Review ASUS TUF Gaming F15 (2022)

svg%3E
8.1

ASUS TUF Gaming F15 (2022) merupakan satu dari jajaran laptop gaming terbaru ASUS untuk pasar Indonesia. Hadir dengan rancangan bodi grade militer, teman-teman canggih juga akan disuguhkan sederet hardware kencang untuk menjalankan game AAA maupun kebutuhan kreasi konten.

Penasaran seperti apa kemampuannya? Yuk, langsung saja simak ulasan Yangcanggih.com berikut ini!

Desain tangguh dengan standar militer

Dibanding generasi sebelumnya, TUF Gaming F15 (2022) tidak menawarkan perubahan desain yang signifikan. ASUS kembali mengedepankan bahasa desain yang minimalis alias tidak terlalu menonjolkan nuansa gaming, namun tanpa meninggalkan kesan tangguhnya.

ASUS TUF Gaming F15

Bagian luarnya memiliki finishing matte yang halus ketika disentuh, dengan sedikit aksen garis-garis dan logo TUF di satu sisinya. Sudut-sudutnya tegas tapi tidak tajam. Ketika dibuka, ada celah antara keyboard dengan layar.

Seperti disebutkan di atas, laptop ini mengusung rancangan bodi yang tangguh dengan standar militer MIL-STD 801H. Tidak heran jika build quality-nya terasa kokoh. Ketebalannya 2,49cm, sementara bobotnya sekitar 2,2 kilogram. Masih amat ideal untuk dibawa bepergian.

Di sisi sebelah kiri terdapat lubang pembuangan panas, port daya, ethernet, HDMI 2.0, thunderbolt 4 dengan display port 1.4, USB 3.1 Gen Type-C, USB 3.1 Gen 1 Type-A, dan audio jack combo. Pada bagian belakang teman-teman canggih akan menemukan dua lagi lubang ventilasi besar. Sementara di kanan ada USB 3.2 Type-A, lubang pembuangan panas untuk GPU, dan Kengsington Lock.

svg%3E

ASUS menanamkan dua kipas Arc Flow yang memiliki lebih banyak bilah kipas (84 bilah). Setiap bilah dari kipas tersebut ketebalannya hanya 0,1mm di bagian ujungnya, dan dapat mengurangi turbulensi sehingga aliran udara menjadi lebih lancar tanpa harus membuat kipas berputar lebih kencang, serta diklaim lebih senyap.

svg%3E

TUF Gaming F15 (2022) menawarkan keyboard full-size dengan tombol Numpad terdedikasi dan beberapa tombol shortcut untuk mengatur volume, mikrofon, dan mengakses Armoury Crate. Keyboard-nya sendiri terasa nyaman dengan tactile feedback dan travel distance yang oke.

svg%3E

Pastinya keyboard ini juga sudah dihiasi lampu RGB yang bisa dikustomisasi lewat Armoury Crate. Tepat di tengah atas keyboard, teman-teman canggih bakal menemukan beberapa lampu LED sebagai indikator, misalnya charging. Sementara touchpad-nya lebih lebar sekitar 26 persen dan mendukung gesture.

Layar 300Hz

ASUS menyediakan beberapa varian TUF Gaming F15 (2022). Yang ada di artikel review kami kali ini adalah varian tertinggi dengan layar 300Hz. Ukurannya 15,6 inci, panelnya IPS, resolusi Full HD, dan memiliki response time 3ms. Cakupan warnanya mencapai 97 persen sRGB, 69 persen NTSC, 73 persen AdobeRGB, dan 74 persen P3 color gamut.

svg%3E

Untuk kebutuhan gaming maupun multimedia, kami tidak punya keluhan apapun terhadap layarnya. Sudut pandangnya luas, sehingga tidak mengalami penurunan berarti secara kualitas ketika dilihat dari samping. Gambarnya tajam dan sajian warnanya juga sedap dipandang.

svg%3E

Urusan audio dipercayakan pada dua speaker yang ditenagai Dolby Atmos. Kualitas suaranya standar saja, agak kurang bertenaga dan sedikit pecah di volume tinggi. ASUS TUF Gaming F15 (2022) juga memiliki sertifikasi Hi-Res Audio untuk menikmati musik melalui headphone, serta Two-Way AI Noise Cancellation untuk kebutuhan komunikasi.

Performa kencang dengan Intel Gen 12 dan RTX 3070

Untuk mendukung keperluan gaming AAA dan kreasi konten, ASUS membenamkan hardware pendukung performa yang bisa dibilang amat menggiurkan. Prosesornya Intel Core i7-12700H. Sementara untuk urusan grafis dipercayakan pada Nvidia GeForce RTX 3070 8 GB GDDR6 VRAM dengan MAX TGP hingga 140W.

RAM yang terpasang adalah 2x 8 GB DDR5, dengan storage berupa SSD M.2 NVMe PCIe 3.0 berkapasitas 1 TB. Menurut ASUS, kombinasi hardware seperti ini sudah mumpuni untuk memberikan frame rate di banyak game modern, bahkan hingga resolusi 1440p. ASUS tidak lupa menyisipkan MUX Switch agar teman-teman canggih bisa langsung mengurangi latensi dan meningkatkan kinerja rata-rata antara 5 sampai 10 persen.

Kami pun sempat menguji kemampuan gaming ASUS TUF Gaming F15 (2022) dengan memainkan beberapa judul populer. Simak hasil pengujiannya di bawah ini:

svg%3E

1. Shadow of the Tomb Raider

Pada game SOTR kami menggunakan resolusi 1080p, setting Ultra, dan Ray Tracing Medium. Hasilnya, rata-rata yang didapat adalah 121 FPS.

svg%3E

2. Elden Ring

Sementara Elden Ring berhasil dijalankan secara stabil dan terkunci di 60fps dengan setting grafis Maximum dan resolusi 1080p.

svg%3E

3. Forza Horizon 5

Game racing ini kami mainkan di resolusi 1080p dengan setting grafis Extreme dan Ray Tracing High. Hasilnya, rata-rata frame per second yang didapat berada di angka 73fps.

svg%3E

4. Red Dead Redemption 2

Masih menjadi salah satu game dengan kebutuhan grafis yang tergolong amat berat, RDR 2 kami mainkan dengan setting grafis dominan Ultra/High di resolusi 1080p. Nvidia DLSS aktif pada pengaturan Balanced. Hasilnya, game berjalan dengan rata-rata 79fps.

svg%3E

5. Valorant

ASUS TUF Gaming F15 (2022) tentu tidak akan mengalami masalah sama sekali ketikan menjalankan game kompetitif seperti Valorant. Game ini bisa berjalan di kisaran 300fps sehingga dapat mengoptimalkan layar 300Hz-nya.

Selama bermain game, kenaikan suhu yang cukup tinggi terasa di bagian atas keyboard. Meski begitu, area keyboard masih aman-aman saja sehingga tidak mengganggu kenyamanan bermain. Suara kipasnya lumayan kencang saat kerja berat, namun efektif dalam membuang panas.

svg%3E

Kesimpulan

ASUS TUF Gaming F15 (2022) layak menjadi laptop idaman bagi setiap gamer maupun pekerja profesional di Indonesia yang membutuhkan perangkat dengan performa kencang. Bodinya yang tangguh serta dimensi dan bobotnya yang masih ideal membuat laptop ini cukup nyaman dibawa beraktivitas, walaupun ukuran charger-nya besar. Bagi yang berminat, TUF Gaming F15 (2022) varian 300Hz dan RTX 3070 dijual dengan harga Rp29.999.000.

Kelebihan ASUS TUF Gaming F15 (2022):

  • Bodi tangguh dengan standar militer
  • Desain minimalis
  • Dimensi dan bobot masih oke untuk dibawa
  • Layar 300Hz
  • Performa kencang, mantap untuk game AAA
  • MUX Switch
  • Keyboard tactile, nyaman digunakan
  • Port komplit
  • Office Home & Student

Kekurangan ASUS TUF Gaming F15 (2022):

  • Speaker standar
  • Harga kurang ramah kantong untuk seri TUF

ASUS TUF Gaming F15 (2022) cocok untuk:

  • Hardcore gamer: Performa gaming-nya yang mantap membuat laptop ini ideal untuk memainkan semua game AAA maupun game kompetitif.
  • Kreator konten: Dengan hardware yang kencang dan layar yang cukup memadai, TUF Gaming F15 (2022) cocok untuk mendukung kreasi konten.
  • Pekerja profesional yang mobile: Bodinya masih lumayan oke untuk diajak bepergian, sehingga cocok untuk para profesional yang mobile dan butuh perangkat berperforma tinggi untuk bekerja.

 

svg%3E
ASUS TUF Gaming F15 (2022)
ASUS TUF Gaming F15 (2022) layak menjadi laptop idaman bagi setiap gamer maupun pekerja profesional di Indonesia yang membutuhkan perangkat dengan performa kencang
8.1
Verified by MonsterInsights