Quantcast
Kelebihan KekuranganMobile GadgetSmartphone

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno8 Z 5G

Untuk teman-teman canggih yang menginginkan seri Reno 5G terbaru namun dengan harga yang lebih terjangkau, OPPO Reno8 Z 5G merupakan pilihan yang tepat. Smartphone ini mengedepankan kemampuan kamera sebagai salah satu nilai jualnya, terutama pada fitur portrait.

Nah, jika teman-teman canggih berencana meminang Reno8 Z 5G dalam waktu dekat, ada baiknya untuk menyimak terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan OPPO Reno8 Z 5G

1. Desain mewah dengan Dual Orbit Light

OPPO Reno8 Z 5G

Tampilan eksterior Reno8 Z 5G kembali tampil menawan dengan tepian datar dan finishing OPPO Glow yang mewah. Selain mempercantik tampilan warna dengan efek gradasi yang menawan, OPPO Glow juga membantu melindungi penampang belakang ponsel ini dari goresan serta tidak mudah kotor oleh bekas jari, dan pastinya nyaman digenggam.

Teman-teman canggih juga akan menemukan Dual Orbit Light, lampu tersembunyi di bawah dua cincin dekorasi lensa kamera belakang, yang dapat menyala ketika ada notifikasi, panggilan telepon yang masuk, atau saat melakukan charging.

2. Kinerja gegas, suhu aman

OPPO Reno8 Z 5G mungkin bukan yang paling kencang di kelas harganya. Meski begitu, chipset Snapdragon 695 5G sudah tergolong mumpuni untuk mendukung beragam kebutuhan, termasuk gaming. Menariknya lagi, OPPO juga membenamkan RAM 8 GB dengan dukungan ekspansi RAM 5 GB serta storage 256 GB.

Judul-judul populer seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, COD Mobile, dan sebagainya bisa dijalankan dengan lancar pada pengaturan grafis yang tepat. Selama bermain pun manajemen suhu ponsel ini bekerja dengan baik, sehingga tidak ada panas yang mengganggu.

3. Kamera oke untuk siang dan malam hari

Di bagian belakang teman-teman canggih disuguhkan kamera utama 64 MP 1/2? f/1.7 lengkap dengan EIS dan Pixel Binning Technology untuk membantu performa low light. Selain itu ada pula kamera makro 2 MP dan depth sensor 2 MP. Bagi yang gemar selfie, terdapat kamera 16 MP f/2.4 di depan.

(mode normal) Reno8 Z 5G-Yangcanggih (5)

Reno8 Z 5G Night Mode-Yangcanggih (1)

Detail fotonya tajam, warnanya natural sesuai aslinya, dan kinerja kameranya pun responsif. Foto malam hari pun lumayan oke. Noise memang masih terlihat, namun secara keseluruhan, Night Mode OPPO Reno8 Z 5G mampu mengabadikan momen malam hari yang mirip dengan cukup baik.

Ponsel ini juga memiliki beberapa fitur pencitraan yang disempurnakan dengan kecerdasan buatan seperti AI Portrait Retouching dan Bokeh Flare Portrait. Fitur favorit pada perangkat Reno series seperti Selfie HDR, AI Palettes, dan AI Color Portrait pun tetap tersedia.

4. Baterai awet

Ponsel berbasis ColorOS 12.1 ini memiliki baterai 4.500 mAh. Ketahanannya mantap, bisa untuk seharian penuh tanpa harus khawatir kehabisan daya di tengah jalan.

5. Charging tergolong cepat

Reno8 Z 5G mengandalkan teknologi charging 33W SuperVOOC. Pengisian dayanya cepat, hanya sekitar 70 menit saja dari kondisi di bawah 10 persen sampai penuh 100 persen.

OPPO Reno8 Z 5G

6. Charger 33W SuperVOOC sudah termasuk dalam kemasan

Ya, konsumen langsung diberikan charger 33W, jadi tidak perlu beli secara terpisah.

Kekurangan OPPO Reno8 Z 5G

1. Refresh rate masih 60Hz saja

Layar Reno8 Z 5G masih menawarkan refresh rate 60Hz saja. Belum 120Hz seperti beberapa ponsel pesaing, atau setidaknya 90Hz.

2. Tidak ada kamera ultra-wide

Harus diakui bahwa ketiadaan kamera ultra-wide cukup menyulitkan ketika ingin mengambil perspektif berbeda dengan sudut pandang yang lebih luas. Alih-alih ultra-wide, OPPO justru masih menanamkan kamera makro yang menurut opini kami kurang berguna untuk pemakaian sehari-hari.

Reno8 Z 5G

3. Slot hybrid

Bukan triple slot, jadi teman-teman canggih hanya bisa memasang dua kartu SIM atau satu kartu SIM + satu microSD.

4. Speaker masih mono

Cukup disayangkan Reno8 Z 5G masih mengandalkan speaker mono saja. Padahal, kebanyakan smartphone pesaing sudah memberikan speaker stereo. Untungnya kalau teman-teman canggih punya TWS OPPO misalnya Enco Air2 Pro, ada fitur Quick Device Connect untuk bisa terhubung secara instan tanpa perlu proses pairing yang ribet.

5. Bokeh Flare Portrait tidak bisa untuk perekaman video

Bokeh Flare Portrait hanya bisa untuk foto saja, belum kompatibel untuk video.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari ponsel ini. Bagi yang berminat, OPPO Reno8 Z 5G dijual dengan harga Rp5.999.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button