Home GadgetHome ApplianceNews

Hadir di Indonesia, Sharp Dehumidifier Mampu Turunkan Tingkat Kelembapan Udara di Dalam Ruangan

Sharp Indonesia hari ini, Rabu (8/2), meluncurkan produk terbarunya yang disebut Sharp Dehumidifier. Menurut Sharp, perangkat tersebut berfungsi untuk menurunkan tingkat kelembapan di dalam ruangan. Apa gunanya?

Dampak negatif udara yang terlalu lembap

Sharp Dehumidifier 5
dr. Abelina Dini Fitria, Dpl. AAAM, MM, MARS

 

Indonesia merupakan negara tropis yang udaranya terasa panas dan lembap sepanjang tahun. Curah hujan yang tinggi membuat udara lembap sehingga dapat memberikan dampak negatif seperti masalah kesehatan pernapasan dan kulit.

Selain itu, udara lembap dapat memicu pertumbuhan bakteri dan jamur yang dapat merusak cat dinding, wallpaper, sepatu, tas, serta bisa membuat membuat sofa atau karpet mengeluarkan bau tidak sedap.

dr. Abelina Dini Fitria, Dpl. AAAM, MM, MARS, menjelaskan, kadar kelembapan udara yang tinggi dapat memicu reaksi alergi, peradangan kronik, dan mendukung pertumbuhan jamur. Selain itu, orang yang memiliki alergi rentan terinfeksi jamu karena imunitas rendah.

Untuk mengatasi beragam permasalahan tersebut, Sharp mengklaim punya solusinya.

Fitur Sharp Dehumidifier

Sharp Dehumidifier 2

Sharp Dehumidifier dijanjikan dapat mengurangi kelembapan udara di dalam ruangan untuk mencapai kondisi yang ideal. Perangkat ini bekerja secara otomatis menyesuaikan operasi kompresor dan kecepatan kipas untuk menjaga kelembapan yang stabil sehingga tercipta udara yang sehat dan nyaman.

“Saat perangkat dinyalakan, udara lembap memasuki port penghisap udara, kemudian uap air di udara didinginkan hingga mengembun menjadi tetesan air dan mengalir ke reservoir air. Ketika udara dingin dari cooler akan memanas, maka dari saluran udara akan keluar udara kering yang membantu mengurangi kelembapan,” kata Yudha Eka Putra, Home Appliances Product Manager PT Sharp Electronics Indonesia.

Selain berfungsi sebagai Dehumidifier, perangkat ini juga bekerja sebagai Air Purifier atau pemurni udara dengan HEPA dan Deodorizing Filter, yang dapat menyaring debu, menyerap bau, dan menyaring partikel mikroskopis hingga 99,97 persen.

Ada juga teknologi Plasmacluster HD 7000 efektif dalam menekan pertumbuhan jamur, bakteri, virus, serta melenyapkan bau dengan ion positif dan negatif yang dihembuskan di udara. Menurut Sharp, teknologi ini sudah tersertifikasi di lebih dari 35 institut dan 12 negara di dunia.

Sharp Dehumidifier

Yang tidak kalah menarik, Sharp Dehumidifier juga didukung mode pengeringan pakaian. Dengan kecepatan kipas maksimum yang dipadukan dengan fitur dehumidifikasi, perangkat ini dapat menyerap kelembapan pakaian agar kering lebih cepat, walaupun di dalam ruangan dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Sharp Dehumidifier 4

Harga Sharp Dehumidifier

Ada dua tipe Dehumidifier yang dirilis oleh Sharp, yaitu DW-E16FA-W dengan cakupan area 38 meter persegi dan kapasitas tangki 3 liter (konsumsi listrik 190W), serta DW-D12A-W dengan cakupan area 26 meter persegi dan kapasitas tangki 4 liter (konsumsi listrik 160W).

Sharp Dehumidifier 1

Bagi yang berminat, Sharp Dehumidifier DW-E16FA-W dijual dengan harga Rp4.300.000, sementara tipe DW-D12A-W harganya Rp3.600.000. Keduanya bisa dibeli melalui Sharp Official Store di e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, dan Corolife.id, maupun lewat toko offline terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button