TikTok Luncurkan Aplikasi TikTok Now di Indonesia

TikTok, Senin (19/9), mengumumkan kehadiran aplikasi TikTok Now di Indonesia. Disebut sebagai cara baru untuk terhibur dan terhubung dengan sesama komunitas di TikTok, TikTok Now memungkinkan pengguna berbagai foto dan video dengan orang-orang terdekat. Apa bedanya dengan aplikasi TikTok yang sudah ada sebelumnya?

Fitur TikTok Now

TikTok Now

Salah satu yang menjadi daya tarik utama dari TikTok Now adalah pengguna akan diminat untuk merekam dan mengunggah video berdurasi 10 detik atau foto setiap harinya. Rekaman video tersebut bisa memanfaatkan kamera depan maupun kamera belakang ponsel. Pengguna akan menerima notifikasi peringatan apabila belum mengunggah konten sama sekali dalam satu hari.

Menurut TikTok, aplikasi ini dirancang dengan mempertimbangkan keamanan dan privasi. Pengguna punya kendali penuh untuk memutuskan siapa saja yang bisa melihat atau terlibat dengan konten mereka. Tentu ada juga opsi untuk memblokir orang lain dan memilih komentar mana yang muncul di konten.

Sama seperti TikTok, jika seseorang yang berusia di bawah 16 tahun membuat akun TikTok Now, maka akan ditaur menjadi akun private secara default. Selain itu, pengguna dengan usia di bawah 18 tahun tidak dapat membagikan konten mereka di lama explore. Sementara pengguna berusia antara 13 dan 15 tahun akan memiliki opsi komentar “Hanya untuk Teman” untuk membantu melindungi pengguna dari interaksi yang tidak diinginkan.

svg%3E

Untuk pengguna dengan usia 18 tahun ke atas, pengaturan default-nya adalah ‘Teman dapat melihat’. Untuk mengubah pengaturan privasi ini, pengguna bisa mengetuk opsi Teman dapat melihat di layar Post, lalu pilih siapa yang ingin diberikan izin untuk melihat unggahan.

svg%3E

 

Perlu diketahui, orang yang bukan pengikut dan orang yang tidak diikuti tidak akan bisa memberikan komentar atau berinteraksi dengan unggahan tersebut.

Tersedia untuk Android dan iOS

Bagi yang berminat mencobanya, aplikasi TikTok Now saat ini sudah bisa tersedia di Google Play Store dan Apple App Store.