Review Victus by HP 16-e0094AX

8.3

Laptop gaming kelas menengah di tahun ini cukup mencuri perhatian. Performanya semakin kencang. Paling penting sederetan fitur unggulan laptop gaming premium kini mulai diadopsi ke laptop gaming kelas menengah. Victus by HP 16 adalah salah satunya. Bagaimana kebolehan laptop gaming ini? Simak ulasannya sebagai berikut.

Victus by HP 16-e0094AX

Desain HP Victus 16-e0094AX

Lini Victus disiapkan HP untuk menggantikan Pavilion Gaming 15 sebelumnya. Sebagai pengganti cukup banyak pembaruan yang dibawanya.

Victus by HP 16-e0094AX

Menurut kami, Victus datang dengan menggabungkan DNA dua laptop gaming HP yakni OMEN dan Pavilion Gaming 15. Desain minimalisnya mirip dengan lini OMEN. Sementara, di bagian dalam area keyboard mirip dengan Pavilion Gaming 15.

Di balik panel layarnya HP menyematkan logo V sebagai identitas Victus. Tampilannya juga lebih segar dengan lapisan warna Performance Blue. Cukup disayangkan permukaan bodinya ini rawan kotor dengan jejak jari. Jadi, harus sering dibersihkan.

Dari segi dimensi Victus by HP 16 sedikit lebih bongsor jika dibandingkan Pavilion Gaming 15. Bobotnya yang sekitar 2,46 Kg juga sedikit lebih berat. Laptop ini memang kurang ideal untuk diajak mobilitas.

Port konektivitasnya tergolong komplit. Port di sisi kiri terdiri dari port power, RJ-45, HDMI 2.1, USB Type-A Super Speed, USB Type-C, Jack audio 3,5mm dan slot pembaca kartu memori SD. Di sisi kanan ada dua dua port port USB Type-A SuperSpeed. Penempatan port konektivitas yang dititikeberatkan pada sisi kiri bodinya menjadi nilai tambah. Setidaknya tidak akan menggangu saat bermain game dengan mouse gaming.

Layar ideal untuk gaming

Victus by HP 16-e0094AX

Layarnya yang berukuran 16 inci mengusung panel IPS. Resolusi layarnya Full HD 1920 x 1080 pixel. Tampilan di layarnya terlihat tajam dan cukup kaya warna dengan standar cakupan warna sRGB 100%. Termasuk standar untuk laptop gaming kelas menengah.

Sebagai laptop gaming layarnya ini sudah mendukung refresh rate 144 Hz. Memadai untuk bermain game, produktivitas hingga konten kreasi. Selain itu, layarnya juga mendukung fitur Low Blue Light. Sangat berguna untuk mengurangi efek mata lelah saat menatap layar laptop dalam jangka waktu lama.

Keyboard nyaman digunakan

Victus by HP 16-e0094AX

Victus by HP 16-e0094AX hadir dengan keyboard bergaya chicklet. Keyboardnya nyaman untuk bermain game atau mengetik dengan ukuran tombol yang besar dan jarak yang pas. Seperti di lini OMEN, HP juga menyertakan tombol pintas untuk akses ke aplikasi OMEN Gaming Hub untuk melakukan pengaturan. Tidak ketinggalan hadir lampu backlit berwarna putih sebagai pemanis. Di bawah keyboard bisa ditemukan area touchpad yang berukuran cukup besar. Respon touchpadnya dengan sentuhan jari amat baik. Sangat nyaman digunakan untuk mengerakkan kursor mouse.

svg%3E

Audio cukup memadai

HP melengkapinya dengan speaker ganda dari pabrikan Bang & Olufsen. Suara dari speakernya cukup jernih walau agak kurang bertenaga. Secara keseluruhan cukup untuk bermain game atau sekedar menikmati konten multimedia. Untuk mendongkrak performa suara tersedia fitur HP Audio Boost.

Performa Victus by HP 16-e0094AX

Victus by HP 16-e0094AX

Masuk ke dapur pacunya performanya dipercayakan pada prosesor AMD Ryzen 7 5800H. Prosesor tersebut disokong RAM 16GB dengan konfigurasi dual channel 2 x 8GB. Ruang penyimpanan yang digunakan M.2 SSD PCIe dengan kapasitas 1TB. Tapi, perlu dicatat untuk model yang dijual di pasaran kapasitasnya hanya 512GB. Sementara, untuk kartu grafisnya mengandalkan Nvidia GeForce RTX 3050 4GB. Hasil benchmarknya sebagai berikut:

Dengan spesifikasi tersebut performa Victus by HP 16-e0094AX memang cukup kencang. Untuk produktivitas seperti membuat dokumen, browsing hingga konferensi video sangat bisa diandalkan. Untuk konten kreasi seperti penyuntingan foto dan video juga mumpuni.

Victus by HP 16-e0094AX

Mengandalkan GPU RTX 3050 performa gamingnya juga cukup lumayan. Pengujian gaming digunakan dengan mengaktifkan mode Performance dan pengaturan thermal control di max. Untuk game-game kelas kompetitif seperti Valorant tergolong ringan dan bisa dimainkan dengan lancar dengan fps tinggi. Untuk game-game AAA seperti Metro Exodus Enhanced Edition di opsi grafis high hanya bisa mencatatkan rata-rata sekitar 27 fps. Agar lebih nyaman di game yang tergolong berat ini memang sebaiknya diturunkan ke pegaturan grafis medium atau low. Game Shadow of Tomb Raider bisa dimainkan lancar sekitar 78 fps di pengaturan grafis highest. Sementara, di game GOD Of War untuk pengaturan grafis original bisa dimainkan di rata-rata 60 fps.

Untuk sistem pendinginnya juga cukup oke. Kami cermati setidaknya ada peningkatan jika dibandingkan Pavilion Gaming 15. Di mode performance dan pengaturan thermal control max, performa laptop bisa dijaga tetap stabil. Area keyboard WSAD tergolong aman dan adem. Sensasi hangat terasa di area tengah keyboard. Di pengaturan ini suara kipas pendinginnya memang relatif agak berisik.

Satu problem yang kami jumpai di laptop ini hanyalah soal konektivitas. Kemampuannya menangkap sinyal WiFi tergolong lemah jika kami bandingkan dengan laptop lain dengan jarak terhubung ke titik hotspot yang sama. Selain itu, koneksi juga rawan drop dan tidak stabil.

Problem ini memang bisa disebabkan banyak hal dan bisa saja tidak semua pengguna mengalaminya. Tapi, semoga saja bisa diatasi lewat pembaruan sistem oleh HP atau di pembaruan Windows 11.

Baterai Victus by HP 16-e0094AX

Pengujian baterainya kami gunakan untuk produktivitas harian. Dengan skema mengetik dokumen, browsing, terhubung ke WiFi, tingkat kecerahan layar 50%, mengaktifkan mode Windows Power Saver, dan di mode performa Balance. Dari pengujian kami daya tahan baterainya bisa bertahan hingga sekitar 7 jam. Tergolong rata-rata di kelasnya.

Kesimpulan

Laptop gaming 16 inci sebelumnya memang hanya ada di segmen premium. Dengan hadirnya Victus by HP 16-e0094AX gamer kini bisa merasakan pengalaman gaming dengan layar lebih besar di laptop gaming kelas menengah. Performanya juga memadai untuk mendukung gaming hingga konten kreasi. Dengan harga jual mulai 15 jutaan Rupiah, Victus by HP 16 menjadi opsi yang menarik di laptop gaming kelas menengah yang masih didominasi layar 15 inci. Laptop ini kami rekomendasikan untuk gamer yang membutuhkan laptop gaming 16 inci dengan performa AMD Ryzen dan Nvidia RTX 30-series yang kencang.

Kelebihan Victus by HP 16-e0094AX

– Desain minimalis
– Layar 16 inci Full HD
– Refresh Rate 144 Hz
– Performa kencang
– Sistem pendingin lebih baik jika dibandingkan Pavilion gaming 15
– Keyboard nyaman digunakan
– Harga kompetitif

Kekurangan Victus by HP 16-e0094AX

– Konektivitas WiFi agak lemah
– Backlit belum RGB
– Kipas pendingin agak berisik
– Audio kurang bertenaga

Dengan harga jual mulai 15 jutaan Rupiah, Victus by HP 16 menjadi opsi yang menarik di laptop gaming kelas menengah yang masih didominasi layar 15 inci.
8.3
Verified by MonsterInsights