Review OPPO Pad Air

OPPO Pad Air
8.1

OPPO Pad Air mengawali kiprah OPPO Indonesia di pasar tablet Android. Ya, Pad Air adalah tablet perdana OPPO yang masuk secara resmi. Jujur saja awalnya kami cenderung kurang antusias menyambut kehadiran produk ini. Tapi setelah menggunakannya selama beberapa pekan, ternyata pengalaman yang ditawarkannya cukup memuaskan.

Penasaran seperti apa kecanggihannya? Yuk, langsung saja simak review kami berikut ini!

Desain punya ciri khas

Tidak seperti smartphone, desain tablet biasanya hanya gitu-gitu saja. Paling hanya dibuat lebih ramping. Mungkin sebagian besar pengguna juga tidak berharap akan menemukan desain yang inovatif ketika membeli tablet baru. OPPO Pad Air? Tentu seperti layaknya sebuah tablet Android kelas menengah.

OPPO Pad Air

Tapi, Pad Air punya ciri khasnya sendiri. Pada bagian belakang teman-teman canggih (sebutan untuk Anda para pembaca Yangcanggih.com) disuguhkan dua tekstur yang berbeda. Sisi yang sejajar dengan kamera menampilkan pola bergelombang yang timbul seperti bukit pasir. OPPO menyebutnya 3D Sunset Dune. Sementara sisanya dilapisi finishing matte yang tidak mudah kotor oleh bekas jari.

Tablet ini cuma tersedia dalam satu opsi warna saja, abu-abu. Bodinya tipis dengan ketebalan hanya 6,94mm, dengan bobot 440 gram. Masih tergolong ringan untuk dibawa bepergian maupun digenggam dengan dua tangan.

OPPO Pad Air

Pada satu sisinya terdapat tombol volume dan slot microSD untuk yang butuh ruang penyimpanan ekstra. Sementara sisi sebelahnya ada tombol power dan dua lubang speaker. Sisi yang kami sebut bagian bawah menawarkan port USB-C dan dua lubang speaker lainnya.

Tidak ada slot SIM-card di sini, karena memang konektivitasnya WiFi only. Teman-teman canggih juga tidak diberikan sensor sidik jari. Sebagai pengganti, Pad Air punya sistem keamanan lainnya seperti pendeteksi wajah atau PIN. Oh iya, port audio jack 3.5mm juga tidak tersedia.

svg%3E

Layar 2K: asyik buat nonton bola atau Netflix

OPPO Pad Air didukung layar 10,36 inci dengan resolusi 2K (2000 x 1200 pixel). Layar ini memiliki 1 miliar warna dan tingkat kecerahan adaptif hingga 2048. Sedangkan untuk rasio screen-to-body mencapai 83,5 persen dengan ketebalan bezel 8mm.

OPPO Pad Air

Sejauh pengalaman kami, layar OPPO Pad Air mampu menyajikan konten dengan baik. Gambar yang ditampilkan tajam, dan warnanya pun sedap dipandang. Kami beberapa kali mencoba menonton pertandingan Piala Dunia 2022 dengan tablet ini, dan ternyata cukup menyenangkan. Untuk nonton film atau series favorit di Netflix pun oke juga. Pastinya sudah Widevine L1, jadi streaming bisa sampai Full HD.

OPPO tidak lupa menambahkan fitur Eye Care agar mata Anda tidak cepat lelah meski berlama-lama menatap layar. Fitur ini juga menyediakan tingkat kecerahan 578 level di bawah 20 nits sehingga tetap nyaman dipandang di lingkungan gelap sekalipun. Asyiknya lagi, layar Pad Air telah memiliki sertifikasi TUV Rheinland untuk mengurangi emisi cahaya biru. Bagi yang suka baca e-book, OPPO juga menyediakan fitur E-Ink Screen atau mode hitam-putih.

Bagaimana untuk penggunaan outdoor? OPPO pernah bilang kalau tablet barunya ini memang lebih ditujukan untuk aktivitas indoor, misalnya di kantor, cafe, atau ruang kuliah. Jadi tingkat kecerahan layarnya bisa dibilang standar saja. Masih lumayan untuk melihat konten di bawah sinar matahari, tapi bakal lebih bagus kalau sedikit lebih terang.

4 speaker dengan Dolby Atmos

Untuk melengkapi layarnya yang istimewa, OPPO Pad Air juga didukung 4 spaker simetris yang dilengkapi teknologi Dolby Atmos. Menurut kami kualistas audionya mantap dan jernih, termasuk pada volume tinggi sekalipun. Nonton film jadi semakin seru.

Semakin produktif dengan stylus, keyboard, dan kemampuan multitasking

Bagi yang gemar multitasking, OPPO Pad Air merupakan tablet yang mumpuni dalam menjalankan lebih dari satu aplikasi sekaligus. Anda bisa membagi dua layarnya masing-masing untuk aplikasi yang berbeda. Misalnya bagian sebelah kiri melihat highlights pertandingan sepak bola tadi malam, dan sisi sebelah kanan mengecek jadwal kegiatan di kalender.

svg%3E

Sistem operasinya, ColorOS, juga memungkinkan untuk terintegrasi dan menampilkan layar dari smartphone OPPO. Jadi, pengguna tidak perlu sering-sering mengecek ponsel ketika sedang fokus bekerja. Dengan layar yang lebar, teman-teman canggih bisa lebih leluasa saat menggarap dokumen di Office maupun Doc, atau meng-edit video.

OPPO Pad Air hadir dengan aksesori berupa Flip Case dan Smart Bluetooth Keyboard untuk memudahkan Anda dalam bekerja maupun belajar. Kami sempat mencoba keyboard-nya, dan ternyata pengalaman mengetik yang ditawarkan lumayan enak.

svg%3E

Ukuran layar 10,36 inci juga bisa menjadi kanvas untuk menuangkan kreativitas. Karena itu, Pad Air dilengkapi Smart Stylus dengan tingkat sensitivitas tekanan 4.096 dan baterai yang dapat bertahan selama 1 tahun atau 10.000 jam waktu siaga. Teman-teman canggih bisa menggambar sketsa atau mencatat berbagai hal penting saat rapat.

Performa mulus, baterai awet

Performa OPPO Pad Air didukung chipset Snapdragon 680 dan RAM 4 GB. Storage internalnya berkapasitas 64 GB. Seperti disebutkan di atas, Anda bisa menambahkan microSD jika merasa ruang penyimpanan yang tersisa masih kurang. Untuk RAM juga bisa ditambah 3 GB lagi lewat fitur RAM Expansion.

Lalu, bagaimana kinerjanya? Mulus dan lancar. Sama sekali tidak ada lag bahkan ketika membuka dua aplikasi sekaligus. Untuk main game pun asyik. Dengan layar yang besar, game seperti Candy Crush bakal terasa lebih memuaskan. Mobile Legends dan PUBG Mobile? Tentu bisa juga.

Tidak ketinggalan OPPO membekali Pad Air dengan baterai 7.100 mAh yang tahan lama. Kalau untuk menonton video 1080p saja bisa sampai 12 jam, maka pekerjaan yang lebih ringan seperti mengetik atau mencatat tentu baterainya bisa lebih awet lagi. Terbukti, selama menggunakan tablet ini, sektor baterai merupakan salah satu yang paling kami suka!

Sementara soal waktu charging, berbekal charger bawaan butuh waktu sekitar 2,5 jam untuk dapat terisi penuh 100 persen dari kondisi kurang lebih 5 persen.

Kesimpulan

Untuk Anda yang butuh perangkat penunjang produktivitas sekaligus hiburan, OPPO Pad Air merupakan pilihan yang menarik. Chipset-nya mungkin bukan yang paling kencang, namun dari segi kinerja, tablet ini masih terasa gesit untuk beragam aktivitas ringan hingga sedang. Aksesorinya juga komplit, ada stylus, flip case, dan keyboard.

svg%3E

Bagi yang berminat, OPPO Pad Air dijual dengan harga Rp3.999.000. Harga ini sudah termasuk smart cover jika konsumen melakukan pembelian selama periode pre-order hingga 22 Desember 2022.

Kelebihan OPPO Pad Air:

  • Desain bagus dan cukup premium
  • Ramping, ringan, mudah dibawa
  • Layar 2K yang memanjakan mata
  • Widevine L1
  • Ada mode E-Ink Screen untuk baca e-book
  • Audio mantap, didukung Dolby Atmos
  • UI ringan dan minim bloatware
  • Kinerja mulus meski chipset-nya bukan yang paling kencang di kelasnya
  • Baterai awet
  • Kompatibel dengan stylus
  • Aksesori Smart Keyboard bikin lebih produktif

Kekurangan OPPO Pad Air:

  • Tidak punya sensor sidik jari
  • Storage internal kecil, kalau 128 GB tentu bakal lebih oke
  • Tidak ada port audio jack 3.5mm

OPPO Pad Air cocok untuk:

  • Pelajar/mahasiswa: Tablet ini menawarkan banyak hal yang dibutuhkan untuk belajar, baik secara online maupun tatap muka.
  • Karyawan: Cocok untuk yang mencari alternatif laptop. Pad Air lebih ringkas, tapi tetap didukung sederet fitur penunjang produktivitas.
  • Penggemar Netflix dan drama Korea: Layarnya yang lebar serta audionya yang mantap bikin tablet ini jadi teman yang pas untuk nonton film atau drakor.
  • Anak-anak: Dibanding ponsel yang layarnya kecil, tablet Android merupakan pilihan yang lebih ideal untuk anak. Apalagi Pad Air punya Kids Space, jadi dijamin aman.
OPPO Pad Air
OPPO Pad Air
Untuk Anda yang butuh perangkat penunjang produktivitas sekaligus hiburan, OPPO Pad Air merupakan pilihan yang menarik.
8.1
Verified by MonsterInsights