ASUS Segera Luncurkan Rangkaian Kartu Grafis RTX 4090 dan RTX 4080 di Indonesia

ASUS Indonesia mengumumkan segera memboyong kartu grafis ROG Strix dan TUF Gaming dari lini GPU Nvidia GeForce RTX 40 Series. Dalam waktu dekat, gamer dan konten kreator di Tanah Air bisa menikmati rangkaian kartu grafis RTX 40 Series dari ASUS, yaitu RTX 4090 24 GB, RTX 4080 16 GB, dan RTX 4080 12 GB.

ASUS ROG Strix GeForce RTX 4090

RTX 4090

Dalam keterangan tertulis yang diterima Yangcanggih, Jumat (7/10), ASUS menjelaskan bahwa salah satu kartu grafis yang bakal mereka luncurkan di Indonesia adalah ROG Strix GeForce RTX 4090. Seri tertinggi ini dirancang untuk menampilkan resolusi ultra-high atau refresh rate super cepat.

Sistem pendingin menjadi prioritas utama bagi ASUS, untuk dapat mengeluarkan performa terbaik dari ROG Strix GeForce RTX 4090. Kartu grafis setebal 3,5-slot ini terdiri dari frame metal die-cast, shroud, dan backplate. ROG Strix GeForce RTX 4090 memiliki struktur ultra-rigid yang terbuat dari lapisan frame dengan kalkulasi ketat untuk mencegah PCB longgar atau melengkung.

Menurut ASUS, struktur ultra-rigid tersebut juga memungkinkan aliran udara yang lancar dan tanpa hambatan, berkat pass-through vent yang diperbesar di bagian belakang. Sekadar informasi, kartu grafis ini panjangnya mencapai 357 mm. ROG Strix GeForce RTX 4090 didesain dengan vapor chamber yang baru dan permukaan heatsink 30% lebih luas dibanding ROG Strix GeForce RTX 3090.

ASUS mengklaim, ketika mengalami beban thermal sebesar 500 watt, desain ini dapat menurunkan suhu hingga 5 derajat Celcius daripada desain vapor chamber konvensional. ASUS juga meningkatkan kualitas kipas Axial-tech. Dengan desain yang lebih tebal, ROG Strix GeForce RTX 4090 menghadirkan tujuh bilah kipas dan full barrier ring yang memberikan aliran udara 23,8% lebih banyak serta tekanan udara 19,3% lebih tinggi daripada kipas generasi sebelumnya.

ASUS TUF Gaming GeForce RTX 4090

svg%3E

TUF Gaming GeForce RTX 4090 memiliki desain yang sedikit lebih tebal (3,65-slot) dari versi kembarannya, namun dengan ukuran sedikit lebih pendek yaitu 348 mm. Menurut ASUS, hal itu dimaksudkan untuk kompatibilitas casing yang lebih luas, serta kinerja, pendinginan, dan
manajemen daya yang baik.

svg%3E

Kartu grafis ini menggunakan shroud unibody die-cast yang terhubung langsung ke backplate berbahan aluminium. Logo TUF akrilik 3D yang diperbarui di sepanjang shroud dilengkapi dengan pencahayaan ARGB yang kompatibel dengan Aura Sync. Sementara ventilasi besar di tepi backplate memungkinkan lebih banyak udara mengalir melalui fins dari kipas Axial-tech yang berukuran lebih besar.

Meskipun tidak menggunakan desain vapor chamber yang sama dengan ROG Strix, TUF Gaming GeForce RTX 4090 didukung lima heatpipe 8 mm dan tiga heatpipe 6 mm, dengan area kontak yang 35% lebih lebar dibandingkan dengan TUF Gaming GeForce RTX 3090.

ASUS ROG Strix GeForce RTX 4080 16GB

svg%3E

ROG Strix GeForce RTX 4080 16GB memiliki desain pendingin setebal 3,5 slot serta menggunakan frame metal die-cast, shroud, dan pelat belakang yang sama dengan ROG Strix GeForce RTX 4090. Dengan panjang 357 mm, ROG Strix GeForce RTX 4080 16GB menawarkan heatsink yang besar untuk pembuangan panas yang lebih optimal serta backplate dengan ventilasi yang diperbesar untuk mengalirkan udara.

Kartu grafis ini dilengkapi dengan lampu belakang ARGB yang terhubung dengan pencahayaan PC melalui Aura Sync. Terdapat dua header FanConnect II yang menawarkan kontrol kipas casing melalui software GPU Tweak III. Selanjutnya, switch Dual BIOS menawarkan pilihan antara kinerja maksimum dan akustik yang senyap.

ASUS TUF Gaming GeForce RTX 4080 16GB

Terakhir, TUF Gaming GeForce RTX 4080 16GB, menawarkan shroud unibody die-cast dan blackplate berbahan aluminium untuk melindungi PCB di bawahnya. Selain itu, kartu grafis ini juga dilengkapi dengan heatsink setebal 3,65 slot yang lebih tebal dari varian Strix yang lain, tetapi juga lebih pendek 9mm untuk kompatibilitas casing yang lebih luas.

Jadwal ketersediaan

Selain beberapa kartu grafis di atas, ASUS Indonesia masih memiliki opsi lainnya yaitu ROG Strix GeForce RTX 4080 12GB dan TUF Gaming GeForce RTX 4080 12GB. Sayangnya belum ada informasi soal kapan pastinya semua kartu grafis ini tersedia di toko-toko di Indonesia dan berapa harganya.

Verified by MonsterInsights