Sony FR7: Kamera PTZ Pertama di Dunia dengan Sensor Full Frame dan E-Mount

Kamera Sony di lini sinema bertambah. Model teranyarnya, Sony FR7, adalah kamera pan-tilt-zoom (PTZ) pertama di dunia yang menggunakan sensor full frame, lensa E-mount dan bisa dikendalikan dari jarak jauh.

sony fr7

Fitur Sony FR7

FR7 sejatinya adalah Sony FX6 yang dikembangkan menjadi desain kamera PTZ. Modul kameranya terpasang di dudukan yang bisa bergerak dengan sistem motorik. Gerakannya diklaim sangat presisi.

sony fr7

Pergeseran dan kemiringan kamera bisa diatur dengan kecepatan kontinyu dari 0.02 derajat hingga 60 derajat per detik. Jadi, pergerakannya akan sangat stabil dan halus. Cakupan pergeseran kamera sekitar +/- 170 derajat dan sudut kemiringan kamera bisa diatur dari sudut -3 hingga 195 derajat.

Untuk mempermudah pengguna FR7 bisa menyimpan hingga sekitar 100 preset posisi kamera. Preset yang bisa disimpan antara lain zoom, arah kamera, dan focus. Kamera ini juga mendukung kendali dari jarak jauh. Bisa lewat aplikasi Web atau lewat remot kendali RM-IP500.

sony fr7

svg%3E

Seperti FX6, FX7 menggunakan sensor BSI-CMOS full frame Exmor R yang resolusinya 10.3 megapixel. Sensornya tersebut mendukung perekaman video hingga resolusi 4K. Untuk pengambilan gambar yang lebih sinematis dengan gerakan lambat FX7 bisa merekam di resolusi 4K 120 fps dan Full HD 1080p di 240 fps. Pengaturan ISO yang didukungnya hingga 409,600 dan menjanjikan jangkauan dynamic range hingga 15+ stop. Kamera ini juga mendukung S-Cinetone, S-Log3, S-Gamut3 dan S-Gamut3.Cine.

sony fr7

Di sektor lensa FX7 mendukung semua lensa E-mount. Didukung prosesor BIONZ XR FX7 juga membawa kecanggihan fitur autofocus Sony. Seperti misalnya Fast Hybrid AF, Real-time Eye AF dan Real-time Tracking.

sony fr7

Fitur lain di FX7 sudah tersedia fitur ND Filter elektronik, Auto ND, dan sederetan port konektivitas yang lengkap. Termasuk, dua port HDMI Type A, 12G-SDI, XLR Audio, Ethernet, dan tersedia dua slot kartu memori (CFexpress Type A dan SDXC).

Harga dan ketersediaan

Kamera ini rencananya akan tersedia di bulan November 2022. Harga Sony FX7 US$12199 atau sekitar 182 Juta Rupiah. Harganya ini sudah termasuk dengan lensa FE PZ 28-135mm.