Samsung ISOCELL HP2: Sensor Kamera 200 MP untuk Smartphone, Janjikan Foto Bagus di Berbagai Kondisi Cahaya

Samsung mengumumkan kehadiran sensor gambar terbarunya yang ditujukan untuk kamera smartphone, yaitu Samsung ISOCELL HP2. Satu hal yang menarik dari sensor kali ini adalah resolusinya yang mencapai 200 MP. Seperti apa kecanggihannya?

Fitur Samsung ISOCELL HP2

Samsung ISOCELL HP2

ISOCELL HP2 merupakan sensor kamera berukuran 1/1.3″ dengan ukuran pixel 0.6 mikron, dan didukung teknologi anyar yang diklaim mampu memperluas dynamic range serta meningkatkan reproduksi warna. Menurut Samsung, Sensor ini memungkinkan pengguna menikmati resolusi lebih tinggi pada ponsel flagship tanpa tonjolan kamera yang lebih besar.

Samsung membawah teknologi pixel-binning terbarunya yang disebut Tetra2Pixel yang menggabung 16 pixel menjadi satu. Pada kondisi minim cahaya, HP2 dapat menghasilkan foto 50 MP dengan ukuran tiap pixel 1.2 mikron, 12.5 MP dengan ukuran tiap pixel 2.4 mikron. Bahkan perekaman video 8K didukung dengan 4-to-1 binning dan pixel 1.2 mikron.

Bukan cuma itu, ISOCELL HP2 mampu melakukan burst 15fps pada resolusi 200 MP yang artinya dua kali lebih tinggi dari generasi terdahulu. Sensor ini juga hadir dengan Dual Vertical Transfer Gate (D-VTG) untuk menghindari cahaya yang over-exposed atau terlalu terang.

svg%3E

ISOCELL HP2 juga menjadi sensor pertama yang mengadopsi fitur Dual Slope Gain (DSG) di mode 50 MP. Fitur ini menerapkan dua nilai konversi terpisah ke sinyal analog yang diterima pada tingkat pixel, untuk menghadirkan performa super HDR yang dapat menangkap dua eksposur untuk menghindari risiko kehilangan detail. Teknologi tersebut juga memungkinkan perekaman video 4K HDR di 60fps.

Hadir di Galaxy S23 Ultra?

Bocoran yang beredar menyebutkan bahwa sensor kamera ISOCELL HP2 akan menjadi senjata utama dari ponsel flagship selanjutnya dari Samsung, yaitu Galaxy S23 Ultra. Perangkat ini diperkirakan bakal meluncur pada awal Februari 2023.

Verified by MonsterInsights