untuk perekaman video di resolusi 4K/60p dan Full HD/120p dibatasi hingga 30 menit saja. Modus videonya turut didukung dengan perekaman video 10-Bit menggunakan Canon Log 3 atau HDR PQ. Kamera ini juga menyediakan soket headphone, mikrofon, layar fleksibel yang bisa dilipat dan putar, serta hot shoe yang bisa dipasang aksesoris. Sangat siap untuk mendukung konten kreasi.

Harga Canon EOS R8

EOS R8 rencananya akan tersedia di kisaran bulan Maret 2023. Harga Canon EOS R8 bodi saja US$1499 atau sekitar 22 jutaan Rupiah. Paket kit dengan lensa baru RF 24-50mm harganya US$1700 atau sekitar 25 Jutaan Rupiah.

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button