Prosesor Intel Xeon Scalable 4th Gen Resmi Meluncur, Tawarkan Peningkatan AI dan Efisiensi

Intel baru-baru ini mengumumkan kehadiran prosesor kelas server atau data center teranyarnya, yaitu Intel Xeon Scalable 4th Gen dengan nama kode Sapphire Rapids. Selain itu, ada juga Intel Xeon CPU Max Series (Sapphire Rapids HBM) dan juga Intel Data Center GPU Max Series (Ponte Vecchio).

Fitur Intel Xeon Scalable 4th Gen

Intel Xeon Scalable 4th Gen

Dalam siaran persnya dijelaskan, Intel Xeon Scalable 4th Gen merupakan prosesor dengan akselerator paling terintegrasi dibanding CPU lainnya di dunia, untuk mengatasi berbagai tantangan komputasi di ranah AI, analitik, jaringan, keamanan, penyimpanan, dan HPC.

Dibanding generasi sebelumnya, prosesor ini menawarkan peningkatan efisiensi performance per watt rata-rata 2,9x pada beban kerja yang ditargetkan ketika memanfaatkan akselerator yang terintegrasi, penghematan daya hingga 70-watt per CPU dalam power mode yang dioptimalkan dengan performance loss yang minimal, dan TCO yang lebih rendah antara 52% hingga 66%.

svg%3E

Selain itu, power mode yang dioptimalkan dapat menghasilkan penghematan daya pada soket hingga 20% dengan dampak kinerja kurang dari 5% untuk beban kerja tertentu. Dari sisi AI, prosesor 4th Gen Xeon mencapai inferensi real-time PyTorch dan kinerja pelatihan dengan akselerator Intel Advanced Matrix Extension (Intel AMX) terintegrasi hingga lebih dari 10x.

Xeon CPU Max Series memperluas kemampuan ini untuk natural language processing, dengan peningkatan kecepatan large language model hingga 20x. Sementara untuk urusan jaringan, 4th Gen Xeon menghadirkan hingga dua kali kapasitas virtualized radio access network (vRAN) tanpa meningkatkan konsumsi daya.

Beralih ke HPC (High Performance Computing), 4th Gen Xeon dan keluarga produk Intel Max Series menghadirkan arsitektur yang scalable dan seimbang, yang mengintegrasikan CPU dan GPU dengan ekosistem software terbuka OneAPI untuk beban kerja komputasi yang demanding dalam HPC dan AI.

svg%3E
Xeon CPU Max Series

Xeon CPU Max Series adalah prosesor berbasis x86 pertama dan satu-satunya dengan memori bandwith yang tinggi, sehingga dapat mengakselerasi banyak beban kerja HPC tanpa memerlukan perubahan kode. Intel Data Center GPU Max Series adalah prosesor berdensitas paling tinggi di Intel dan akan tersedia dalam beberapa form factor untuk menjawab kebutuhan pelanggan yang berbeda-beda.

“Peluncuran prosesor 4th Gen Xeon Scalable dan keluarga produk Max Series adalah momen penting dalam mendorong perubahan haluan Intel, sehingga menghidupkan kembali jalan kami menuju kepemimpinan di data center dan mengembangkan keahlian kami di arena-arena baru,” kata Sandra Rivera, executive vice president dan general manager Datacenter dan AI Group Intel.

svg%3E
Data Center GPU Max Series

Platform Xeon paling aman

Yang lebih menarik, dengan 4th Gen Xeon, Intel menghadirkan portofolio confidential computing paling komprehensif dibandingkan penyedia data center silicon di di industri. Hal ini meningkatkan keamanan data, mematuhi berbagai regulasi, dan kedaulatan data.

Intel masih menjadi satu-satunya silicon provider yang menawarkan isolasi aplikasi untuk komputasi data center dengan Intel® Software Guard Extensions (Intel SGX), yang memberikan ruang serangan terkecil saat ini untuk confidential computing di lingkungan private cloud, public cloud, dan cloud-to-edge.

Selain itu, teknologi isolasi virtual machine (VM) Intel yang baru, Intel Trust Domain Extensions (Intel TDX), ideal untuk mem-porting aplikasi yang ada ke lingkungan rahasia dan akan diluncurkan bersama Microsoft Azure, Alibaba Cloud, Google Cloud, dan IBM Cloud.

Verified by MonsterInsights