Galaxy Z Flip4 5G Indonesia 2

Review Samsung Galaxy Z Flip4 5G

Reader Rating0 Votes
0
8.1

Produk teknologi inovatif yang baru muncul biasanya masih jauh dari sempurna. Dan itulah yang dialami seri Samsung Galaxy Z Flip. Memasuki generasi keempat, Samsung Galaxy Z Flip4 5G ini telah mengusung beragam perbaikan dan peningkatan yang didapat dari pengalaman Samsung sejak merancang Flip generasi pertama. Dan hasilnya, Flip4 mampu menjelma sebagai ponsel yang sungguh fungsional dan tidak menjual desain saja. Berikut ulasan Samsung Galaxy Z Flip4 5G setelah 1 bulan penggunaan.

Desain lebih kuat

Satu hal yang menjadi pertanyaan calon pengguna adalah ketahanan Flip4 saat digunakan dengan gaya pemakaian yang tidak terlalu hati-hati. Dari pengujian kami yang sempat menjatuhkan Flip4 beberapa kali secara tidak sengaja, ponsel lipat ini memiliki kualitas rancang bangun yang cukup kokoh.

Samsung juga telah memastikan hal itu dengan menerapkan beberapa fitur yang memperkuatnya seperti Corning Gorilla Glass Victus+ untuk membuat layar dan ponsel lebih tahan terhadap benturan dan Ultra Thin Glass yang meningkatkan ketahanan layar saat dibuka tutup.

svg%3E

Engsel juga memiliki desain baru yang lebih tipis, tapi lebih kuat. Inilah yang memungkinkan Flip4 tampil sedikit lebih ringkas dibandingkan Flip3.  Engsel yang lebih kecil ini juga membuat debu atau kerikil lebih sulit menyelip sehingga lebih aman.

Finishing bodi tidak lagi sekilap dulu, tapi masih tetap terasa mewah saat disentuh jari. Ukuran Flip4 yang ringkas saat terlipat masih menjadi nilai tambah bagi pengguna yang mengidamkan ponsel berukuran fisik mungil tapi memiliki layar cukup besar. Secara keseluruhan, ponsel ini mirip sekali dengan Flip3 tapi dengan sederetan perbaikan kecil yang membuatnya lebih handal digunakan.

svg%3E

Seperti ponsel flagship Samsung lainnya, layar Flip4 mampu menampilkan visual yang mengagumkan. Warna terlihat dalam, dengan kontras yang tinggi. Begitu juga respons layar terhadap sentuhan. Layarnya juga cocok untuk diajak main game, walaupun layarnya terlihat lebih melebar (atau memanjang) dibandingkan layar ponsel kebanyakan. Dukungan refresh rate 120Hz akan membuat pengalaman main game menyenangkan bagi game yang telah mendukung. Namun perlu diingatkan bahwa mengaktifkan refresh rate 120Hz akan membuat konsumsi baterai lebih boros.

Bagian lipatan di tengah layar akan terlihat jika Anda baru pertama kali menggunakannya untuk main game atau menonton video. Tapi begitu terbiasa, lipatan itu tidak akan terasa mengganggu. Lipatan layar ini baru mengganggu saat Anda memotret area yang terang. Akan terlihat ada area sedikit gelap yang belang di tengah layar.

Terbaik untuk selfie

svg%3E

Dengan desain lipatnya, Samsung Galaxy Z Flip4 5G merupakan salah satu ponsel terbaik untuk swafoto. Ini bukan karena kamera di bagian dalamnya yang superior, tapi karena kita dapat menggunakan kamera utama yang di luar untuk swafoto dengan lebih mudah.

Layar di cover atau Cover Screen Flip4 dapat dialihfungsikan menjadi viewfinder untuk mengatur komposisi saat Anda mengambil foto dengan kamera utamanya yang memiliki spesifikasi lebih baik. Berikut hasil swafoto dengan kamera utama yang ada di cover, tanpa melalui penyuntingan.

20220903_164226

Flip4 juga cukup oke saat digunakan mengambil foto selfie di malam hari, seperti terlihat di foto berikut.

20220903_181107

Satu keuntungan desain lipat Flip4 adalah kemudahan untuk memotret dari sudut unik yang seringkali susah diwujudkan dengan ponsel biasa. Contohnya seperti foto selfie berikut, yang bisa mudah dihasilkan hanya dengan menaruh Flip4 dalam keadaan setengah terbuka.

20220903_163316

Hasil kamera memuaskan

Untuk hasil foto dan video, Samsung Galaxy Z Flip4 5G cukup memuaskan. Hasil foto kamera utama di kondisi cahaya ideal seperti di luar ruangan terlihat amat baik, dengan detil dan warna yang menyenangkan di mata. Bahkan jika Anda memotret dari jarak cukup dekat, efek bokeh yang dihasilkan juga cukup alami. Berikut hasil foto Flip4 tanpa penyuntingan.

20220904_105832

Beralih ke kondisi minim cahaya, hasil fotonya masih termasuk bagus walaupun terlihat penurunan detil dan ketajaman jika foto dilihat dalam perbesaran 100%. Noise cukup minim dan baru terlihat kentara di area gelap. Berikut hasil foto Samsung Galaxy Z Flip4 dalam kondisi minim cahaya.

20220903_181042

20220903_181230

Untuk kondisi cahaya di dalam ruangan, hasilnya cukup baik. Kami berhasil mendapatkan foto makanan yang mengundang selera dengan kamera utama Flip4 seperti terlihat di foto berikut yang tidak disunting sama sekali.

20220908_164701

Tentunya untuk hasil yang optimal, Anda juga harus memperhatikan pencahayaan.

20220923_202101

20220903_194556

Tidak ada kejutan untuk hasil kamera ultra lebarnya. Seperti ponsel lainnya, hasil foto dengan kamera ultra lebarnya masih di bawah kamera utama, walaupun tidak terlalu jauh. Distorsi juga cukup kentara jika foto diambil dari sudut atas atau bawah, tapi wajib dimaklumi mengingat jarak focal kamera ultra lebar Flip4 ini tergolong amat lebar.

Berikut perbandingan foto dengan kamera ultra lebar dan kamera normal.

ultra wide

normal

Hasil rekaman video Flip4 juga mumpuni bagi para pengguna yang ingin menciptakan konten menarik dengannya. Selain dapat merekam video 4K UHD hingga 60fps, Flip4 juga mendukung video Hyperlapse 4K dan Super Slow motion 960fps (720p) yang mendukung untuk pembuatan konten lebih menarik seperti berikut.

super slow motion

Dengan desain lipatnya, Flip4 lebih mandiri dibanding ponsel lain yang akan lebih sering membutuhkan tripod. Ponsel ini juga telah dilengakpi VDIS (Digital Image Video Stabilization) agar hasil rekaman video tetap stabil saat pengguna merekam sambil berjalan atau saat melakukan panning seperti berikut.

video Full HD

Performa kencang, daya tahan baterai kurang

svg%3E

Dari sisi spesifikasi, Samsung Galaxy Z Flip4 5G mengandalkan prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Plus Gen 1 (4nm) dan RAM LPDDR5 8GB yang cepat. Hasilnya, Flip4 terasa ngebut saat diajak main game dan melakukan tugas lainnya. Saat bekerja penuh seperti memutar game atau merekam video 4K, bodi Flip4 akan terasa panas. Tapi masih dalam kategori wajar yang masih nyaman digunakan.

Samsung Galaxy Flip4 telah mengemas baterai berkapasitas 3700mAh, meningkat sekitar 20 persen dibandingkan Flip3. Namun bagi pengguna yang aktif merekam foto atau main game, Flip4 hanya akan bisa bertahan sekitar 7 jam. Untuk pengguna yang lebih aktif mengakses media sosial dan chatting, Flip4 mampu bertahan sekitar 9 jam. Catatan waktunya ini masih di bawah rata-rata smartphone Android di kelasnya yang mampu bertahan lebih dari 11 jam. Jadi bagi pengguna yang membutuhkan daya tahan baterai sepanjang hari, tampaknya harus berbekal powerbank atau selalu membawa charger saat beraktivitas.

Smartphone lipat ringkas terbaik

Mencermati semua ponsel lipat dari semua pabrikan, kami menemukan lebih banyak ponsel lipat dengan desain ala Fold4 yang mengusung layar besar dengan bodi yang berat. Bahkan untuk Indonesia, tidak ada ponsel lipat yang mirip dengan Flip4. Di Amerika Serikat , hanya ada Motorola Razr 5G yang memiliki konsep desain identik dengan Flip4.

svg%3E

Jika dibandingkan dengan Flip3, Flip4 kini tampil dengan desain senada tapi dengan kenyamanan dan kepraktisan pemakaian yang lebih baik. Baterai yang lebih besar, walaupun daya tahannya masih di bawah harapan kami, menjadi salah satu hal kunci untuk kenyamanannya. Begitu juga dengan kekuatan fisiknya yang lebih baik. Performa dan kameranya juga meningkat, walaupun masih di bawah Samsung Galaxy S22+ yang harganya mirip.

Kami berharap Samsung akan segera mengadopsi konsep desain ini untuk pasar yang lebih mainstream, dengan spesifikasi yang diturunkan, sehingga lebih banyak pengguna bisa mencobanya. Untuk sekarang, Samsung Galaxy Z Flip4 kami rekomendasikan bagi Anda yang mencari ponsel ringkas dengan desain menarik, kamera oke, serta bodi yang tahan air.

Kelebihan Samsung Galaxy Z Flip4

+ Desain lebih kuat dan sedikit lebih ringkas dibanding versi terdahulu

+ Kinerja gegas untuk beragam tugas

+ Kualitas tampilan layarnya amat baik, setara dengan ponsel flagship Samsung lainnya

+ Kualitas kamera utama di cover amat baik

+ Cover Screen fungsional

+ Desain lipat memudahkan pengambilan foto dan video dari berbagai sudut tanpa bantuan tripod

+ Aksesori unik dan melimpah

+ Harga masih sama dengan Flip3

Kekurangan Samsung Galaxy Z Flip4

– Daya tahan baterai masih di bawah rata-rata

– Kualitas kamera dalam hanya setara dengan ponsel kelas menengah

– Bodi ponsel agak panas saat bermain game atau mengambil foto/video terlalu lama

Aspect ratio layar yang memanjang membuat keyboard virtual terasa lebih sempit dari ponsel Android biasa

 

Siapa yang cocok menggunakan Samsung Galaxy Z Flip4?

Fashionista

Mereka yang peduli akan fashion dan ingin menjadikan ponsel sebagai salah satu aksesori fashion sehar-hari mereka akan cocok memakai Flip4. Apalagi mengingat aksesori Flip4 yang unik dan kreatif dijamin membuat mereka tampil beda dan lebih atraktif.

Pencipta konten

Bagi yang suka membuat konten untuk YouTube, Instagram, TikTok atau media sosial lain, kualitas kamera Flip4 masih bisa diandalkan. Tapi yang terpenting, desain lipat Flip4 akan memicu kreativitas penggunanya untuk menciptakan konten dari sudut yang sulit diwujudkan dengan ponsel berdesain konvensional. Hanya saja, pastikan Anda membawa powerbank jika ingin berlama-lama membuat konten foto dan video.

Gamer

Walaupun menawarkan kinerja cepat, Flip4 tidak dioptimalkan untuk main game. Aspect ratio yang terlalu lebar bisa disukai atau dibenci penggunanya saat main game, tapi setidaknya hampir semua game akan dimainkan dengan mulus di ponsel ini.

Pelancong

Menangkap momen saat liburan dengan Flip4 termasuk menyenangkan. Selain ukurannya ringkas sehingga tidak memenuhi saku celana atau tas, Flip4 juga memiliki kamera dengan hasil foto dan video yang menawan. Bagi yang ingin membawanya jalan-jalan, pastikan Anda membawa powerbank agar tidak kehabisan baterai di tengah perjalanan. Jika tidak ingin membawa powerbank, pastikan Anda hanya mengaktifkan aplikasi yang esensial selama perjalanan saja dan tidak menggunakannya untuk main game saat di jalan agar tidak mudah kehabisan baterai.

Pekerja profesional

Bagi pekerja profesional atau pebisnis yang ingin tampil beda, Flip4 dapat jadi pilihan. Ukuran ringkas dan kinerja kencang dapat jadi modal yang baik untuk pengguna di kalangan bisnis. Tentunya jika daya tahan baterainya masih bisa diterima.

 

 

 

 

 

 

svg%3E
Review Samsung Galaxy Z Flip4 5G
Jika dibandingkan dengan Flip3, Flip4 kini tampil dengan desain senada tapi dengan kenyamanan dan kepraktisan pemakaian yang lebih baik. Baterai yang lebih besar, walaupun daya tahannya masih di bawah harapan kami, menjadi salah satu hal kunci untuk kenyamanannya. Begitu juga dengan kekuatan fisiknya yang lebih baik. Performa dan kameranya juga meningkat, walaupun masih di bawah Samsung Galaxy S22+ yang harganya mirip. Samsung Galaxy Z Flip4 kami rekomendasikan bagi Anda yang mencari ponsel ringkas dengan desain menarik, kamera oke, serta bodi yang tahan air.
Desain
9
Fitur & Performa
8.5
Hasil Foto & Video
8
Harga
7
Reader Rating0 Votes
0
8.1
Verified by MonsterInsights