Hadir di Reno8 Series, Dynamic Computing Engine ColorOS 13 Janjikan Kelancaran Penggunaan Jangka Panjang

Pengguna OPPO Reno8 Series segera bisa menikmati update ColorOS 13 Beta dalam waktu dekat. Yang menarik, sistem operasi terbaru ini dijanjikan dapat memberi kelancaraan penggunaan untuk jangka panjang, berkat sederet fitur unggulannya. Apa saja?

Dynamic Computing Engine di ColorOS 13

Dalam keterangan tertulis yang diterima Yangcanggih, Selasa (4/10), OPPO menjelaskan bahwa ColorOS 13 dibekali teknologi bernama Dynamic Computing Engine. Ini adalah pusat komputasi tingkat sistem yang menggunakan Computing Power Model untuk mengalokasikan sumber daya perangkat keras secara efektif dan akurat.

ColorOS 13

Menurut OPPO, meskipun ada peningkatan besar pada RAM dan ROM smartphone selama sepuluh tahun terakhir, masalah seperti kecepatan saat membuka aplikasi, peralihan antar aplikasi yang lambat, suhu smartphone yang terlalu panas, dan konsumsi daya tinggi masih menjadi perhatian utama pengguna. Dynamic Computing Engine diyakini mampu menjadi solusi masalah tersebut.

Dengan mengoptimalkan empat teknologi komputasi (Parallel Computing, High-Performance Computing, Device-Cloud Collaborative Computing, dan Intelligent Computing), Dynamic Computing Engine memberikan pengalaman penggunaan yang lebih lancar dan stabil bahkan dalam jangka waktu yang lebih panjang pada perangkat OPPO.

Teknologi in menggabungkan perangkat keras dan perangkat lunak untuk menghadirkan kinerja dan efisiensi yang maksimum. Sedangkan teknologi Computing Power Model dan Parallel Computing Engine diimplementasikan untuk membantu memecahkan masalah kinerja yang terkait dengan alokasi sumber daya yang tidak efisien dan konflik alokasi memori.

svg%3E

Apa itu Computing Power Model?

Singkatnya, Computing Power Model secara akurat menjadwalkan sumber daya komputasi baik dari CPU, GPU, dan DDR. Setiap kali smartphone membuka permainan atau membuka aplikasi kamera, CPU hanya berperan sebagai ‘asisten’ dibanding mengalokasikan sumber dayanya untuk tugas ringan ini. Computing Power Model dapat mengurangi konsumsi daya dan memperpanjang masa pakai baterai.

svg%3E

Apa itu Parallel Computing?

Sementara Parallel Computing menjadi solusi dalam memecahkan konflik alokasi memori. ColorOS mengadopsi desain mikrokernel canggih yang menjalankan operasi alokasi memori dan pengambilan kembali memori secara paralel. Dengan membagi memori yang terkunci menjadi blok yang lebih kecil, CPU dapat bekerja lebih optimal untuk menghasilkan lebih
sedikit waktu jeda.

Lancar untuk penggunaan jangka panjang

OPPO mengklaim bahwa segala teknologi pada ColorOS 13 dapat memberikan kelancaran untuk penggunaan jangka panjang. Yang tidak kalah menarik, ColorOS 13 memiliki fitur Multi-Screen Connect yang mendukung konektivitas tanpa batas antara OPPO Reno8 Series 5G dan OPPO Pad Air, atau antara OPPO Reno8 Series 5G dan PC/laptop. Dengan fitur OPPO Share, Multi-Screen Connect juga membuat transfer file antar perangkat lebih cepat dan nyaman tanpa menggunakan data seluler.

Reno8 Pro 5G

Terkait jadwal update, Reno8 Pro 5G akan mendapatkan ColorOS 13 versi Beta pada September, disusul dengan Reno8 5G pada bulan Oktober dan ditutup Reno8 Z 5G dan Reno8 pada bulan Desember 2022. OPPO kemudian akan terus menghadirkan ColorOS 13 ke lebih dari 20 perangkat mulai tahun 2023.

Verified by MonsterInsights