HP Chromebook x360 13b: Chromebook Ramah Lingkungan dengan Prosesor MediaTek Kompanio

Chipset dari pabrikan Mediatek kembali digunakan ke perangkat komputasi. Kabar terbaru HP merilis Chromebook x360 13b yang ditenagai prosesor MediaTek Kompanio.

HP Chromebook x360 13b

Fitur HP Chromebook x360 13b

Chromebook x360 13b hadir dengan rancangan bodi yang tipis dan ringan. Ketebalannya hanya sekitar 17 mm. Sementara, bobotnya sekitar 1,3 Kg saja. Menariknya, perangkat ini juga ramah lingkungan. Bagian cover dan engselnya menggunakan material logam daur ulang. Sementara, di bagian bawah bodi, bingkai layar dan penutup speaker terbuat dari material plastik daur ulang.

svg%3E

Layar sentuhnya mengusung panel IPS 13.3 inci. Resolusinya 1920 x 1080 pixel dan mendukung tingkat kecerahan 250 nits. Cukup memadai untuk penggunaan dalam ruangan. Masuk di lini konvertibel engsel layarnya bisa dilipat dan digunakan ke mode tablet, tent atau stand.

svg%3E

Performanya dipercayakan pada prosesor MediaTek Kompanio 1200. Prosesor octa-core tersebut disokong RAM LPDDR4X 4GB dan ruang penyimpanan PCIe NVMe SSD dengan kapasitas 128GB. Cukup bertenaga untuk mendukung produktivitas sehari-hari.

Satu hal yang cukup disayangkan tidak banyak opsi kustomisasi yang tersedia. Untuk besaran RAM maksimum hanya 4GB saja. Tapi, untuk ruang penyimpanan tersedia opsi lain yang lebih besar dengan kapasitas 256GB. Selain itu, pengguna juga bisa memilih opsi dengan keyboard backlit.

svg%3E

Untuk fitur lain Chromebook x360 13b dilengkapi webcam 720p dengan fitur perlindungan privasi dan stereo speaker. Di sektor konektivitas tersedia port USB Type-A, dua port USB Type-C, microSD reader dan jack audio 3.5mm. Port USB-C tersebut sudah mendukung power delivery untuk isi ulang laptop dan display untuk tersambung ke monitor.

Harga dan ketersediaan

HP Chromebook x360 13b dijual dengan harga mulai dari US$470 atau sekitar 7 Jutaan Rupiah. Belum ada informasi lebih lanjut kapan laptop ini akan hadir di Indonesia.

Verified by MonsterInsights