Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

[Hands-On] Kesan Pertama Mencoba OPPO Reno8 Z 5G

OPPO Indonesia baru-baru ini membuka pre-order Reno8 Z 5G. Konsumen yang berminat bisa melakukan pemesanan mulai 16-22 September 2022, melalui seluruh e-commerce terkemuka, OPPO Store, dan partner retail resmi OPPO di seluruh Indonesia.

Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan gambaran singkat tentang keunggulan OPPO Reno8 Z 5G sebelum memutuskan ikut pre-order, dalam acara Pre-Order and Price Announcement yang digelar di Jakarta pekan lalu Yangcanggih.com sempat mencoba langsung smartphone tersebut.

Yuk, langsung saja simak kesan pertama kami!

Desain mewah khas seri Reno

OPPO Reno8 Z 5G Yangcanggih
OPPO Reno8 Z 5G

Menurut kami bahasa desain Reno8 Z 5G mirip-mirip dengan seri Reno terbaru lainnya. Memang kalau dibandingkan dengan Reno8 Pro 5G, ada perbedaan yang cukup signifikan terutama pada desain penutup belakangnya.

Reno8 Pro 5G menggunakan Gorilla Glass yang ditempat pada suhu tinggi 800 derajat Celcius, dan diberi tekanan sebesar 120 kilogram agar membentuk lekukan antara area bodi utama dan area kamera. Proses ini menghasilkan transisi yang halus sehingga kedua area tersebut terlihat menyatu.

Pada Reno8 Z 5G, keseluruhan penutup belakang termasuk area kamera dibuat sejajar alias sama rata. Hanya saja, teksturnya berbeda. Area bodi utama agak kasar agar tidak licin saat digenggam, sementara area kamera lebih halus dan lebih glossy. Lensa kameranya juga jadi lebih menonjol keluar.

Reno8 Z 5G

Perangkat ini terasa cukup nyaman untuk dioperasikan dengan satu tangan. Dimensinya pas dengan ukuran layar 6,4 inci AMOLED, dan bodinya tergolong tipis berkat ketebalan yang hanya 7,66mm, serta bobot 181 gram. Desainnya terlihat mewah dengan casing belakang berbahan kaca anti-glare 0.5mm serta efek OPPO Glow yang bikin tidak mudah kotor oleh sidik jari.

Ada dua pilihan warna yang tersedia, yaitu Dawnlight Gold seperti yang ada di artikel kami kali ini, serta Starlight Black. Keduanya terlihat mewah dan punya daya tariknya masing-masing. Dawnlight Gold cocok untuk Anda yang suka tampil dengan warna-warna cerah, sementara Starlight Black ideal untuk yang suka dengan gaya elegan dan kalem.

OPPO Reno8 Z 5G Yangcanggih 3

Yang lebih menarik, Reno8 Z 5G telah lulus enam tes utama, serta lebih dari 130 tes keandalan yang sangat ketat, dan lebih dari 320 tes kualitas komprehensif di laboratorium kualitas OPPO. Perlu diketahui bahwa laboratoriumnya telah diakreditasi oleh CNAS pada tahun 2020 untuk memastikan keandalan produk OPPO.

Agar lebih menjamin durabilitasnya untuk penggunaan jangka panjang, OPPO juga melakukan 28.000 Micro-drop test, pengujian tahan suhu dan kelembaban tinggi selama 14 hari, pengujian daya tahan tombol daya 200,000 tekanan, serta pengujian daya tahan tombol volume 150.000 tekanan.

Unboxing

Dalam kemasan penjualan Reno8 Z 5G, OPPO memberikan sebuah softcase bening, charger 33W SuperVOOC (tidak perlu beli terpisah), kabel USB-C, SIM-card ejector, dan buku panduan.

Unboxing Reno8 Z 5G Yangcanggih

Kamera sekilas cukup bagus

OPPO Reno8 Z 5G dipersenjatai kamera utama 64 MP, depth camera 2 MP, dan kamera makro 2 MP di belakang. Sedangkan di depan ada kamera selfie 16 MP. Anda disuguhkan beberapa fitur pencitraan yang disempurnakan dengan kecerdasan buatan seperti AI Portrait Retouching dan Bokeh Flare Portrait. Fitur favorit pada perangkat Reno series seperti Selfie HDR, AI Palettes, dan AI Color Portrait pun tetap tersedia.

(mode normal) Reno8 Z 5G-Yangcanggih (1)

(mode normal) Reno8 Z 5G-Yangcanggih (3)

(mode normal) Reno8 Z 5G-Yangcanggih (2)

(mode normal) Reno8 Z 5G-Yangcanggih (5)

Dalam sebuah percobaan singkat di OPPO Gallery Gandaria City, kami berhasil mendapatkan beberapa hasil foto yang cukup bagus. Detailnya tajam, warnanya natural sesuai aslinya, dan kinerja kameranya pun responsif. Tentu butuh lebih banyak waktu untuk menyimpulkan kualitas kamera ponsel ini. Tunggu saja artikel review lengkap kami dalam waktu dekat!

Spesifikasi Reno8 Z 5G

Kesan pertama kami terhadap Reno8 Z 5G lumayan positif. Dari segi desain dan kamera sejauh ini belum ada keluhan. OPPO membenamkan chipset Snapdragon 695 5G sebagai senjata utama. Meski belum sekencang pesaingnya di kelas harga yang sama, tapi chipset ini sudah bisa diandalkan untuk beragam kebutuhan termasuk gaming.

Anda juga akan menemukan RAM 8 GB dengan dukungan ekspansi RAM 5 GB serta storage 256 GB. Ponsel berbasis ColorOS 12.1 ini memiliki baterai 4.500 mAh dan teknologi charging 33W SuperVOOC. Sebenarnya kami berharap ada peningkatan teknologi SuperVOOC dari Reno7 Z 5G, tapi nyatanya masih sama.

Bagi yang berminat, OPPO Reno8 Z 5G dijual dengan harga Rp5.999.000. Selama periode pre-order, dapatkan bonus berupa Reno8 Soundbokz (selama persediaan masih ada), bunga 0% cicilan bank, dan SpayLater dengan cicilan hingga 6 bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button