Review Lenovo YOGA 9i 2022

Di tahun ini laptop 2-in-1 konvertibel premium Lenovo YOGA 9i 2022 mendapat pembaruan yang sangat signifikan. Tampilannya lebih segar dan semakin terlihat premium. Performanya juga tambah bertenaga. Apakah laptop ini mampu mengungguli para kompetitornya? Simak ulasannya sebagai berikut.

Lenovo YOGA 9i 2022

Desain cantik

Untuk pertama kalinya YOGA 9i 2022 menjadi laptop pertama Lenovo yang mengusung desain comfort edge. Ciri khasnya di setiap sisi bodinya agak membulat.

Lenovo YOGA 9i 2022

Garis desain barunya ini memang unik dan tidak pasaran. Terlihat lebih cantik dan elegan. Aura premiumnya juga semakin menonjol dengan mengusung material bodi yang seluruhnya alumunium dan dilapisi warna oatmeal. Opsi lain tersedia warna Storm Grey.

Masuk di kategori premium rancangan bodi yang tipis dan ringan tetap menjadi andalannya. Ketebalan bodinya 14,9 mm. Sementara, bobotnya sekitar 1,4 Kg. Secara keseluruhan dimensinya ringkas dan relatif ringan untuk dibawa bepergian.

Desain engsel fleksibel dengan soundbar yang menjadi andalan lini YOGA 9-series juga masih tetap dipertahankan. Engselnya ini sangat kokoh. Jadi, tidak perlu khawatir untuk memutar layarnya. Beralih ke semua mode penggunaan dari mode laptop, tent, stand dan tablet bisa dilakukan dengan mudah.

Lenovo YOGA 9i 2022

Sementara, untuk soundbar tersebut dari pabrikan Bowers & Wilkins. Output suaranya jernih dan bertenaga. Sektor audionya ini turut didukung dengan dukungan fitur Dolby Atmos untuk pengalaman audio yang lebih imersif.

Bergeser ke sektor konektivitas, laptop ini termasuk tidak pelit. Di sisi kiri bodi tersedia satu port USB 3.2 Gen 2 dan dua port USB-C Thunderbolt 4 dengan fitur Power Delivery 3.0 dan DisplayPort 1.4. Sementara, di sisi kanan bodinya tersedia satu port USB-C 3.2 Gen 2 yang ditemani satu jack headphone/mic combo 3.5 mm.

Layar OLED yang cemerlang

Panel layar OLED saat ini telah menjadi standar di laptop kelas premium. YOGA 9i 2022 adalah salah satunya. Panel layar sentuhnya juga sudah mendukung resolusi 4K dengan rasio aspek kekinian 16:10. Alhasil, tampilan di layarnya ini terlihat lebih luas dan sangat tajam.

Lenovo YOGA 9i 2022

Layarnya juga bisa diandalkan untuk konten kreasi. Warnanya sudah mendukung 10-bit dan standar cakupan warna DCI-P3 100%. Selain itu, layarnya sudah mendapatkan sertifikasi Dolby Vision, HDR True Black 500 dan TUV Rheinland Low Blue Light.

svg%3E

Untuk respon layar sentuhnya dengan jari juga amat baik. Selain itu, dalam paket penjualannya Lenovo juga sudah menyertakan pena stylus Lenovo Active Pen 2. Pena stylusnya ini sangat nyaman digunakan untuk membuat coretan, menulis dan menggambar.

Lenovo YOGA 9i 2022

Satu hal yang cukup disayangkan YOGA 9i 2022 kini tidak lagi mengusung rancangan garaged pen di bodinya. Jadi, pena stylus tersebut tidak bisa disisipkan ke bodinya seperti generasi sebelumnya. Sebagai gantinya, Lenovo menyediakan slot penyimpanan pena stylus di case pelindung yang sudah termasuk dalam paket penjualannya.

Di bagian atas layarnya bisa ditemukan webcam IR yang resolusinya Full HD. Webcam tersebut sudah mendukung fitur Windows Hello dan fitur penutup kamera yang berguna untuk melindungi privasi.

Keyboard dan Touchpad nyaman digunakan

Beralih ke sektor keyboard terlihat ada pembaruan jika dibandingkan generasi sebelumnya. YOGA 9i 2022 adalah varian YOGA pertama yang membawa fitur 1-Click Function Keys. Fitur ini bisa ditemukan di area kanan keyboard.

svg%3E

Ada lima tombol pintas tambahan untuk mempercepat akses ke fitur-fiturnya. Pertama adalah tombol untuk pengaturan performa. Kehadiran tombol ini menurut kami sangat baik untuk menggantikan tombol pintas FN+Q yang sebelumnya digunakan.

YOGA 9i 2022

Tombol kedua adalah tombol untuk akses fitur Lenovo Smart Appearance. Fitur ini bisa digunakan saat konferensi video. Lenovo Smart Appearance menyediakan opsi blur background, efek beautifikasi dan efek untuk menghaluskan kulit wajah.

svg%3E

 

Tombol ketiga untuk mengaturan mode audio, tombol keempat untuk beralih ke mode dark mode windows, dan terakhir adalah tombol sensor sidik jari.

Untuk pengalaman mengetik dengan keyboardnya juga cukup memuaskan. Ukuran tombol-tombol keyboard yang relatif besar dan tidak terlalu rata dengan permukaan bodi membuatnya nyaman digunakan untuk mengetik. Keyboardnya ini juga sudah dilengkapi dengan lampu backlit untuk menemani kerja di kondisi temaram.

Area trackpad mouse juga terlihat lebih besar. Menurut Lenovo, area ini lebih lebar sekitar 45% jika dibandingkan generasi sebelumnya. Responnya dengan sapuan juga sangat baik. Selain itu, klik kiri dan kanan di area touchpad terseut juga cukup nyaman walau sedikit agar berisik.

Performa Lenovo YOGA 9i 2022

Beralih ke sektor dapur pacunya YOGA 9i 2022 kini ditenagai prosesor Intel Core 12th Gen dengan sertifikasi Intel EVO. Prosesor yang digunakan adalah Intel Core i7-1280P. RAM yang didukungnya hingga 16GB dan tersedia ruang penyimpanan SSD PCIe Gen 4 dengan opsi kapasitas hingga 1TB. Hasil benchmarknya sebagai berikut:

Dengan spesifikasi tersebut YOGA 9i 2022 mampu menawarkan performa yang bertenaga untuk beragam kebutuhan. Untuk produktivitas sehari-hari seperti membuat dokumen, browsing dan konferensi video sangat bisa diandalkan. Performanya terasa sangat gegas. Untuk konten kreasi seperti penyuntingan foto dan video spesifikasinya juga masih mencukupi. Dengan dukungan chip grafis Iris Xe pengguna juga dimungkinkan untuk menjalankan video resolusi 4K. Bermain game yang tidak terlalu membutuhkan kinerja grafis berat seperti DOTA 2 dan Valorant juga bisa. Dengan catatan pengaturan grafis di low atau medium. Perlu dimaklumi memang mengingat laptop ini bukanlah laptop gaming.

svg%3E

Beralih ke manajemen thermal YOGA 9i 2022 termasuk sangat baik. Sistem pendinginnya mengandalkan dua kipas pendingin. Selama kami gunakan kinerja kipas pendinginnya relatif senyap. Sekalipun saat menggunakan mode pengaturan performa Extreme Performance.

Di kondisi kinerja maksimum seperti bermain game atau menyunting video kipas pendinginnya juga mampu menjaga suhu dan performanya tetap stabil. Tapi, seperti kebanyakan laptop tipis dan ringan lain, ada beberapa bagian yang masih terasa agak hangat. Seperti misalnya area tengah dan atas keyboard dan bagian bawah bodinya.

Baterai tahan seharian

Meski bodinya tipis dan ringan YOGA 9i 2022 membawa baterai dengan kapasitas 75Wh. Kapasitas baterainya ini relatif besar jika dibandingkan laptop lain sekelasnya. Langkah ini menurut kami sangat tepat. Mengingat YOGA 9i 2022 menggunakan panel layar OLED resolusi tinggi yang umumnya memang sangat menguras baterai.

Dari pengujian kami untuk penggunaan mengetik dokumen dan browsing dengan skema tingkat kecerahan layar 50%, terhubung ke WiFi, menggunakan mode performa Battery Saving, mengaktifkan fitur battery saver Windows, menonaktifkan fitur Bluetooth, lokasi, Always on USB dan keyboard backlit baterainya masih bisa bertahan hingga sekitar 9 jam. Cukup untuk menemani produktivitas seharian di luar ruangan tanpa perlu khawatir baterainya akan cepat habis.

Untuk baterainya sendiri tetap dilengkapi dengan fitur Rapid Charge yang bisa diakses lewat Lenovo Vantage. Fitur ini memungkinkan baterainya untuk diisi ulang dengan lebih cepat. Pengisian daya baterainya hingga penuh sekitar hampir 2 jam.

Kesimpulan

Bertarung di kelas laptop 2-in-1 premium memang tidak mudah di tahun 2022 ini. Tapi, Lenovo cukup jeli merespon pasar dengan menghadirkan desain baru yang sangat cantik dan sederetan fitur premium di YOGA 9i 2022. Seperti misalnya layar sentuh OLED 4K yang menawan, sistem audio dari pabrikan Bang & Olufsen dan fitur 1-Click Function Keys yang sangat fungsional. Pembaruan di sektor dapur pacunya yang menggunakan Intel Core 12th Gen juga memuaskan. Menjadikan laptop premium 2-in-1  konvertibel ini semakin serbaguna untuk produktivitas hingga konten kreasi.

Jika membutuhkan laptop 2-in-1 premium dengan desain yang tidak pasaran, layar OLED 4K, performa bertenaga dan baterai tahan lama untuk konten kreasi atau menemani produktivitas sehari-hari, YOGA 9i 2022  adalah varian YOGA 2-in-1 konvertibel terbaik yang bisa Anda bawa pulang di tahun ini.

Kelebihan Lenovo YOGA 9i 2022:

– Desain cantik yang tipis dan ringan
– Layar OLED 4K sangat baik
– Fitur 1-Click Function Keys fungsional
– Performa kencang
– Dilengkapi Thunderbolt 4
– Speaker bertenaga
– Dilengkapi pena stylus
– Baterai cukup tahan lama

Kekurangan Lenovo YOGA 9i 2022:

– Tidak dilengkapi slot pembaca kartu memori
– Tidak ada slot penyimpanan pena stylus di bodinya

Lenovo YOGA 9i 2022 cocok untuk:

1. Para pekerja yang mobilitasnya tinggi: Kombinasi daya tahan baterai yang tahan lama dan performa memadai untuk mendukung produktivitas membuatnya ideal untuk pekerja yang mobilitasnya tinggi.
2. Penikmat konten multimedia: Layar OLED 4K yang menawan dan soundbar dari Bang & Olufsen dengan fitur Dolby Atmos cocok untuk menemani Anda menikmati konten video di beragam platform video streaming.
3. Konten kreator: Layar sentuh OLED 4K yang akurat dan dukungan pena stylus menjadikan laptop ini wajib dilirik para pekerja kreatif.
4. Mahasiswa: Untuk para mahasiswa yang berkocek tebal desain premiumnya yang tipis dan ringan serta webcam Full HD bisa diandalkan untuk mendukung kegiatan perkuliahan daring di mana saja.

Sekilas spesifikasi Lenovo YOGA 9i 2022:

Sekilas spesifikasi Lenovo YOGA 9i 2022:

Lenovo YOGA 9i
OSWindows 11
Prosesor12th Gen Intel
Core i7-1260P
RAM8GB, 16GB LPDDR5
Kartu grafisIntel Iris Xe
Integrated
Ruang penyimpanan1TB M.2 PCIe 4.0 SSD
Layar14 inci
16:10 aspect ratio
3840×2400 (WQUXGA)
OLED, HDR 500
Dolby Vision
PenLenovo Precision Pen 2
Konektivitas2 x Thunderbolt 4
1 x USB-A 3.2
3.5mm audio
1 x USB-C 3.2 Gen 2
AudioBowers & Wilkins soundbar
Quad speakers
Dolby Atmos
Dual microphones
ConnectivityWi-Fi 6E
Bluetooth 5.2
KameraFHD dengan IR hybrid
KeyboardSmart Sense backlight
TouchpadPrecision
PengamanFingerprint reader
IR camera
Baterai75Wh
Dimensi318mm x 230mm x 16.5mm
Bobot1.48kg
WarnaStorm Grey
Oatmeal
Jika membutuhkan laptop 2-in-1 premium dengan desain yang tidak pasaran, layar OLED 4K, performa bertenaga dan baterai tahan lama untuk konten kreasi atau menemani produktivitas sehari-hari, YOGA 9i 2022 dengan harga 27 Jutaan Rupiah ini adalah varian YOGA 2-in-1 terbaik di tahun ini.
9
Verified by MonsterInsights