Inilah 3 Fitur Kamera Berbasis AI yang Jadi Andalan OPPO Reno8

Sebagai smartphone yang mengedepankan sektor kamera sebagai salah satu nilai jual utamanya, OPPO Reno8 dibekali beragam algoritme pemrosesan gambar canggih berbasis AI (kecerdasan buatan). Menurut OPPO, teknologi merupakan hasil penelitian dan pengembangan selama lebih dari 10 tahun.

Fitur kamera berbasis AI di OPPO Reno8

OPPO Reno8

Setidaknya ada tiga fitur kamera pada OPPO Reno8 yang didukung algoritme kecerdasan buatan. Yang pertama adalah Bokeh Flare Portrait. Setelah melalui penyempurnaan dari generasi sebelumnya, fitur tersebut kini mampu menghadirkan foto portrait yang lebih profesional.

Algoritme AI pada Bokeh Flare Portrait akan meningkatkan kecerahan objek foto sekaligus memburamkan latar belakang dan meningkatkan titik cahaya pada bokeh. Hanya dengan satu langkah mudah, OPPO Reno8 dapat menghasilkan foto portrait dengan efek bokeh yang terlihat layaknya difoto dengan kamera DSLR.

svg%3E
Bokeh Flare Portrait

Yang menarik, tim R&D OPPO telah melatih algoritme Bokeh Flare Portrait dengan lebih dari 100 adegan, untuk meningkatkan pengenalan portrait dan kemampuan portrait cutout. Bokeh Flare Portrait terbaru menghadirkan efek bokeh yang lebih bertekstur dengan warna kulit yang lebih alami, terutama untuk gambar dengan saturasi tinggi.

Yang kedua adalah Selfie HDR. Setiap pengguna pasti pernah mengalami masalah dengan backlight saat ingin mengambil foto selfie dengan kamera depan. Reno8 mengadopsi sensor IMX709 yang dipadukan dengan fitur Selfie HDR untuk memudahkan mengambil foto selfie secara tajam, cerah, dan alami bahkan di kondisi backlight.

svg%3E

Algoritme HDR menggunakan teknologi sintesis multi-frame untuk meminimalisir cahaya berlebih dan meningkatkan detail pada area gelap. Algoritma portrait matting telah dilatih melalui database gambar portrait untuk mengidentifikasi subjek manusia dalam foto secara akurat.

Selanjutnya, algoritma bokeh mengoptimalkan segmentasi gambar untuk mengurangi kesalahan bokeh dan memastikan batas antara efek lampu bokeh dan latar belakang terlihat alami. Penyempurnaan lebih lanjut dilakukan pada bentuk dan warna bokeh flare, serta kecerahan dan warna kulit subjek.

Yang ketiga adalah Portrait Retouching, fitur kecerdasan buatan yang dilatih melalui sampel 5.000 wajah unik pada 400.000 gambar, sehingga dapat mengenali 393 titik wajah utama untuk memberikan efek kecantikan yang alami dalam foto dan video portrait, baik di kamera belakang maupun kamera depan.

svg%3E

Portrait Retouching dapat secara akurat mengenali dan menghapus noda, jerawat, bekas jerawat dan bintik, dan secara cerdas memperbaiki warna kulit dan riasan, namun tetap menjaga bagian lain yang kamu inginkan untuk tetap ada. Fitur ini juga dapat secara cerdas mengidentifikasi etnis, jenis kelamin, dan usia untuk memberikan fitur retouching yang dapat dipersonalisasi.

Harga OPPO Reno8

Itulah 3 fitur berbasis AI yang tersedia melalui kamera OPPO Reno8. Bagi yang berminat, Reno8 dijual dengan harga Rp4.999.000.

Verified by MonsterInsights