Samsung One UI 5 Hadirkan Peningkatan Dashboard Keamanan dan Privasi

Salah satu peningkatan yang hadir bersama update One UI 5 untuk perangkat Galaxy adalah Dashboard Keamanan dan Privasi. Melalui fitur tersebut, Samsung mengklaim pengguna akan lebih mudah dalam mengelola keamanan data mereka.

Fitur Dashboard Keamanan dan Privasi One UI 5

One UI 5

 

Dalam siaran pers yang diterima Yangcanggih, dijelaskan bahwa Dashboard Keamanan dan Privasi telah menggabungkan menu keamanan dan perlindungan informasi pribadi. Pada satu menu yang mudah diakses, Dashboard dapat menampilkan status keamanan setiap item. Dengan begitu pengguna bisa mengubah pengaturan dengan cepat, dan mengelola risiko dengna lebih mudah.

Item yang dapat memberi dampak terbesar pada keamanan digital, termasuk Lock Screen, Accounts, SmartThings Find, App Safety, dan Updates, kini dapat diakses langsung di bagian atas dasbor, dan peringatan intuitif berwarna merah, kuning, atau hijau menunjukkan kilasan masalah dan memberi indikator yang jelas jika ada masalah keamanan.

Hub yang ditingkatkan mencakup action prompt yang instan, seperti pemberian izin / permission, yang membuat keputusan data lebih transparan.

One UI 5

Mengelola pemberian izin akses

Ketika membahas perlindungan informasi pribadi, memonitor pemberian izin ke aplikasi adalah salah satu cara paling sederhana untuk memastikan data Anda tidak tersebar tanpa sepengetahuan Anda. Berikut adalah empat pemberian izin penting di One UI 5 untuk membantu memegang kendali penyebaran data:

  • Mengelola Iklan: Bagi penyuka belanja yang memilih untuk tidak diserbu iklan, mereka dapat membuka Security and Privacy Dashboard, klik tab Privacy, lalu buka menu Ads dan pilih “Delete AD ID”.
  • Mengontrol Izin Mikrofon dan Kamera: Jika pengguna menemukan aplikasi game dapat mengakses mikrofon perangkat mereka setiap saat, mereka dapat membuka menu Privacy di Security and Privacy Dashboard untuk mengatur ulang preferensi mereka — termasuk mencabut akses mikrofon saat aplikasi tidak digunakan
  • Mengelola Layanan Berbasis Lokasi: Menu Privacy di Security and Privacy Dashboard memungkinkan orang melihat aplikasi apa yang telah melacak lokasi mereka dalam 24 jam terakhir.
  • Menjaga Pembaruan Preferensi Aplikasi: Untuk mencegah aplikasi mengakses lebih banyak data dari yang diperlukan, perangkat Galaxy akan secara proaktif melindungi privasi pengguna dengan menghapus izin dari aplikasi yang sudah tidak digunakan setelah beberapa waktu.
Verified by MonsterInsights