Review OPPO Reno8 Z 5G

OPPO Reno8 Z 5G
OPPO Reno8 Z 5G
OPPO Reno8 Z 5G merupakan opsi yang menarik untuk teman-teman canggih yang sedang mencari smartphone kelas menengah dengan desain mewah, kamera oke, baterai awet, dan pastinya sudah mendukung 5G.
7.8
Cek Harga

OPPO Reno8 Z 5G hadir di Indonesia dengan menjadikan kemampuan portrait sebagai nilai jual utamanya. Penerus Reno7 Z 5G menjadi opsi yang cukup menarik, jika teman-teman canggih menginginkan seri Reno 5G terbaru yang harganya lebih ramah kantong.

Penasaran seperti apa keunggulannya? Yuk, langsung saja simak ulasan kami!

Desain tidak banyak berubah

Tampilan eksterior Reno8 Z 5G tidak menawarkan perubahan yang signifikan dari pendahulunya. Bahasa desainnya masih sama, namun dengan opsi warna baru yaitu Dawnlight Gold. Teman-teman canggih masih akan menemukan bingkai datar dan finishing OPPO Glow yang mewah.

OPPO Reno8 Z 5G

Bagi yang belum tahu, selain mempercantik tampilan warna dengan efek gradasi yang menawan, OPPO Glow juga membantu melindungi penampang belakang ponsel ini dari goresan serta tidak mudah kotor oleh bekas jari.

Pada Reno8 Z 5G, keseluruhan penutup belakang termasuk area kamera dibuat sejajar alias sama rata. Hanya saja, teksturnya berbeda. Area bodi utama agak kasar walaupun masih lumayan licin, sementara area kamera lebih halus dan lebih glossy. Lensa kameranya juga jadi lebih menonjol keluar.

Dual Orbit Light pun tetap tersedia. Ini adalah lampu tersembunyi di bawah dua cincin dekorasi lensa kamera belakang, yang dapat menyala ketika ada notifikasi, panggilan telepon yang masuk, atau saat melakukan charging.

Karena banyak kemiripan, tidak heran jika sensasi penggunaan yang ditawarkan Reno8 Z 5G sama dengan generasi sebelumnya. Nyaman digenggam dan dioperasikan dengan satu tangan berkat dimensinya yang pas, ramping dengan ketebalan 7,6mm, serta bobot 171 gram.

svg%3E

Yang paling menarik, Reno8 Z 5G telah lulus enam tes utama, serta lebih dari 130 tes keandalan yang sangat ketat, dan lebih dari 320 tes kualitas komprehensif di laboratorium kualitas OPPO. Lab telah diakreditasi oleh CNAS pada tahun 2020 untuk memastikan keandalan
produk OPPO.

Pengujian yang dimaksud antara lain 28.000 Micro-drop test, Uji Tahan Suhu & Kelembaban Tinggi selama 14 hari, Pengujian Daya Tahan Tombol Daya 200,000 tekanan, hingga Pengujian Daya Tahan Tombol Volume 150.000 tekanan. Itu artinya, perangkat ini terjamin durabilitasnya untuk pemakaian jangka panjang.

svg%3E

Berbeda dengan Reno8 5G, OPPO masih menyediakan port audio jack 3.5mm pada Reno8 Z 5G. Posisinya ada di bawah, berdampingan dengan port USB-C dan lubang speaker. Perlu diketahui slot ponsel ini mengadopsi konsep hybrid, yang artinya hanya bisa diisi oleh dua kartu SIM atau satu kartu SIM dengan satu microSD.

Layar sedap dipandang

OPPO Reno8 Z 5G mengusung layar AMOLED 6,4 inci dengan resolusi FHD+ dan refresh rate 60Hz. Tingkat kecerahan dan sajian warnanya amat baik sehingga sedap dipandang dalam kondisi apapun, termasuk di bawah sinar matahari yang terik.

Yang kurang kami suka adalah refresh rate-nya. Masih 60Hz saja, sementara sebagian besar ponsel pesaing di kisaran harga setara minimal sudah 90Hz. Sekadar informasi, refresh rate yang lebih tinggi bikin pengalaman bikin pergerakan gambar terlihat lebih halus, misalnya saat scrolling aplikasi atau media sosial.

Reno8 Z 5G

Meski begitu, untuk pemakaian seperti menonton film atau bermain game, layar Reno8 Z 5G tergolong baik. Warnanya kaya dan ada dukungan Eye Comfort untuk kenyamanan menatap layar dalam waktu yang lama. Always-On Display? Tentu tersedia. Pada layar ini pula OPPO menyembunyikan sensor sidik jari.

Soal audio, cukup disayangkan Reno8 Z 5G masih mengandalkan speaker mono saja. Padahal, kebanyakan smartphone pesaing sudah memberikan speaker stereo. Untungnya kalau teman-teman canggih punya TWS OPPO misalnya Enco Air2 Pro, ada fitur Quick Device Connect untuk bisa terhubung secara instan tanpa perlu proses pairing yang ribet.

Kamera bagus, tapi dengan sedikit catatan

Di bagian belakang teman-teman canggih disuguhkan kamera utama 64 MP 1/2″ f/1.7 lengkap dengan EIS dan Pixel Binning Technology untuk membantu performa low light. Selain itu ada pula kamera makro 2 MP dan depth sensor 2 MP. Bagi yang gemar selfie, terdapat kamera 16 MP f/2.4 di depan.

svg%3E

Seperti disebutkan di atas, OPPO Reno8 Z 5G kembali mengandalkan kemampuan portrait sebagai fitur jagoannya. Ponsel ini memiliki beberapa fitur pencitraan yang disempurnakan dengan kecerdasan buatan seperti AI Portrait Retouching dan Bokeh Flare Portrait. Fitur favorit pada perangkat Reno series seperti Selfie HDR, AI Palettes, dan AI Color Portrait pun tetap tersedia.

Bagaimana hasil fotonya? Menurut kami tergolong bagus di kelasnya. Detailnya tajam, warnanya natural sesuai aslinya, dan kinerja kameranya pun responsif. Foto pada kondisi cahaya yang ideal teman-teman canggih tidak akan menemukan masalah berarti untuk mendapatkan hasil foto sesuai keinginan.

(mode normal) Reno8 Z 5G-Yangcanggih (3)

(mode normal) Reno8 Z 5G-Yangcanggih (1)

(mode normal) Reno8 Z 5G-Yangcanggih (4)

(mode normal) Reno8 Z 5G-Yangcanggih (5)

(mode normal) Reno8 Z 5G-Yangcanggih (2)

Reno8 Z 5G (1)

Harus diakui bahwa ketiadaan kamera ultra-wide cukup menyulitkan ketika ingin mengambil perspektif berbeda dengan sudut pandang yang lebih luas. Alih-alih ultra-wide, OPPO justru masih menanamkan kamera makro yang bagi kami kurang berguna untuk pemakaian sehari-hari.

Sedikit membahas Bokeh Flare Portrait, walaupun disebut sudah disempurnakan dari generasi sebelumnya, kami kurang bisa menyadari seperti apa peningkatan yang dimaksud. Intinya masih bagus, asalkan kondisi cahayanya pas.

Bokeh Flare Portrait Reno8 Z 5G

Foto malam hari pun lumayan oke. Noise memang masih terlihat, namun secara keseluruhan, Night Mode OPPO Reno8 Z 5G mampu mengabadikan momen malam hari yang mirip dengan aslinya. Tidak ada peningkatan exposure yang berlebihan pada area-area yang tidak perlu.

Reno8 Z 5G Night Mode-Yangcanggih (1)

Reno8 Z 5G Night Mode-Yangcanggih (3)

2x Zoom Night Mode

Untuk urusan video kamera utama Reno8 Z 5G hanya bisa merekam hingga resolusi 1080p saja. Ya, 4K belum bisa. Bukan cuma itu, fitur Bokeh Flare Portrait pun tidak tersedia untuk mode perekaman video.

Performa gegas, baterai awet

OPPO membenamkan chipset Snapdragon 695 5G sebagai senjata utama. Meski belum sekencang pesaingnya di kelas harga yang sama, tapi chipset ini sudah bisa diandalkan untuk beragam kebutuhan termasuk gaming. Anda juga akan menemukan RAM 8 GB dengan dukungan ekspansi RAM 5 GB serta storage 256 GB.

Sesuai ekspektasi, performanya gegas untuk mendukung penggunaan sehari-hari. Beralih antar aplikasi terasa cepat, tidak ada lag. Karena punya RAM yang cukup lega, Anda yang sering membuka banyak aplikasi pun tidak akan menemukan masalah berarti. Cocok untuk yang gemar multitasking.

Bagaimana dengan kemampuan gaming? Snapdragon 695 sekilas tidak terlihat menggiurkan, tapi nyatanya, untuk bermain masih cukup memadai. Judul-judul populer seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, COD Mobile, dan sebagainya bisa dijalankan dengan lancar pada pengaturan grafis yang tepat.

Ponsel berbasis ColorOS 12.1 ini memiliki baterai 4.500 mAh dan teknologi charging 33W SuperVOOC. Sebenarnya kami berharap ada peningkatan teknologi SuperVOOC dari Reno7 Z 5G, tapi mungkin OPPO punya pertimbangannya sendiri.

Daya tahan baterainya patut diacungi jempol. Kami dapat beraktivitas seharian penuh dengan OPPO Reno8 Z 5G, tanpa harus khawatir baterai habis di tengah jalan. Pengisian dayanya pun cepat, hanya sekitar 70 menit saja dari kondisi di bawah 10 persen sampai penuh 100 persen.

Kesimpulan

OPPO Reno8 Z 5G merupakan opsi yang menarik untuk teman-teman canggih yang sedang mencari smartphone kelas menengah dengan desain mewah, kamera oke, baterai awet, dan pastinya sudah mendukung 5G. Bagi pengguna Reno7 Z 5G, kami belum menemukan alasan yang tepat untuk upgrade ke Reno8 Z 5G, karena pengalaman yang ditawarkan kurang lebih masih sama.

svg%3E

Bagi yang berminat, OPPO Reno8 Z 5G dijual dengan harga Rp5.999.000.

Kelebihan OPPO Reno8 Z 5G:

  • Desain mewah dan nyaman digenggam
  • Dual Orbit Light bikin tampilan belakang lebih unik
  • Kinerja bisa diandalkan untuk aktivitas sehari-hari
  • Kamera oke untuk siang dan malam hari
  • Suhu aman bahkan saat kerja berat
  • Baterai awet
  • Charging tergolong cepat
  • Charger 33W SuperVOOC sudah termasuk dalam kemasan

Kekurangan OPPO Reno8 Z 5G:

  • Refresh rate masih 60Hz saja
  • Tidak ada kamera ultra-wide
  • Slot hybrid
  • Speaker masih mono
  • Bokeh Flare Portrait tidak bisa untuk perekaman video

OPPO Reno8 Z 5G cocok untuk:

  • Pengguna yang aktif di media sosial: Anda yang rutin mengunggah konten di media sosial seperti Instagram bisa menjadi Reno8 Z 5G sebagai senjata untuk berkarya.
  • Karyawan: Untuk bekerja secara mobile, Reno8 Z 5G punya berbagai hal yang Anda butuhkan. Performa gesit, baterai awet, dan charging-nya juga sangat cepat jadi Anda tidak perlu khawatir kehabisan waktu saat butuh mengisi daya.
  • Pelajar/mahasiswa: Baterainya yang awet dan performanya yang seimbang menjadikan Reno8 Z 5G cocok untuk anak muda dengan segudang aktivitas.
  • Penggemar Netflix/Drama Korea: Layarnya yang sedap dipandang membuat ponsel ini cocok untuk menonton film atau drama Korea.

 

Verified by MonsterInsights