Quantcast
KomputerMotherboardNews

ASUS Indonesia Luncurkan Rangkaian Motherboard X670E untuk AMD Ryzen 7000 Series

ASUS Indonesia memastikan bakal memboyong motherboard X670E terbarunya untuk mendampingi lini prosesor generasi paling anyar dari AMD, yaitu seri Ryzen 7000. Menurut ASUS, rangkaian motherboard ini ditujukan untuk berbagai kebutuhan pengguna yang berbeda-beda, mulai dari kalangan profesional, enthusiast, hingga gamer.

Pilihan motherboard X670E dari ASUS

motherboard X670E
ROG Crosshair X670E Hero

Dalam keterangan tertulis yang diterima Yangcanggih, Kamis (29/9), ASUS menjelaskan bahwa mereka akan merilis 10 varian motherboard X670E yang terdiri dari seri ROG, ROG Strix, TUF Gaming, Prime, dan seri ProArt. Semuanya ideal untuk dipasangkan dengan prosesor AMD Ryzen 7000 Series yang menggunakan fabrikasi 5nm dan arsitektur Zen 4.

“Dengan berbagai fitur-fitur eksklusif, seperti Dynamic OC Switcher dan Core Flex, Motherboard ASUS akan selalu dapat diandalkan baik saat Anda sedang ingin berkarya, bekerja, ataupun saat ingin menghabisi lawan-lawan Anda ketika bermain game,” Ungkap Maria Christyfera, Country Product Manager ASUS Indonesia.

10 varian motherboard X670E dari ASUS yang akan tersedia di Indonesia antara lain ROG Crosshair X670E EXTREME, ROG Crosshair X670E HERO, ROG Crosshair X670E GENE, ROG Strix X670E-E GAMING WIFI, ROG Strix X670E-F GAMING WIFI, ROG Strix X670E-A GAMING WIFI, ROG Strix X670E-I GAMING WIFI, TUF GAMING X670E-PLUS WIFI, PRIME X670-P WIFI-CSM, dan ProArt X670E-CREATOR WIFI.

Fitur unggulan

Dari sekian banyak pilihan motherboard terbaru ASUS, ROG Crosshair X670E Hero adalah salah satu seri tertingginya. Motherboard ini dibekali dengan 4 slot DDR5 DIMM (Dual Channel Mode), 5 slot M.2 untuk SSD NVMe (2 di antaranya mendukung PCIe 5.0 x4), 2 buah slot PCIe 5.0 x16, 9 slot USB 3.2, Wi-Fi 6E, dan Bluetooth v5.2.

Crosshair X670E Hero memiliki 22 Power Stage dengan 110A dan Extreme VRM. Selain itu, ASUS juga menambahkan Polymo Lighting di bagian pendingin Power Phase-nya. Buat para pengguna enthusiast, Crosshair X670E Hero dilengkapi dengan tombol Clear CMOS dan BIOS FlashBack di bagian backpanel untuk memudahkan bereksperimen memacu PC.

Fitur Dynamic OC Switcher menawarkan 2 jenis overclocking yang bisa dilakukan dengan mudah. Opsi pertama adalah dengan manual OC untuk meningkatkan Multi Thread Performance seperti saat rendering video ataupun pekerjaan berat lainnya.

Sedangkan opsi overclocking kedua adalah lewat fitur AMD PBO (Precision Boost Overdrive) yang lebih efektif untuk meningkatkan Single Thread Performance, misalnya saat sedang bermain game. Dynamic OC Switcher mengizinkan motherboard untuk berganti-ganti mode overclocking secara otomatis sesuai dengan beban yang sedang dikerjakan.

ProArt X670E Creator WiFi 1
ProArt X670E-Creator WiFi (image: ASUS)

Seri motherboard X670E unggulan lainnya adalah ProArt X670E-CREATOR WIFI. Diciptakan untuk para kreator, motherboard ini dibekali dengan VRM heatsink yang dapat menjaga suhu agar tetap dingin meski digunakan berjam-jam dan Power Stage 16+2 (70A) untuk menjamin kelancaran daya meski sedang menangani beban berat.

Pengguna disuguhkan 3 kelas slot High-Speed USB, yaitu 40Gbps, 20Gbps, dan 10Gbps (masing-masing 2 slot di bagian back panel). Di lokasi yang sama, ProArt X670E-CREATOR WIFI juga menawarkan 3 slot USB Type-C. Koneksi nirkabelnya adalah Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.2. Sedangkan untuk jaringan dengan kabel, ada dua slot LAN yang disediakan yaitu LAN 10Gbps dan 2,5Gbps.

Tampil dengan desain yang bersih dan elegan, motherboard ini juga dilengkapi dengan 2 slot PCIe Gen 5 dan 4 slot M.2 (2 slot untuk M.2 Gen 5). Fitur Q-Design pun tersedia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button