[Hands-On] Pengalaman Menggunakan OPPO Enco Buds2 dan OPPO Band 2 untuk Beraktivitas di Jakarta

OPPO Indonesia, Kamis (8/9), mengajak Yangcanggih.com dan beberapa awak media lainnya untuk mencicipi langsung dua produk ekosistem terbarunya yaitu OPPO Enco Buds2 dan Band 2. Dalam sesi experience kali ini, kami diajak untuk keliling Jakarta menggunakan MRT sambil terus mengenakan kedua perangkat tersebut.

Hands-on OPPO Enco Buds2 dan OPPO Band 2

OPPO Enco Buds2

Bagi yang belum tahu, Enco Buds2 merupakan TWS yang mengedepankan kenyamanan. Desainnya ergonomis dengan tangkai dan eartip berbahan silikon. Beratnya hanya 4 gram saja untuk masing-masing earphone-nya, alias 0,3 gram lebih ringan dari selembar kertas A4.

Salah satu fitur unggulan dari Enco Buds2 adalah Open-up Flash Connect. Fitur yang menurut saya sangat ideal untuk disandingkan dengan smartphone OPPO Reno8 Series yang saya jadikan sebagai daily driver. Begitu kami membuka casing Enco Buds2, pada layar ponsel langsung muncul jendela pop-up yang menandakan TWS terdeteksi dan bisa langsung disambungkan. Praktis dan cepat.

svg%3E

Sebelum memulai perjalanan saya juga tidak lupa menghubungkan OPPO Band 2 dengan Reno8 5G yang sudah ter-install aplikasi HeyTap Health. Lewat aplikasi tersebut saya bisa mengakses beragam pengaturan, termasuk mengganti watch face, dan memantau aktivitas yang terekam selama perjalanan.

Oke, semua sudah siap dan saya diajak untuk berjalan kaki dari FX Sudirman menuju stasiun MRT terdekat. Enco Buds2 terpasang di telinga, dan selama perjalanan saya masih bisa mendengar suara dari lingkungan sekitar dengan jelas. Ini penting untuk keselamatan.

Desain TWS ini terasa begitu pas di telinga saya. Bobotnya yang amat ringan membuat saya merasa seperti tidak sedang memakai earphone. Sama sekali tidak membebani telinga. Berjalan dan bergerak secara aktif pun tidak bikin Enco Buds2 lepas atau bergeser dari posisinya, sehingga meminimalisir kekhawatiran jatuh dan hilang di jalan.

svg%3E

Sampai di MRT, OPPO mengajak saya dan teman-teman media lainnya untuk mengikuti kuis yang pertanyaannya dilemparkan melalui voice notes di Telegram. Voice notes terkirim, OPPO Band 2 yang saya pakai langsung menampilkan notifikasi masuk dari Telegram.

Dengan kondisi MRT yang cukup berisik saat melaju kencang ditambah suara dari jalan raya, Enco Buds2 masih mampu memberikan kekedapan suara yang oke sehingga voice notes dapat terdengar dengan jelas. TWS ini terbukti cukup baik dalam meredam noise dari luar, meskipun tidak punya fitur Active Noise Cancellation.

Hal yang saya suka lainnnya tentu soal kualitas audio. Dengan 10mm dynamic driver, Enco Buds2 mampu menghasilkan suara yang jernih dan bass yang bertenaga (tapi tidak berlebihan). Staging-nya pun sekilas lumayan luas. Dan ketika dicoba mendengarkan musik dengan instrumen yang banyak, masing-masing instrumen terdengar jelas alias tidak saling tumpang-tindih. Cukup mengejutkan untuk sebuah perangkat audio dengan harga 300 ribuan rupiah.

Menariknya lagi, TWS ini sudah mendukung kontrol sentuh termasuk untuk fungsi-fungsi yang unik seperti ketuk dua kali jika ingin memotret dengan kamera selfie.

Nah, bagaimana dengan Band 2? Tidak banyak yang bisa disampaikan karena OPPO belum mau mengungkapkan spesifikasinya. Yang jelas, desainnya sendiri lebih mirip OPPO Watch Free. Lumayan jauh berbeda dibanding OPPO Band generasi pertama. Layar sudah pasti lebih luas sehingga lebih asyik untuk melihat notifikasi atau pesan masuk.

svg%3E

Harga dan ketersediaan

Bagi yang berminat, OPPO Enco Buds2 tersedia dalam dua varian warna, Moonlight dan Midnight. Harganya Rp399.000. Konsumen bisa mendapatkan potongan langsung sebesar Rp100.000 apabila melakukan pembelian bundling OPPO Enco Buds2 dengan perangkat OPPO Reno8 5G atau OPPO Reno8.

Untuk OPPO Band 2, tunggu tanggal mainnya!