Quantcast
News

Rangkuman Berita Teknologi Bulan Februari 2023

feb 2023 tech update

Berikut rangkuman berita teknologi dan promo gadget di bulan Februari 2023.

Grup GoTo Gandeng PT KCIC, Permudah Akses Masyarakat untuk Kereta Cepat Pertama di Indonesia

Group GoTo hadirkan solusi first mile dan last mile yang komprehensif untuk integrasi transportasi publik, digitalisasi pembayaran, dan dukungan pengembangan stasiun dan area transit.

Melalui kerja sama ini, masyarakat nantinya akan dapat dengan mudah mengakses stasiun KCJB, diantaranya yakni Halim (Jakarta Timur), Karawang, Padalarang (Kabupaten Bandung Barat), dan Tegalluar (Kabupaten Bandung) maupun area transit lainnya lewat dukungan layanan transportasi Gojek, GoRide dan GoCar. Masyarakat juga dapat membeli tiket KCJB dengan mudah melalui metode pembayaran GoPay. Pengguna juga dapat menikmati fasilitas titik antar jemput nyaman yang nantinya akan menjadi bagian dari fasilitas di stasiun.

Panasonic Corporation Meluncurkan Slogan Baru, “Create Today. Enrich Tomorrow”

Panasonic memiliki misi jangka panjang yang dirumuskan pendiri perusahaan Konosuke Matsushita, yakni Panasonic harus berkontribusi pada masyarakat dan menjawab tantangan global seputar perubahan iklim. Langkah tersebut merupakan salah satu cara yang terus ditempuh Panasonic untuk menghadirkan solusi dalam mengutamakan kesejahteraan (well-being) manusia, masyarakat dan bumi.

Mengenai fokus yang lebih luas dari slogan “Create Today. Enrich Tomorrow”, Takahiro Oyama, Deputy Managing Director Panasonic Appliances Marketing Asia Pacific menambahkan “ke depan, tiga aspek kesejahteraan (well-being)—Kesejahteraan Jiwa (Inner Wellbeing), Kesejahteraan Raga (Outer Wellbeing) dan Kesejahteraan Spasial (Spatial Wellbeing) menjadi fondasi desain dan fungsi dari setiap produk dan layanan kami. ‘Kesejahteraan Jiwa’ berawal dari dapur dalam bentuk pola makan sehat, sedangkan ‘Kesejahteraan Raga’ berfokus pada kesehatan tubuh. ‘Kesejahteraan Spasial’ bertujuan menciptakan kenyamanan hidup di rumah yang aman dan bersih”.

Kolaborasi Telkomsel bersama PT Putra Perkasa Abadi Hadirkan Penerapan Private Network Terintegrasi di Indonesia, Akselerasikan Solusi Smart Mining di Sektor Pertambangan

Telkomsel menjalin kolaborasi strategis bersama PT Putra Perkasa Abadi (PPA) dalam menghadirkan penerapan layanan private network yang pertama di Indonesia guna mengakselerasikan solusi Smart Mining yang dapat mendukung operasional industri pertambangan Indonesia yang lebih aman, terkoneksi, dan terintegrasi. Langkah ini sejalan dengan komitmen Telkomsel sebagai digital ecosystem enabler yang terus berupaya mengakselerasi transformasi digital industri pertambangan Indonesia melalui pemanfaatan teknologi digital terdepan.

Untuk dapat mewujudkan aktivitas pertambangan yang lebih aman, efisien, dan efektif, pada kolaborasi ini Telkomsel mengimplementasikan solusi Smart Mining dari Telkomsel Enterprise yang meliputi penyediaan private network, Infrastructure as a Service (IaaS) untuk menjangkau seluruh site yang dimiliki PT PPA, dan fuel monitoring, yang seluruhnya telah disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan digitalisasi operasional PT PPA. Private network Telkomsel memungkinkan PT PPA untuk memiliki konektivitas dengan tingkat reliabilitas dan keamanan tinggi, serta latensi jaringan rendah di bawah 50 milisecond (ms) yang mampu mendukung proses otomasi di setiap aktivitas pertambangan maupun operasional perusahaan dengan mudah. Ketersediaan latensi rendah juga akan mendukung proses monitor aktivitas secara lebih real-time, di mana semua data dapat diintegrasikan untuk menciptakan proses kerja yang lebih aman. Kemudian, akses jaringan yang lebih cepat akan membuat perusahaan mampu menerima data secara real-time untuk pengambilan keputusan yang lebih cepat, sehingga memberikan pengalaman yang lebih baik pada setiap aktivitas perusahaan.

Menjelang Hari Internet Aman Sedunia, Xbox Edukasi Remaja Tentang Data Pribadi Lewat Privacy Prodigy di Minecraft Education

Xbox dan Minecraft juga memahami bahwa dunia digital berperan sentral bagi anak dalam bermain, belajar, dan berteman. Karenanya, Minecraft Education merilis Privacy Prodigy, sebuah pengalaman belajar single-player yang dirancang untuk mengajarkan anak berusia 7-18 tahun tentang data pribadi dan cara membuat keputusan tentang siapa yang boleh memiliki akses ke data pribadi mereka serta alasannya. Pengalaman berbasis game ini merupakan kelanjutan dari seri CyberSafe yang diluncurkan tahun lalu bernama Home Sweet Hmm, di mana game menawarkan cara yang menyenangkan dan imersif untuk membantu pemain mengidentifikasi tingkat kepercayaan yang dapat mereka berikan kepada orang-orang di sekitar mereka dan mengeksplorasi strategi untuk melindungi informasi pribadi yang sensitif serta mencegah masalah yang timbul jika terjadi kompromi (misalnya kebocoran data) terhadap informasi tersebut.

Game ini akan menjelajahi empat area yang mewakili lingkaran kepercayaan yang berbeda, mulai dari keluarga dekat (orang dewasa yang tepercaya) hingga tempat umum seperti perpustakaan atau restoran. Di setiap area, informasi pribadi yang relevan muncul sebagai byte data yang sangat membutuhkan perlindungan. Pemain akan melalui berbagai tantangan seraya mempelajari pengetahuan tentang keamanan dunia maya. Pengguna Minecraft Education dapat menemukan pengalaman Privacy Prodigy ini melalui lesson library dalam game. Sementara itu, pengguna Minecraft Bedrock dapat mengunduh world ini dari Education Collection di Minecraft Marketplace.

Kerjasama ALODOKTER dan FWD INSURANCE

Di awal tahun 2023, Alodokter dan PT FWD Insurance Indonesia (“FWD Insurance”), meluncurkan kerjasama strategis untuk meningkatkan kualitas proteksi kesehatan yang bisa digunakan oleh pengguna polis asuransi FWD Insurance.

Kerja sama dilakukan dalam bentuk integrasi API (application programming interface) dari fitur Alodokter di aplikasi FWD MAX yang tersedia di Apple app store dan Android Play Store, yang membuat nasabah FWD Insurance dapat melakukan perjanjian tatap muka dengan dokter, baik dokter umum maupun dokter spesialis di rumah sakit di Indonesia langsung melalui aplikasi tersebut. Tak hanya itu, fitur tersebut juga memberikan informasi tentang jadwal praktek dokter di rumah sakit dan klinik. Dengan demikian, nasabah dapat berkonsultasi dengan dokter pilihan mereka.

“Melalui kerjasama ini, nasabah FWD Insurance dapat dengan mudah menjadwalkan perjanjian tatap muka dengan dokter di rumah sakit yang diinginkan serta mengecek riwayat perawatan kesehatan dengan rumah sakit maupun dokter yang sudah dikunjungi dengan lebih mudah, kapanpun dan dimanapun.”, jelas Suci Arumsari selaku Co-Founder dan Presiden Direktur Alodokter.

Para pengguna polis asuransi FWD Insurance melalui aplikasi FWD MAX akan dimudahkan dengan jaringan Alodokter yang memiliki banyak kerjasama dengan klinik kesehatan dan rumah sakit terkemuka baik dalam negeri, seperti Siloam Hospital, Mayapada Hospital, jaringan Rumah Sakit Pertamedika, Rumah Sakit Mitra Keluarga, Rumah Sakit Awal Bros, dan masih banyak lagi. Begitupun dengan jaringan dokter dimana Alodokter sendiri melalui aplikasi telah memiliki lebih dari 80.000 dokter yang sudah bergabung, dan siap untuk memberikan yang terbaik untuk para pasien baik dari konsultasi telemedicine ataupun tatap muka.

 

 

Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button