Samsung Hadirkan One UI 5, Inilah Sederet Fitur Terbarunya

Samsung memperkenalkan sistem operasi berbasis Android terbarunya yaitu One UI 5. Menurut Samsung, pembaruan sudah mulai digulirkan secara bertahap kepada pengguna Galaxy di seluruh dunia. Apa saja fitur baru yang dibawa oleh OS ini?

Fitur baru One UI 5

One UI 5

Dalam siaran pers yang diterima Yangcanggih, Kamis (17/11), Samsung menjelaskan bahwa salah satu fitur yang ditawarkan oleh One UI 5 adalah Bixby Text Call. Fitur ini memungkinkan pengguna menjawab panggilan telepon hanya dengan mengetik pesan.

Nantinya Bixby akan mengubah teks menjadi audio dan membagikannya langsung dengan penelepon, maupun menunjukkan kepada si pengguna apa yang dikatakan oleh penelepon dengan mengubah suaranya menjadi teks. Cocok digunakan ketika sedang berada di area yang bising seperti di tengah konser.

Fitur menarik lainnya adalah Routines, yang bermanfaat untuk membuat urutan tindakan pada perangkat berdasarkan aktivitas. Ada pula Modes untuk membuat setting yang dikustomisasi sesuai kegiatan seperti tidur, bersantai, hingga berolahraga dan mengemudi. Misalnya saat waktunya tidur, pengguna dapat mengatur untuk mematikan suara dan menurunkan kecerahan layar.

svg%3E

Dari segi desain, One UI 5 tampilan dan nuansa baru dengan ikon aplikasi yang lebih menonjol hingga skema warna yang disederhanakan. Notifikasi pun dibuat lebih intuitif agar mudah dibaca sekilas. Pada Home screen, pengguna diberikan Stack Widget baru yang memungkinkan melakukan drag and drop pada widget di atas satu sama lain, dan swipe ke kiri atau ke kanan untuk menggulir setiap widget dengan cepat dan mudah.

Untuk membantu merampingkan tugas dan aktivitas seluler, One UI 5 juga dilengkapi dengan Smart suggestion untuk widget. Pengguna juga bisa mengekstrak teks dari gambar dan membagikannya ke dalam catatan, misalnya ketika ingin menyimpan nomor telepon dari kartu nama.

Beralih ke sektor keamanan, One UI 5 memiliki fitur Security and Privacy Dashboard terbaru untuk mempermudah dan memahami status perangkat secara cepat. Sistem operasi ini juga memiliki notifikasi di Share Panel terbaru yang memperingatkan pengguna ketika tanpa sengaja membagikan foto yang berisi informasi yang berpotensi sensitif, seperti gambar kartu kredit dan debit, SIM, atau paspor.

svg%3E

Jadwal ketersediaan

Seperti disebutkan di atas, update One UI 5 telah mulai dibagikan kepada seluruh pengguna Galaxy. Sayangnya Samsung tidak memberikan jadwal yang pasti untuk masing-masing seri smartphone-nya.

Verified by MonsterInsights