Review OPPO A17

OPPO A17
7.9
Cek Harga

OPPO selalu punya penawaran yang menarik di setiap ponselnya, bahkan pada seri yang harganya terjangkau sekalipun, seperti OPPO A17. Dibanderol hanya 2 jutaan rupiah, perangkat ini tampil menawan dan disebut-sebut punya desain paling stylish di kelasnya.

Penasaran seperti apa kemampuannya? Yuk, langsung saja simak ulasan kami!

Tekstur kulit bikin desainnya lebih menarik

OPPO A17 memang belum mengaodopsi bahan kulit fiberglass seperti seri A77s. Meski begitu, ponsel ini menggunakan tekstur kulit yang mampu menghadirkan kesan mewah dan elegan. Menurut OPPO tekstur kulit tersebut telah melalui pemrosesan cetakan dan pemanggangan.

OPPO A17

Kemudian, OPPO menambahkan lapisan UV untuk mencegah terjadinya perubahan warna jika perangkat digunakan dalam jangka waktu lama. Hasilnya tekstur kulit pada OPPO A17 punya tampilan seperti kulit asli, dengan sensasi yang lembut ketika disentuh.

Begitu digenggam perangkat ini terasa nyaman dan tidak licin. Selain itu proses pembuatannya turut memberikan ketahanan terhadap debu, jadi tidak mudah kotor. Kombinasi yang membuatnya ideal bagi teman-teman canggih yang kurang suka memakai casing tambahan.

A17 menampilkan bodi bergaya Retro Ultra Slim dengan bingkai tengah datar dan tepian halus. Desain kotak pada sisi samping membuatnya tidak mudah lepas dari genggaman. Dari segi dimensi pun perangkat ini cukup ramping dan pas untuk dimasukkan ke saku celana.

svg%3E

Sekadar informasi, bodi A17 memiliki ketebalan 8,29mm dengan bobot 189 gram. Di bagian depan Anda akan menemukan layar 6,56 inci yang punya poni waterdrop minimalis untuk menampung kamera selfie. Di sebelah bawah ada port microUSB bersama dengan audio jack 3.5mm dan lubang speaker. Sementara di sisi kanan ada tombol volume dan tombol power yang juga berfungsi sebagai sensor sidik jari.

svg%3E

Ada dua opsi warna yang bisa dipilih, salah satunya Lake Blue seperti di artikel kami ini. Warna birunya tampak ceria namun tetap soft alias tidak norak, seolah merepresentasikan langit biru di malam hari. Cocok untuk Anda yang berjiwa muda serta energik. Selain Lake Blue, ada pula warna Midnight Black.

Kerennya lagi, A17 telah melalui uji kualitas yang ketat untuk memastikan durabilitasnnya. Perangkat ini telah lolos berbagai uji ekstrim mulai dari 20.000 kali uji colok-cabut USB, 28.000 pengujian jatuh dalam jarak 10 cm, uji jatuh dengan ketinggian 1 meter pada material marmer, hingga menjalani 14 hari pengujian ketahanan terhadap suhu dan kelembaban tinggi. A17 memang dibuat untuk penggunaan jangka waktu lama.

Layar lebar dan sedap dipandang

svg%3E

OPPO A17 memiliki layar 6,56 inci HD+ dengan poni waterdrop yang minimalis. Sekilas memang tidak ada yang spesial. Namun layar ini sudah sangat memadai untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Tingkat kecerahannya cukup baik dan masih oke untuk penggunaan di luar ruangan pada siang hari.

Respon layar terhadap sentuhan pun cukup responsif, dan nyaman ketika dipakai bermain game. Untuk Anda yang sering berlama-lama menatap layar, OPPO membenamkan fitur Eye Care sehingga tidak bikin mata cepat lelah. Sedikit membahas audio, A17 dibekali speaker mono saja, belum stereo. Wajar untuk kelas harganya. Kabar baiknya, Anda yang butuh suara speaker lebih keras bisa memanfaatkan teknologi Ultra Volume Mode.

Kamera lumayan, asalkan cahaya memadai

OPPO A17 menawarkan kamera utama 50 MP f/1.8 yang mengusung teknologi 4-in-1 Pixel Binning dan menyatukan 4 piksel kecil menjadi 1 piksel besar, sehingga hasilnya adalah sebuah foto 12.5 MP yang lebih terang dan bagus. Kalau ingin menggunakan resolusi penuh, A17 tetap menyediakan mode 50 MP.

svg%3E

Pada kondisi cahaya yang ideal terlihat kamera A17 sudah mampu menciptakan foto dengan detail yang cukup baik dan warna yang dinamis. Dynamic range-nya pun untuk ukuran ponsel murah.

Mode Auto (10)

Mode Auto (9)

Mode Auto (12)

Untuk foto di dalam ruangan, noise mulai sedikit terlihat namun tidak berlebihan. Sementara pada kondisi low-light dengan Night Mode, kamera A17 terlihat berusaha untuk memberikan tangkapan yang lebih terang walaupun sebagai konsekuensinya detail menurun dan ber-noise.

Mode Auto (3)

Mode Auto (5)

Mode Auto (1)

Night Mode

Bagaimana kalau untuk merekam video? Ternyata hasilnya tidak mengecewakan. Video di bawah ini direkam di dalam ruangan dengan kondisi cahaya yang cukup. Terlihat kamera A17 mampu menangkap gerakan penari yang cepat dengan tetap menjaga fokusnya.

VID20221115154036

Performa mulus, tapi bukan untuk gamer

OPPO memang tidak merancang A17 sebagai ponsel untuk para gamer. Anda disuguhkan chipset MediaTek Helio G35 yang menurut kami agak pas-pasan. Untuk pemakaian sehari-hari tidak ada masalah. Chatting, browsing, menonton YouTube, dan keperluan standar lainnya bisa terfasilitasi dengan baik.

Kalau tetap ingin bermain game, kami sarankan untuk mengunduh judul-judul yang tidak menuntut kemampuan grafis tinggi, misalnya Candy Crush. Mobile Legends masih lumayan lancar dengan sedikit penyesuaian setting grafis. Untuk PUBG Mobile, frame rate yang didapat kurang optimal.

OPPO A17 dibekali RAM sebesar 4 GB yang bisa ditambah lewat fitur Ekspansi RAM hingga 4 GB. Jadi totalnya Anda akan mendapatkan RAM 8 GB. Cukup ideal untuk yang gemar multitasking. Storage internalnya berkapasitas 64 GB dan bisa diperluas dengan microSD hingga 1 TB.

Bagaimana dengan baterai? 5.000 mAh sudah sangat mantap untuk menemani aktivitas Anda seharian penuh. Apalagi hardware yang dibenamkan pada ponsel ini bisa dibilang tidak rakus daya. Penggunaan yang tidak terlalu intens memungkinkan baterai bertahan sampai 2 hari. Sayang chargingnya masih tergolong lambat, butuh hampir 3 jam untuk dapat terisi penuh.

Kesimpulan

Bagi teman-teman canggih yang mencari smartphone murah untuk kebutuhan komunikasi dan media sosial, ingin memberi hadiah kepada orang tua atau pengguna pemula yang baru beralih ke smartphone, OPPO A17 adalah opsi yang menarik. Apalagi desainnya mewah untuk ukuran harganya. Nilai plus yang belum tentu bisa Anda temukan di ponsel lainnya.

OPPO A17 dijual dengan harga Rp2.099.000.

Kelebihan OPPO A17:

  • Desain stylish dengan tekstur kulit yang bagus
  • Nyaman digenggam
  • Build quality solid
  • Layar terang dan didukung fitur Eye-Care
  • Kamera utama cukup oke untuk pemotretan di kondisi cahaya ideal
  • Baterai tahan lama
  • Kinerja mulus untuk kebutuhan standar sehari-hari
  • Ada sensor sidik jari

Kekurangan OPPO A17:

  • Port masih microUSB, belum Type-C
  • Charging agak lama
  • Akan lebih menarik jika punya mode Portrait

OPPO A17 cocok untuk:

  • Pengguna pemula: A17 ideal untuk orang-orang yang baru beralih ke smartphone Android, misalnya orang tua atau anak sekolah.
  • Pelajar/mahasiswa: untuk kebutuhan belajar online, smartphone ini menawarkan kinerja yang bisa diandalkan. Harganya juga terjangkau.
  • Karyawan yang mobile: Kalau butuh ponsel murah dengan baterai awet, desain tangguh, dan kinerja untuk kebutuhan standar seperti komunikasi, A17 layak dicoba.
OPPO A17
OPPO A17
OPPO A17 bisa dibilang merupakan salah satu ponsel terjangkau dengan desain paling stylish
7.9
Cek Harga
Verified by MonsterInsights