Mobile GadgetNewsSmartphone

Mengenal Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy, Chipset yang Dirancang Khusus untuk Samsung Galaxy S23 Series

Selain soal desain dan teknologi kamera, ada satu hal menarik lainnya yang terungkap pada peluncuran Samsung Galaxy S23 Series. Smartphone flagship terbaru ini dipersenjatai chipset Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy. Yuk, kita kenali lebih jauh!

Fitur Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy

Samsung Galaxy S23

Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy pada dasarnya merupakan versi upgrade dari Snapdragon 8 Gen 2 standar. Qualcomm dan Samsung berkolaborasi untuk menghadirkan chipset ini secara khusus pada lini Galaxy S23 Series. Lalu, apa bedanya dengan versi standar?

Yang paling utama adalah soal kecepatan alias clock speed. Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy dilengkapi CPU Kryo Cortex-X3 yang clock speed-nya ditingkatkan hingga 3.36GHz. Perlu diketahui, versi standarnya memiliki CPU berkecepatan hingga 3.2GHz.

Dengan upgrade tersebut, chipset spesial ini menjadi yang tercepat di jajaran chipset Snapdragon yang pernah ada. Sektor grafis pun meningkat baik secara kinerja maupun efisiensi daya. GPU Adreno 740 pada Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy berkecepatan 719MHz, lebih tinggi dari versi standar yang berjalan di 680MHz.

Dalam siaran persnya, Qualcomm menjelaskan bahwa GPU Adreno yang dipercepat memungkinkan fitur Ray Tracing yang didorong dengan perangkat keras secara real time untuk menghadirkan cahaya, pantulan, dan iluminasi yang nyata dalam game mobile.

Samsung Galaxy S23 6

Samsung Galaxy S23 Series juga dibekali API Vulkan terbaru (versi 1.3), yang memungkinkan peningkatan kinerja grafis dan membantu pengembang mempercepat transisi game desktop ke mobile. Gamer pun akan dapat melihat karakter manusia dengan kualitas fotorealistik dalam game mereka karena dukungan Unreal Engine 5 Metahumans Framework. Yang tidak kalah menarik, Galaxy S23 Series juga dilengkapi dengan Snapdragon Game Post Processing Accelerator yang menambahkan efek seperti bloom, depth of field, motion blur, dan sebagainya.

Pada sektor kamera, Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy menjadikan Galaxy S23 Series sebagai yang pertama di dunia menggunakan Cognitive ISP Snapdragon. Fungsinya adalah memungkinkan Segmentasi Semantik real-time untuk menyempurnakan gambar.

Selebihnya, teknologi pada chipset khusus Galaxy S23 Series ini sama dengan yang digunakan pada Snapdragon 8 Gen 2 standar.

Samsung Galaxy S23 3 1

Harga Samsung Galaxy S23 Series

Bagi yang berminat, Samsung Galaxy S23 5G dijual mulai dari Rp12.999.000. Sementara Galaxy S23+ 5G harganya mulai dari Rp15.999.000. Untuk Galaxy S23 Ultra 5G, Anda harus menyiapkan dana setidaknya Rp19.999.000. Pre-order Samsung Galaxy S23 Series 5G di Indonesia sudah bisa diakses melalui tautan berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button