iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max: Tampil Beda dengan Dynamic Island

Selain meresmikan kehadiran iPhone 14 dan iPhone 14 Plus, Apple juga memperkenalkan duo model Pro terbarunya yaitu iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Berbeda dengan versi standar dan Plus, kedua perangkat ini tampil lebih istimewa dengan fitur baru bernama Dynamic Island dan juga chipset A16.

Fitur iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max

svg%3E
image: Apple

Dynamic Island merupakan ‘poni’ model baru yang bikin iPhone versi Pro terlihat berbeda dari sederet seri iPhone generasi sebelumnya. Bentuknya oval dan tidak lagi menyatu dengan bezel atas ponsel. Fungsinya utamanya hampir sama, yaitu menampung kamera selfie, namun dirancang agar punya peran ekstra.

Dynamic Island membuat layar bagian atas ponsel tampak dinamis. Pengguna bisa memanfaatkan poni ini untuk menampilkan animasi dari notifikasi yang masuk. Ketika iPhone 14 Pro Series menerima notifikasi, Dynamic Island bakal berubah bentuk menjadi lebih lebar dan menyajikan animasi sesuai aplikasinya.

iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max mengadopsi layar Super Retina XDR yang telah ditingkatkan sehingga 2 kali lipat lebih cerah dibanding iPhone 13 Pro. Untuk pertama kalinya layar ini mendukung Always-On Display, fitur yang sesungguhnya sudah cukup lama ada di smartphone Android kelas menengah sampai flagship.

svg%3E
svg%3E
image: Apple

Berbeda dengan iPhone 14 dan 14 Plus yang masih memakai chipset keluaran tahun lalu, Apple menanamkan chipset generasi baru pada duo model Pro ini yaitu A16 Bionic. Menggunakan fabrikasi 4nm, chipset ini memiliki 2-core performa tinggi dan 4-core efisien. Ada pula GPU 5-core dengan memory bandwidth 50 persen lebih baik dan Neural Engine 16-core terbaru.

Selain kinerja yang lebih garang, keberadaan A16 Bionic diyakini mampu meningkatkan komputasi fotografi, misalnya mendukung Photonic Engine untuk mengaplikasikan Deep Fusion dengan proses yang lebih cepat, dan meningkatkan performa low-light. Action Mode pada versi Pro juga bisa direkam dalam resolusi 4K di 24fps atau 30fps.

Soal konfigurasi kamera, iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max mengandalkan sensor utama 48 MP dengan ukuran 65 persen lebih besar, quad-pixel, dan OIS. Kamera ini juga dioptimalkan untuk fitur ProRAW. Ada juga kamera telephoto 3x yang dapat merekam video 4K tanpa digital zoom. Sementara di depan, Apple menyediakan kamera selfie f/1.9 dengan autofocus.

svg%3E
image: Apple

Harga dan ketersediaan

iPhone 14 Pro dijual dengan harga mulai dari US$999, sementara iPhone 14 Pro Max harganya mulai dari US$1099. Belum ada informasi kapan keduanya bakal masuk ke Indonesia.

Verified by MonsterInsights