Review Lenovo IdeaPad Slim 1 14AMN7

Lenovo Indonesia menutup tahun 2022 lalu dengan menghadirkan laptop IdeaPad Slim 1 14AMN7. Satu hal yang menarik laptop ini adalah yang pertama di Indonesia mengusung prosesor AMD Ryzen Mobile 7020 series terbaru. Harga jualnya yang ada di kisaran 6 Jutaan Rupiah juga mencuri perhatian. Penasaran bagaimana performanya? Simak ulasannya berikut ini.

 

Lenovo IdeaPad Slim 1

Kelebihan Lenovo IdeaPad Slim 1 14AMN7

– Harga murah
– Bodi ringkas dan ringan
– Performa memadai untuk komputasi harian
– Mendukung RAM DDR5
– Ruang penyimpanan SSD bisa diupgrade
– Port konektivitas lengkap
– Daya tahan baterai cukup tahan lama
– Webcam dengan fitur Privacy Shutter

Kekurangan Lenovo IdeaPad Slim 1 14AMN7

– RAM Non upgradeable
– Keyboard kurang nyaman digunakan untuk mengetik
– Tidak ada lampu backlit di keyboard
– USB Type-C belum mendukung Power Delivery
– Belum dilengkapi sensor sidik jari

Spesifikasi Lenovo IdeaPad Slim 1 14AMN7:

ProsesorAMD RYZEN 3 7320U
Sistem OperasiWindows 11 Home
ProduktivitasMicrosoft Office Home & Student 2021
Layar14.0FHD TN, 16:9, up to 85% AAR, 4-side narrow bezel
Memori8GB Soldered LPDDR5-5500
Baterai42Wh battery, up to 10hr battery life, rapid charge
Penyimpanan256GB / 512GB SSD M.2 2242 PCIe 4.0×4 NVMe
GrafisIntegrated graphics
KameraHD 720p dengan penutup privasi
AudioSpeaker 2 x 2W dengan Dolby Audio
Dimensi325 x 217 x 17.9mm
Port/slot
  • 1x USB 2.0
  • 1x USB 3.2 Gen 1
  • 1x USB-C 3.2 Gen 1 (support data transfer only)
  • 1x HDMI 1.4b
  • 1x Card reader
  • 1x Headphone / microphone combo jack (3.5mm)
  • 1x Power connector
WarnaCloud grey
Sand

Desain minimalis yang ringkas

Lenovo tidak melakukan banyak pembaruan desain di IdeaPad Slim 1. Desain minimalis khas IdeaPad Slim-Series tetap dipertahankan. Bagian cover atas bodi tampil polos. Hanya menyisakan logo Lenovo berukuran kecil di tepian kiri atas bodi. Kabar baiknya, ada dua opsi warna yang bisa dipilih yakni Cloud Grey dan Sand.

Lenovo IdeaPad Slim 1

Rancangan bodi yang ringkas menjadi salah satu keunggulan laptop ini. Dimensi bodinya 325.3 x 216.5 x 17.9 mm. Bodinya yang hanya setebal 17.9 mm juga tipis. Bahkan, jika kami cermati sedikit lebih tipis dari saudaranya IdeaPad Slim 3/3i yang ketebalannya sekitar 19.9 mm. Sementara, bobotnya ada di kisaran 1.38 kg.

Dengan rancangan bodinya ini IdeaPad Slim 1 sangat hemat tempat di dalam tas. Kami bisa membawanya bepergian dengan mudah ke mana saja.

Lenovo IdeaPad Slim 1

Bodinya yang ramping untunglah tidak mengorbankan sektor konektivitas. Port yang dibawanya tergolong komplit. Sisi kiri kanan bodinya bisa ditemukan satu port USB 2.0, satu port USB 3.2 Gen 1, satu port USB-C 3.2 Gen 1 (support data transfer), satu port HDMI 1.4b, slot pembaca kartu memori dan port audio combo 3.5mm. Dari port konektivitasnya tersebut memang cukup disayangkan port USB-C yang tersedia belum mendukung fitur Power Delivery.

Layar kurang cemerlang

Lenovo IdeaPad Slim 1

Di sektor layar IdeaPad Slim 1 membawa panel layar 14 inci yang resolusinya Full HD. Desain layarnya cukup kekinian dengan bingkai yang relatif tipis di keempat sisi. Layar tersebut menggunakan panel TN yang umum di kelas harganya. Jadi, output warna di layarnya memang kurang cemerlang. Sudut pandang dan tingkat kecerahan layar juga terbatas. Kecerahan maksimum layarnya hanya 220 nits saja.

Tapi, secara keseluruhan dengan resolusi Full HD tampilan gambar dan teks bisa terlihat cukup tajam. Kecerahan layar juga masih oke untuk penggunaan di dalam ruangan. Kompromi ini memang perlu dimaklumi. Setidaknya, selama digunakan layar tersebut masih cukup memadai untuk mendukung produktivitas harian kami. Seperti misalnya mengetik dokumen, browsing dan sesekali menonton konten video di youtube.

Performa memadai di kelas harganya

Sebagai laptop pertama di Indonesia yang ditenagai prosesor AMD 7020 series, IdeaPad Slim 1 memang cukup membuat kami penasaran. Prosesor yang digunakan adalah AMD Ryzen 3 7320U. Prosesor tersebut disokong RAM 8GB dan ruang penyimpanan SSD dengan opsi hingga 512GB. Satu hal yang cukup disayangkan memang RAM yang digunakan onboard. Jadi, tidak ada opsi upgrade. Tapi,  AMD Ryzen 3 7320U di laptop ini sudah mendukung RAM LPDDR5 dan SSD PCIe 4.0×4 NVMe. Opsi yang cukup menarik di kelas harganya.

AMD Ryzen 3 7320U mengusung fabrikasi 6nm dengan arsitektur Zen 2. Di sektor grafis tersedia dukungan gpu terintegrasi Radeon 610M dengan arsitektur RDNA 2. Hasil benchmark IdeaPad Slim 1 sebagai berikut:

Menurut AMD, prosesor ini diciptakan untuk perangkat laptop harian. Dengan begitu, pengguna bisa mendapatkan keseimbangan antara performa dan daya tahan baterai.

Pengalaman kami selama menggunakan IdeaPad Slim 1 cukup memuaskan. Kendala yang kami jumpai pada laptop ini hanyalah keyboard yang kurang nyaman digunakan untuk mengetik. Keyboard tersebut juga belum dilengkapi dengan lampu backlit.

Lenovo IdeaPad Slim 1

Tapi, untuk performa yang ditawarkan cukup sesuai ekspektasi. Masuk di kelas harga 6 jutaan IdeaPad Slim 1 tergolong serba bisa untuk komputasi harian standar. Menjalankan aplikasi office, browsing, hingga konferensi video terasa cukup gegas. Performanya juga ternyata masih cukup kencang untuk memenuhi kebutuhan penyuntingan foto dan video yang ringan. Tapi, mengingat layarnya yang menggunakan panel TN memang kurang ideal untuk keperluan tersebut.

Bahkan, gpu terintegrasi Radeon 610M masih bisa diajak untuk bermain game yang tidak membutuhkan kinerja grafis ekstra. Kami mencoba menjalankan game kelas kompetisi seperti Valorant dengan memilih mode Extreme Performance di Lenovo Vantage. Hasilnya, di pengaturan grafis Low dan resolusi HD kami masih bisa bermain dengan nyaman di rata-rata 70 fps-100 fps.

Daya tahan baterainya juga lumayan. Walau dengan kapasitas 42Wh memang tergolong kecil. Tapi, masih cukup untuk menemani kami berkerja nyaris seharian. Dengan skema penggunaan tingkat kecerahan layar sekitar 70%, terhubung ke WiFi, mengaktifkan mode battery saver Windows dan Intelligent cooling di Lenovo Vantage, IdeaPad Slim 1 bisa menemani kami mengetik dokumen dan browsing hingga sekitar 7 jam.

Kesimpulan

Sebagai laptop pertama dengan AMD Ryzen 3 7320U IdeaPad Slim 1 berhasil menaikkan standar laptop di kelas harga 6 jutaan Rupiah. Memang laptop ini tidak membawa banyak fitur. Tapi, performanya secara keseluruhan terbukti bisa diandalkan. Desainnya juga termasuk ringkas sehingga mudah dibawa ke mana saja. Dengan harga mulai Rp6,599,000 kehadiran IdeaPad Slim 1 jelas menjadi opsi yang sangat menarik di kelas harganya. Laptop ini bisa menjadi pilihan untuk para pengguna yang punya dana terbatas dan membutuhkan laptop yang bisa diandalkan untuk mendukung produktivitas sehari-hari.

Lenovo IdeaPad Slim 1 14AMN7 cocok untuk:

Pelajar/Mahasiswa: Performanya memadai untuk para pelajar hingga mahasiswa untuk mengerjakan tugas. Sebagai sarana hiburan seperti menonton video dan bermain game yang ringan juga masih mumpuni.

Pekerja kantoran atau pengusaha online shop: Daya tahan baterainya memang tergolong rata-rata untuk kategori laptop keluaran terbaru. Tapi, dengan rancangan bodi yang ringkas laptop ini akan mudah dibawa untuk menemani bekerja di mana saja. Performanya juga cukup untuk beragam aplikasi Office.

Laptop ini bisa menjadi pilihan untuk para pengguna yang punya dana terbatas dan membutuhkan laptop yang bisa diandalkan untuk mendukung produktivitas sehari-hari.
7.8
Verified by MonsterInsights