Mengenal Dimensity 1300, Chipset Andalan OPPO Reno8 5G yang Kencang dan Irit Daya

OPPO Reno8 5G memang bukan varian tertinggi di keluarga Reno8 Series yang hadir di Indonesia tahun ini. Di atasnya masih ada Reno8 Pro 5G. Meski begitu, dari segi hardware Reno8 5G tidak kalah menggiurkan dibanding saudaranya. Tak cuma soal kamera, tetapi juga chipset yang menjadi senjata utama dalam memberikan performa kencang di segala kebutuhan.

OPPO Reno8 5G

 

Bagi yang belum tahu, Reno8 5G mengandalkan chipset MediaTek Dimensity 1300. Kemampuan komputasinya tidak perlu diragukan lagi. Yang lebih menarik, walaupun tergolong chipset kelas atas yang kencang, konsumsi dayanya justru lebih efisien.

Penasaran? Yuk, kita kenali lebih jauh seperti apa keunggulan Dimensity 1300!

Chipset 6nm dengan performa gaming mumpuni

Dimensity 1300 jelas bukan chipset sembarangan. Mengusung proses fabrikasi 6nm yang canggih, chipset ini memiliki CPU octa-core yang terdiri dari 4-core Cortex-A78 dengan 1-core Ultra 3GHz dan 3-core Super 2.6GHz, serta 4-core Cortex-A55 yang semuanya berfungsi sebagai core hemat daya dengan kecepatan hingga 2GHz. Untuk urusan grafis, ada GPU 9-core Mali-G77 MC9.

Kalau dibandingkan dengan chipset yang digunakan pada perangkat sebelumnya, Reno7 5G, peningkatannya tergolong amat signifikan. Performa CPU-nya 40 persen lebih kencang, sementara performa grafisnya meningkat hingga 106 persen.

svg%3E

Selain itu, Dimensity 1300 juga memiliki performa AI 80 persen lebih baik dari generasi terdahulu. Dengan semua keunggulan tersebut, chipset andalan Reno8 5G itu justru lebih irit daya dibanding chipset pada Reno7 5G, dengan peningkatan efisiensi mencapai 20 persen.

svg%3E

Terbukti, sejauh pengujian Yangcanggih.com yang menggunakannya sebagai daily driver, Reno8 5G mampu menemani aktivitas kami hingga seharian penuh tanpa pernah kehabisan daya di tengah jalan. Padahal, kami cukup intens memakainya untuk keperluan seperti chatting, media sosial, menonton YouTube, memotret atau merekam video, dan sesekali bermain game.

Kinerja Reno8 5G terasa sangat gesit. Semua aplikasi bisa dijalankan dengan lancar tanpa lag. Gaming pun memuaskan. Game berat seperti Genshin Impact bisa dimainkan dengan mulus pada setting grafis Highest dan mode 60 FPS aktif. eFootball 2023 dengan setting grafis High dan mode 60 FPS akitf berjalan stabil di kisaran kisaran 59-60 FPS.

svg%3E

Selama bermain pun kami tidak pernah merasakan panas berlebih. Chipset yang ngebut ini disandingkan dengan sistem pendingin canggih bernama Super-conductive VC Liquid Cooling System. Menurut OPPO, area pendinginannya meningkat 16,8 persen dibandingkan perangkat terdahulu, atau sekitar 2,5 kali lebih besar dan 1,5 kali lebih efisien dalam menurunkan suhu pada Reno8 5G.

svg%3E

Frame bagian tengahnya mengandalkan material super-conductive aluminum alloy yang menghadirkan daya konduksi lebih optimal. Hasilnya, ketika diajak melakukan pekerjaan berat seperti main game pun suhu pada OPPO Reno8 5G tetap aman dan kinerjanya selalu stabil.

Sedikit membahas konektivitas, Dimensity 1300 sudah mendukung jaringan 5G. MediaTek membekalinya dengan fitur 5G UltraSave untuk menghemat daya baik ketika menggunakan jaringan 5G Standalone maupun non-Standalone. Jadi untuk teman-teman canggih yang berada di kawasan dengan jangkauan jaringan 5G, tidak perlu khawatir mengaktifkan 5G bakal bikin baterai boros.

Harga OPPO Reno8 5G

Meskipun OPPO tidak pernah sesumbar menyebut Reno8 5G sebagai ponsel gaming, harus diakui smartphone ini merupakan salah satu perangkat yang bisa diandalkan oleh para gamer. Performanya kencang, stabil, suhunya aman, dan konsumsi dayanya lebih efisien.

Di Indonesia, OPPO Reno8 5G dijual dengan harga Rp7.999.000. Ada dua varian warna yang tersedia, yaitu Shimmer Gold dengan efek gradien yang mewah serta Shimmer Black yang elegan.

Verified by MonsterInsights