Mobile GadgetNewsSmartphone

iPhone 14 dan iPhone 14 Plus: Baterai Lebih Tahan Lama, Masih Gunakan Chipset A15

Apple baru saja mengumumkan iPhone 14 dan iPhone 14 Plus. Keduanya menawarkan beberapa peningkatan dibanding generasi sebelumnya. Yang menarik, versi Plus kali ini disebut-sebut memiliki baterai paling oke sepanjang sejarah iPhone.

Fitur iPhone 14 dan 14 Plus

iPhone 14
image: Apple

Perlu diketahui bahwa generasi terbaru iPhone tidak lagi menyediakan versi Mini. iPhone 14 merupakan model paling kecil dengan ukuran layar 6,1 inci. Apple kembali menggunakan chipset A15 tahun lalu, namun kini hadir dengan GPU 5-core yang sebelumnya hanya dibenamkan pada duo iPhone 13 Pro.

iPhone 14 Plus, bersama dengan lini Pro baru, punya baterai paling tahan lama dan diklaim dapat digunakan menonton video hingga 26 jam. Sementara untuk versi standar, daya tahan baterainya mencapai 20 jam untuk menonton video.

Kedua ponsel ini tetap mengandalkan kamera utama 12 MP. Sensornya lebih besar dibanding pendahulunya, dengan aperture f/1.5 (sebelumnya f/1.6). Hasilnya, menurut Apple kamera tersebut dapat menangkap cahaya 49 persen lebih baik dibanding kamera pada iPhone 13.

Dari segi software, Apple menghadirkan fitur bernama Photonic Engine yang dijanjikan dapat meningkatkan kualitas foto di kondisi cahaya minim. Dibanding generasi sebelumnya, Apple mengklaim peningkatannya mencapai 2 kali lipat pada kamera depan, 2 kali lipat pada kamera ultra-wide, dan 2.5 kali lipat pada kamera utama.

Ada juga fitur baru bernama Action Mode. Fitur ini memiliki fungsi seperti kamera action yang memberikan stabilisasi lebih baik agak pengguna tidak butuh gimbal. Action Mode juga mendukung perekamanan dalam format Dolby Vision HDR. Untuk pertama kalinya, kamera depan iPhone 14 series dibekali autofocus. Aperture-nya kini f/1.9, lebih baik dari sebelumnya yang masih f/2.2.

iPhone 14 dan iPhone 14 Plus 2
image: Apple

Sektor konektivitas pada duo iPhone baru ini patut mendapat sorotan. Pasalnya, Apple hanya meluncurkannya dalam varian eSIM-only. Ada pula dukungan satelit yang memungkinkan pengguna mengirim pesan teks di saat darurat.

Harga dan ketersediaan

Kedua iPhone terbaru rencananya akan dijual mulai 16 September 2022. Belum ada informasi soal penjualan di Indonesia. Harga iPhone 14 mulai dari US$799, sementara iPhone 14 Plus mulai dari US$899.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button