Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2: Tawarkan Peningkatan Efisiensi, Performa, dan Dukungan Ray Tracing

Qualcomm mengumumkan kehadiran SoC terbarunya untuk smartphone yaitu Snapdragon 8 Gen 2. Selain menjanjikan peningkatan performa dibanding generasi sebelumnya, chipset ini juga hadir dengan teknologi Ray Tracing. Seperti apa?

Fitur Snapdragon 8 Gen 2

Snapdragon 8 Gen 2

Snapdragon 8 Gen 2 mengadopsi CPU Kryo terbaru yang diklaim mampu memberikan performa 35 persen lebih tinggi dan efisiensi daya 40 persen lebih baik dari pendahulunya. Chipset ini memiliki 1-core Kryo Prime berbasis Cortex-A3 dengan kecepatan 3.2GHz. Selain itu, Qualcomm juga membenamkan 4-core Performa berkecepatan 2.8GHz, dan 3-core hemat daya berkecepatan 2.0GHz.

Teknologi memori juga mengalami upgrade. RAM LP-DDDR5X kini meningkat hingga 4200 MHz. Sementara untuk storage Snapdragon 8 Gen 2 mengandalkan teknologi UFS 4.0 (sebelumnya UFS 3.1). Urusan grafis dipercayakan pada GPU Adreno 740 yang performanya 25 persen lebih tinggi serta menawarkan efisiensi 45 persen lebih baik.

Chipset ini ideal untuk mendukung layar dengan resolusi QHD+ dengan refresh rate 144HZ, atau 4K 60Hz. Soal kamera, Snapdragon 8 Gen 2 dipersenjatai triple 18-bit ISP yang dapat menangani tiga kamera 36 MP (30fps) secara simultan, atau single-camera 200 MP. Chipset ini juga mendukung Sony Semiconductor Solutions dengan teknologi quad digital overlap HDR, yang disesuaikan untuk Snapdragon.

Sektor konektivitas mengandalkan Snapdragon X70 5G Modem-RF System dengan Qualcomm 5G AI Processor. Pengguna juga disuguhkan WiFi 7 (802.11be) yang menawarkan kecepatan hingga 5.8 Gbps, serta latensi yang diklaim lebih rendah. Selain itu ada pula teknologi Bluetooth 5.3 dan Snapdragon Sound untuk menyajikan streaming musing 48kHz lossless.

Snapdragon 8 Gen 2

Ray Tracing

Gaming kembali menjadi sorotan utama. Snapdragon Elite Gaming kini hadir dengan teknologi Ray Tracing secara real-time, sehingga menghadirkan cahaya, pantulan, dan iluminasi yang nyata ke dalam game. Hasilnya, kualitas grafis pada game mobile bakal terlihat lebih menawan.

Jadwal ketersediaan

Smartphone berbasis Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 kabarnya baru akan meluncur pada akhir 2022 mendatang. Nama-nama besar seperti OPPO, ASUS ROG, vivo, dan sebagainya tengah menyiapkan ponsel flagship mereka masing-masing yang dibekali chipset baru ini.

Verified by MonsterInsights