Quantcast
2-in-1 notebookKomputerLaptopNewsProduct NewsTech NewsUltraportable

Kisah 25 Tahun Petualangan Laptop ASUS Ke Luar Angkasa

Merayakan perjalanan 25 tahun laptop ASUS setelah berangkat ke stasiun ruang angkasa MIR, ASUS memperkenalkan Zenbook 14X OLED Space Edition. Ini adalah laptop edisi khusus dengan tema luar angkasa yang unik, untuk memperingati semangat eksplorasi manusia ke luar angkasa.

Semua ini bermula di tahun 1997, dengan laptop ASUS P6100 berhasil terpilih sebagai perangkat pendukung untuk misi di stasiun luar angkasa MIR. Dalam misi tersebut, ASUS P6100 terbukti mampu bertahan di lingkungan gravitasi mikro yang penuh dengan radiasi kosmik selama 600 hari tanpa masalah. Laptop ini juga menjadi tonggak sejarah bagi ASUS untuk terus mengedepankan inovasi serta kualitas.

ASUS ZenBook Pertama

Beralih ke tahun 2011, ASUS pertama kali memperkenalkan seri ZenBook pertama dengan ZenBook UX31. Laptop tersebut hadir dengan konsep desain “Zen Garden” yang memiliki guratan melingkar. ASUS ZenBook UX31 juga sekaligus menjadi salah satu laptop Ultrabook pertama dari ASUS yang berhasil memenangkan dua penghargaan yaitu iF Design Award dan Good Design Award.

ASUS Zenbook UX301

Di tahun 2013, ASUS memperkenalkan ZenBook UX301 yang merupakan laptop pertama di dunia dengan layar Gorilla Glass 3. Setahun kemudian di tahun 2014, ASUS menghadirkan ZenBook Pro pertama yang menggunakan GPU NVIDIA GeForce GTX serta layar 15,6-inci beresolusi 4K UHD. Berlanjut di tahun 2015, ASUS memperkenalkan ZenBook UX305 yang hingga saat ini masih menjadi laptop ZenBook dengan jumlah penghargaan terbanyak.

asus ux360ca 1

ZenBook pertama dengan desain convertible yang fleksibel hadir di tahun 2016, dalam wujud ZenBook UX360. Selain ZenBook UX360, di tahun yang sama ASUS juga memperkenalkan ZenBook 3 (UX390) yang dibangun dari bodi berbahan “6013” aerospace-grade aluminium. ZenBook pun hadir sebagai lini produk premium sekaligus barometer bagi laptop ASUS lainnya.

Untuk menyokong tren mobile computing yang semakin digemari, ASUS memperkenalkan ZenBook Flip S (UX370) di tahun 2017 dan ZenBook 13 (UX331UAL) di tahun 2018. ZenBook Flip S (UX370) masih menjadi laptop convertible paling tipis di dunia hingga saat ini serta yang pertama mengadopsi fitur ErgoLift.

ZenBook 13 (UX331UAL) sendiri merupakan seri ZenBook paling ringan hingga saat ini dengan bobot hanya 985 gram. Tidak hanya itu, laptop tersebut juga dibekali chassis yang sangat kokoh dan merupakan ZenBook pertama yang mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810G).

Inovasi di Era Mobile Productivity

Mendekati tahun 2020, laptop tampil tidak hanya sebagai sekadar perangkat kantoran, namun semakin dituntut untuk dapat membuat penggunanya lebih produktif dalam berbagai hal. Kebutuhan akan laptop yang portabel dan powerful pun semakin tinggi, namun ASUS berhasil tampil selangkah lebih maju melalui laptop layar ganda.

ZenBook Pro 15 (UX580) merupakan seri ZenBook pertama yang mengadopsi ScreenPad, yaitu layar kedua yang juga berfungsi sebagai layar kedua. ScreenPad juga dilengkapi dengan berbagai fungsi ekstra seperti dapat terintegrasi dengan aplikasi Microsoft Office hingga Spotify.

Kehadiran ScreenPad menandakan era baru mobile computing, yaitu perangkat penyokong aktivitas tersebut tidak hanya harus mudah untuk dibawa tetapi juga memiliki fitur khusus untuk menyokong produktivitas.

screenpad plus 5

Tahun 2019, ASUS kembali menghadirkan inovasi berupa ScreenPad Plus. Sesuai dengan namanya, ScreenPad Plus merupakan layar kedua yang ukurannya lebih besar dari ScreenPad dan diposisikan tepat di bawah layar utama yang sejajar dengan keyboard, sehingga memungkinkan penggunanya menikmati ruang kerja yang lebih luas. ScreenPad Plus pertama kali hadir di ZenBook Pro Duo 15 (UX581) dan ZenBook Duo 14 (UX481).

ScreenPad Plus terbukti memiliki banyak potensi untuk dikembangkan menjadi fitur yang dapat meningkatkan produktivitas penggunanya. Di tahun 2021, ASUS memperkenalkan fitur Control Panel untuk ScreenPad Plus. Fitur yang terintegrasi langsung dengan aplikasi kreatif populer dari Adobe tersebut memungkinkan ScreenPad Plus diubah menjadi panel kontrol virtual yang dapat dikustomasi. ASUS juga menghadirkan pembaruan pada fitur Screen Xpert di ScreenPad Plus sehingga memiliki antarmuka yang lebih modern, simpel, dan mudah digunakan.

Mengenal Zenbook 14X OLED Space Edition

ASUS Zenbook 14x OLED Space Edition

ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition yang sudah hadir di Indonesia merupakan laptop edisi khusus dengan tema luar angkasa yang unik yang sekaligus menandakan perjalanan panjang 25 tahun laptop ASUS setelah berangkat ke stasiun ruang angkasa MIR.

Sesuai temanya tersebut, laptop ini hadir dalam warna Zero-G Titanium yang sering ditemukan di berbagai wahana antariksa. Satu keistimewaannya, ASUS juga merancang Zenbook 14X OLED Space Edition agar memiliki space-grade durability. Laptop ini mampu lolos uji ketahanan ekstrem US Space Systems Command Standard (SMC-S-016A) yang di antaranya adalah uji operasional pada suhu 61C dan -24ºC.

Fitur istimewa lainnya dapat dilihat di cover laptop ini. ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition memiliki ZenVision, sebuah layar berukuran 3,5-inci yang berada di cover. ZenVision hadir seperti jendela pada wahana antariksa dan stasiun luar angkasa yang memungkinkan penumpangnya untuk melihat ke arah kosmik yang luas. Anda bisa mengatur tampilan ZenVision melalui preset dan mode animasi yang telah disediakan. Sejauh ini, belum ada laptop selain Zenbook 14X OLED Space Edition yang hadir dengan ZenVision.

Selain memiliki desain yang istimewa, Zenbook 14X OLED Space Edition juga punya performa kencang. Laptop ini ditenagai prosesor Intel Core Gen 12 dan memori LPDDR5 berkecepatan tinggi. Zenbook 14X OLED Space Edition juga dibekali penyimpanan kencang PCIe Gen4 SSD serta konektivitas paling modern.

Untuk layar, laptop ini menggunakan layar berteknologi ASUS OLED. Bahkan inilah laptop pertama di dunia dengan layar OLED 14 inci yang beresolusi 4K. Selain mampu menampilkan warna yang kaya dan akurat, memiliki dukungan teknologi HDR, hingga response time yang sangat kencang, layar ASUS OLED juga dapat melindungi kesehatan mata dalam jangka waktu panjang melalui fitur low-blue light dan anti-flicker.

Informasi lebih lanjut mengenai ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition bisa dibaca di artikel ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button