Quantcast
AplikasiNewsTech NewsWindows 11

Tiny11: Solusi Windows 11 untuk Sistem PC yang Tidak Kompatibel

Tidak semua sistem PC bisa menjalankan Windows 11. Keterbatasan inilah yang menjadi ide drilisnya Tiny11 oleh pengembang bernama NTDEV.

Tiny11

Fitur Tiny11

Sejak Windows 11 dirilis memang menyisakan kekecewaan untuk para pengguna sistem PC dengan spesifikasi lawas. Pasalnya, Window 11 membutuhkan spesifikasi minimum setidaknya RAM 4GB, ruang penyimpanan 64GB dan wajib mendukung sistem pengaman TPM 2.0.

Tiny11 menghilangkan semua keterbatasan tersebut. Ini artinya, Tiny11 kini bisa menjadi solusi untuk sistem PC yang tidak kompatibel dengan Windows 11. Paling menarik, sistem operasi ini bahkan bisa dijalankan dengan mulus di sistem PC dengan RAM hanya 2GB saja. Anda juga bisa menjalankannya tanpa perlu memiliki akun Microsoft.

tiny11

Menurut NTDEV, Tiny11 dibangun dari Windows 11 Pro versi 22H2. Bedanya, agar bisa dijalankan di sistem PC lawas beberapa fitur ada yang dihilangkan. Sebagai contoh di Tiny11 semua file sistem Windows dikompresi untuk menghemat ruang. Beberapa bloatware atau aplikasi pre-installed bawaan Windowss 11 juga dihilangkan. Aplikasi bawaan Windows yang dipertahankan hanya fitur accessibility, calculator, kamera, Snipping Tool, Windows Terminal dan PowerShell. System Requirement juga turut dihilangkan agar bisa kompatibel ke sistem PC yang tidak mendukung TPM 2.0 atau yang hanya memiliki RAM 4GB.

Hasil dari pemangkasan fitur-fitur tersebut sistem operasi ini hanya akan menyita ruang penyimpanan Anda sebesar 8GB saja. Windows 11 standar membutuhkan 20GB. Jadi, bisa dibilang Tiny11 adalah Windows 11 versi lite atau hemat.

Sebagai catatan,  mengingat Tiny11 bukan sistem operasi rilisan resmi dari Microsoft tidak akan ada pembaruan Windows Update di sini. Walau begitu kedepannya NTDEV akan merilis pembaruan Tiny11 mengikuti perkembangan pembaruan sistem operasi Windows 11.

Ketersediaan Tiny11

Tiny11 saat ini sudah tersedia dan bisa diunduh gratis melalui situs berikut ini. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button