Galaxy Z Fold4 5G
Galaxy Z Fold4 5G

3 Fitur Canggih Samsung Galaxy Z Fold4 5G untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

Sebagai ponsel tercanggihnya tahun 2022, Samsung Galaxy Z Fold4 5G memiliki beragam kelebihan yang membuatnya ideal untuk meningkatkan produktivitas kerja penggunanya. Sama seperti pendahulunya, ponsel lipat ini punya layar yang tajam dan berkualitas tinggi, prosesor terkencang di kelasnya, serta beragam fitur khusus yang tidak ditemukan di smartphone lain.

Bahkan sistem operasi Android yang digunakannya juga berbeda dengan smartphone kebanyakan. Samsung Galaxy Z Fold4 5G menggunakan Android 12L, versi Android yang telah dioptimalkan untuk perangkat dengan ukuran layar besar. Dengan UI atau antarmuka yang telah dioptimalkan, smartphone lipat ini akan lebih nyaman digunakan.

svg%3E

Tidak berhenti sampai di situ, Samsung juga menanamkan beragam fitur khusus yang ditujukan untuk menyempurnakan kenyamanan penggunaan dan meningkatkan produktivitas penggunanya. Tercatat ada tiga fitur canggih Samsung Galaxy Z Fold4 5G yang membuatnya cocok digunakan untuk menunjang aktivitas kerja di berbagai bidang.

1. Taskbar

Tambahan taskbar di sisi bawah layar saat ponsel dalam kondisi terbuka terbukti memudahkan pengguna saat ingin beralih aplikasi atau membuka aplikasi kedua untuk Multi Window.

svg%3E
Taskbar menghemat waktu dan memudahkan saat multitasking

Sebagai informasi, Taskbar ini dapat menampung delapan aplikasi yang dapat dipilih. Saat pertama diaktifkan, akan ada 6 aplikasi umum yang telah dipilih seperti Telepon, Internet, Notes, Galeri, Kamera dan Pesan. Aplikasi yang ada di barisan favorit akan otomatis ditambahkan ke Taskbar.

Anda bisa dengan mudah mengganti aplikasi yang ditampilkan di Taskbar, dengan menambah atau menghapus aplikasi tersebut dari daftar favorit. Atau Anda juga bisa mengaturnya agar menampilkan aplikasi yang baru dijalankan.

svg%3E

2. App Pair

Samsung Galaxy Z Fold4 5G bisa membuka tiga aplikasi sekaligus dalam satu layar. Untuk menghemat waktu penggunanya, Samsung memberikan fitur App Pair. Fitur ini memberi kemudahan bagi pengguna untuk dapat membuka beberapa aplikasi yang telah diatur hanya dalam satu kali tap atau ketukan.

Sebagai contoh; Anda terbiasa menggunakan Microsoft Excel dan Calculator secara bersamaan. Maka Anda tinggal mengatur App Pair untuk membuka dua aplikasi tersebut.

svg%3E

svg%3E

Untuk menyimpan pasangan aplikasi tersebut, tekan tiga titik yang ada di tengah layar, lalu pilih tombol plus atau tambah. Dua atau tiga aplikasi tersebut kini bergabung dan tampil menjadi satu ikon. Anda bisa mengakses aplikasi gabungan tersebut melalui Edge Panel atau Taskbar.

Contoh paduan aplikasi lain yang bisa menunjang pekerjaan antara lain adalah Outlook + Samsung Notes untuk menyunting data dari email, Calendar + Samsung Notes + Phone untuk memeriksa jadwal, menelepon dan mencatat, Samsung Gallery + Outlook untuk mengirim email dengan lampiran gambar secara cepat dan mudah, Google Meet + Samsung Notes untuk rapat melalui panggilan video sambil mencatat, Google Meet atau Zoom + Google Chrome untuk rapat sambil mencari informasi yang sedang dibicarakan, dan masih banyak lagi.

3. Text Capture

Satu fitur berguna yang dimudahkan berkat adanya S-Pen adalah Text Capture. Dengan fitur ini, Anda bisa menangkap teks dan mengambil informasi yang ada di dalam gambar secara instan, tanpa harus mengetik ulang teks tersebut.

Jadi misalnya Anda sedang mencari informasi suatu tempat di Samsung Galaxy Z Fold4 5G. Tapi Anda hanya memiliki gambar dengan teks alamat di gambar tersebut. Dengan fitur Text Capture dan S-Pen, Anda tinggal menyentuh dan menggeser gambar ke Google Maps untuk menunjukkan lokasi tepatnya.

Contoh penggunaan lain, Anda bisa memindahkan teks yang ada di Notes atau email, tanpa harus mengetik ulang menggunakan keyboard. Bagi yang sedang rapat atau melihat presentasi, akan dapat memotret informasi di layar dan menggunakan Text Capture untuk mengubahnya menjadi teks tanpa repot mengetik atau mencatat.  Intinya, Text Capture diciptakan untuk menghemat waktu pengguna Samsung Galaxy Z Fold4 5G agar dapat bekerja lebih cepat dan efisien.

Harga Samsung Galaxy Z Fold4 5G

Selain 3 fitur tersebut di ats, masih banyak fitur canggih yang dimiliki Samsung Galaxy Z Fold4 5G. Bagi yang penasaran, bisa langsung ke gerai Samsung atau melihat jadwal pameran Foldables di akun resmi media sosial Samsung Indonesia. Bagi yang tinggal di dekat Jabodetabek bisa langsung mengunjungi Samsung Galaxy Pop-up Store 2022 di SCBD Lobby Ashta District 8, Jakarta yang diadakan mulai dari 15 September sampai dengan 15 Oktober 2022.

svg%3E

Samsung Galaxy Z Fold4 5G sudah tersedia di Indonesia dengan harga mulai dari Rp24.999.000 untuk varian RAM 12GB dan memori internal 256GB, Rp26.999.000 untuk varian RAM 12GB dan memori internal 256GB serta Rp30.999.000 untuk varian tertinggi RAM 12GB dan memori internal 1TB. Smartphone tercanggih Samsung untuk tahun 2022 ini tersedia dalam pilihan warna Graygreen, Phantom Black, Beige dan Burgundy.

Bagi yang ingin membelinya bisa ke situs resmi Samsung Indonesia untuk mendapatkan keuntungan khusus seperti diskon langsung, cicilan, serta pendaftaran Samsung Care+.

 

(Artikel ini merupakan kolaborasi Samsung Indonesia dengan Yangcanggih.com untuk mengedukasi pecinta gadget di Indonesia)