Quantcast
Foto & VideoKamera MirrorlessNewsProduct News

Sigma Fp dan Fp L Kini Mendukung SSD Hingga 4TB dan Fitur Videografi Lebih Komplit

Duo mirrorless full frame paling ringkas dari Sigma semakin mumpuni untuk videografi. Sederetan fitur baru bisa ditemukan lewat pembaruan firmware versi 3.00 untuk Sigma Fp L dan versi 5.00 untuk Sigma Fp. Apa saja fitur yang tersedia?

sigma FP

Fitur Sigma Fp dan Fp L

Pertama, ada tambahan satu mode warna baru yakni Warm Gold. Mode ini akan memberikan nuansa mellow dengan tonal lembut dan warna yang hangat saat perekaman video. Kemudian, hadir fitur Focus Frame Only. Fitur ini bisa ditemukan di menu informasi display. Fitur ini hanya akan muncul di mode pengambilan gambar “STILL” atau jika mode “CINE” diatur ke “STILL-Like”.

Fitur selanjutnya Fp dan Fp L kini bisa langsung dinonaktifkan saat memotret dengan eksposur panjang. Tambahan lain, kedua kamera ini juga akan mendukung penggunaan SSD eksternal hingga kapasitas 4TB. Jadi, videografer tidak perlu khawatir akan keterbatasan ruang penyimpanan untuk video resolusi tinggi.

Selain itu, keduanya mendapat dukungan Open Gate (x1.25 / x1.3 / x1.5 / x1.65 / x1.8 / x2) untuk kamera ARRI ALEXA LF / ALEXA Mini LF dan mendukung Atomos Cloud.

Pembaruan paling menarik ada di sistem metering. Kedua kamera ini akan menjadi mirrorless pertama yang mendukung sistem metering baru bernama EL Zone. Sistem metering ini dikembangkan oleh sinematografer Ed Lachman. EL Zone memungkinkan eksposur standar untuk ditampilkan dalam warna abu-abu. Kemudian, area highlights dan shadows akan ditampilkan secara intuitif dengan format kode warna berstandar. Dengan cara ini diharapkan videografer bisa memanfaatkan dynamic range pada kamera sepenuhnya agar lebih maksimal.

Ketersediaan

Pembaruan firmware ini akan mulai digulirkan mulai 8 Februari 2023. Pengguna bisa mengunduhnya secara gratis lewat situs Sigma.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button