10 Cara Lebih Produktif dengan Samsung Galaxy Z Fold4

Seri Samsung Galaxy Z Fold telah terbukti mampu meningkatkan produktivitas. Maka tidak heran jika para profesional dan pebisnis amat menyukainya. Samsung Galaxy Z Fold4 kembali menegaskan hal itu dengan beragam fitur yang dapat meningkatkan produktivitas penggunanya.

Ukuran layarnya saat terbuka yang menyamai tablet ternyata memudahkan pengguna ketika harus menyelesaikan pekerjaan di jalan. Berikut 10 cara mudah untuk lebih produktif dengan Samsung Galaxy Z Fold4.

1. Buka beberapa aplikasi secara berdampingan

 

svg%3E

Ukuran layar besar Fold4 membuat Anda dapat membuka dua aplikasi sekaligus di satu layar dengan nyaman. Bahkan Anda juga dapat memasangkan dua aplikasi yang bisa dibuka sekaligus di Edge Panel.

Cara membagi layar juga mudah. Anda tinggal mengusap layar dari kiri ke kanan dengan dua jari untuk membuka aplikasi baru di jendela kedua. Pilihan aplikasi yang bisa dibuka juga variatif, mulai dari kalender dan email, PowerPoint dan Whatsapp, serta masih banyak lagi. Fitur ini menghemat banyak waktu karena Anda tidak harus bolak-balik beralih aplikasi.

Jika ingin menampilkan satu aplikasi dengan penuh, Anda tinggal menutup aplikasi yang tidak diinginkan dengan menggeser jendelanya ke arah tengah. Gesture ini mirip seperti menutup jendela geser.

2. Drag & drop antar aplikasi

svg%3E

Mirip seperti PC, Galaxy Z Fold4 mendukung drag & drop konten antar aplikasi. Jadi misalnya Anda sedang membuka Galeri Foto dan Email. Untuk mengirim gambar via email, Anda tinggal memilih gambar yang ingin dikirim dan menggesernya ke aplikasi Email. Begitu juga saat Anda ingin menyalin teks dari satu aplikasi ke aplikasi lain secara lebih cepat.

3. Beralih aplikasi dengan Taskbar

svg%3E

Dengan adanya fitur Taskbar yang lebih pintar, Anda bisa beralih aplikasi atau membuka aplikasi dalam jendela baru dengan lebih cepat. Anda juga bisa mengatur aplikasi yang ditampilkan di taskbar dengan deretan aplikasi yang diinginkan. Ditambah dengan Edge Panel, Fold4 memberikan keleluasaan bagi Anda untuk dapat bekerja cepat dengan banyak aplikasi.

4. Manfaatkan Microsoft Office

svg%3E

Secara khusus, Samsung bekerjasama dengan Microsoft untuk menghadirkan pengalaman terbaik menggunakan Microsoft Office di smartphone. Microsoft Office di Fold4 telah dioptimalkan agar dapat menampilkan dokumen dengan lebih nyaman, memanfaatkan layar ekstra lega dari Fold4. Maka tidak heran jika menggunakan Microsoft Office di Fold4 terasa identik dengan di PC berbasis Windows. Anda bisa melihat spreadsheet berukuran penuh di Excel atau dengan mudah mengatur slide di PowerPoint. Ini berarti Anda bisa bekerja di mana pun dengan lebih efektif dan efisien.

5. Buka dua browser

svg%3E

Saat mencari informasi, seringkali cara paling efektif adalah membuka dua laman sekaligus. Dengan Fold4, Anda bisa membuka dua browser sekaligus saat ingin membandingkan informasi atau membuka tautan tanpa menutup laman sumber. Trik ini juga berguna saat Anda ingin membandingkan harga barang dari dua toko yang berbeda.

6. Maksimalkan S Pen

svg%3E

S Pen terus menjadi fitur pembeda yang berguna di jajaran Galaxy Z Fold4. Gunakan S Pen untuk mencatat dengan lebih cepat saat rapat, atau saat mendapatkan ide brilian. Samsung telah merancang S Pen agar mirip seperti pena di atas kertas. Dengannya, Anda bisa membubuhkan tanda tangan atau menambahkan catatan di beragam aplikasi dengan mudah dan cepat. S Pen juga membuat memindahkan dan mengatur jendela aplikasi terasa lebih presisi.

7. Videoconference lebih nyaman

svg%3E

Desain lipat Fold4 membuatnya memiliki Flex Mode, yang membuat ponsel bisa berdiri di atas meja tanpa bantuan penyangga apa pun. Ada beberapa skenario yang bisa menggambarkan keuntungan Flex Mode, tapi melakukan videoconference merupakan skenario yang paling ideal untuk itu. Flex Mode ini juga membuat Anda bisa mencatat di layar bagian bawah dengan mudah, atau membuka catatan saat ingin berbicara.

8. Lakukan sesi whiteboard

svg%3E

Anda bisa menjelaskan ide saat brainstorm dengan lebih jelas lagi. Gunakan Samsung Notes dan S Pen untuk menuangkan ide dalam bentuk visual dengan cepat. Tim Anda dapat mengikuti penjelasan dan sketsa Anda secara real-time sehingga dapat menangkap ide Anda dengan lebih baik.

9. Menulis email

Bagi yang malas mengetik dengan keyboard virtual, Fold4 dan S Pen memberikan keleluasaan untuk menulis pesan yang ingin dikirim langsung dengan S Pen. Tulisan tangan Anda bisa langsung diubah menjadi teks. Selain lebih cepat, opsi ini juga membuat jempol Anda dapat beristirahat sejenak setelah capek dipakai mengetik.

10. Gunakan DeX dengan layar besar

svg%3E

Saat presentasi di depan beberapa orang, Anda butuh layar yang berukuran lebih besar. Tidak perlu panik jika tidak membawa laptop. Anda bisa menghubungkan Fold4 ke TV atau monitor secara wireless dengan mudah. Tambahkan mouse dan keyboard saat presentasi dan Anda serasa melakukan presentasi dengan bantuan PC.

Samsung Galaxy Z Fold4 tersedia resmi

Dengan beragam fiturnya, Samsung Galaxy Z Fold4 memang cocok digunakan sebagai teman kerja yang pintar dan setia. Selain hardware, Samsung juga telah memaksimalkan sisi software agar Fold4 bisa diandalkan untuk kalangan profesional dan pebisnis.

Galaxy Z Fold4 5G

Samsung Galaxy Z Fold4 5G sudah tersedia di Indonesia dengan harga mulai dari Rp24.999.000 untuk varian RAM 12GB dan memori internal 256GB, Rp26.999.000 untuk varian RAM 12GB dan memori internal 256GB serta Rp30.999.000 untuk varian tertinggi RAM 12GB dan memori internal 1TB. Smartphone tercanggih Samsung untuk tahun 2022 ini tersedia dalam pilihan warna Graygreen, Phantom Black, Beige dan Burgundy.

Bagi yang penasaran, bisa langsung ke gerai Samsung atau melihat jadwal pameran Foldables di akun resmi media sosial Samsung Indonesia. Bagi yang tinggal di dekat Jabodetabek bisa langsung mengunjungi Samsung Galaxy Pop-up Store 2022 di SCBD Lobby Ashta District 8, Jakarta yang diadakan mulai dari 15 September sampai dengan 15 Oktober 2022. Jika ingin membelinya, Anda bisa mengunjungi situs resmi Samsung Indonesia untuk mendapatkan keuntungan khusus seperti diskon langsung, cicilan, serta pendaftaran Samsung Care+.

(Artikel ini merupakan kolaborasi Samsung Indonesia dengan Yangcanggih.com untuk mengedukasi pecinta gadget di Indonesia)

Verified by MonsterInsights